autom942
TS
autom942
Honda Gold Wing, Produk 1M asal Honda


AGG- Pada ajang IIMS 2018 lalu, PT AHM (Astra Honda Motor) resmi merilis motor premium kelas berat. Sebuah Big bike premium buatan pabrik asal Jepang dihadirkan sebagai generasi ke-6 dengan mengusung teknologi super canggih yang dikhususkan untuk touring.

Motor Big Bike Premium itu bernama Honda Gold Wing. Honda Goldwing memiliki reputasi yang baik dan dikenal sebagai motor touring yang sangat nyaman dikendarai dan memiliki teknologi canggih yang bisa diadu dengan motor Harley Davidson.

Honda Gold Wing diluncurkan dengan mengusung konsep "The Honda Premium Tourer" dimana Honda menghadirkan sebuah konsep perpaduan sempurna antara kenyamanan pada desain disertai dengan fitur super canggih yang berlimpah dan juga performa tinggi. Salah satunya adanya fitur Airbag yang letaknya tepat dibawah DCT Walking Mode.



Salah satu keunggulan yang dibawa motor ini adalah bentuk body yang terkesan sporty dan lebih tajam yang meningkatkan efisiensi aerodinamika secara signifikan.

Mesin yang dibawa pun tidak tanggung-tanggung, motor ini mengusung mesin dengan kapasitas setara mobil, yaitu 1.8 Liter SOHC 6 silinder yang dipastikan mampu menyemburkan power super gahar.

Fitur-fitur yang dibawa motor ini juga super canggih dan tentunya juga dengan tingkat fungsionalitas tinggi, sebut saja seperti sistem TBW (Throttle By Wire) dengan 4 mode riding yaitu Tour, Sport, Econ, dan Rain kemudian ada HSTC (Honda Selectable Torque Control), Hill Start Assist, dan sistem Cruise Control.



Motor ini saat ini memegang predikat sebagai motor paling mahal yang di jual PT AHM di Indonesia. Berikut adalah Spesifikasi dari Honda Gold Wing :

SPESIFIKASI HONDA GOLD WING


MESIN

  • Tipe Mesin : Liquid-Cooled horizontally opposed, 6 Cylinder 4-Stroke 12-Valve SOHC flat-6
  • Kapasitas Mesin : 1833cc
  • Tenaga Maksimum : 87 kW / 5,500rpm
  • Torsi Maksimum : 167 Nm / 4,000rpm
  • Diameter x Langkah : 73 x 73mm
  • Rasio Kompresi : 9.8 : 1
  • Transmisi : 7-Speed
  • Sistem Pendingin : Liquid Cooled
  • Jenis Penggerak : Shaft Drive
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection (PGM-FI)
  • Starter : Elektrik

DIMENSI 

  • Panjang : 2.579mm
  • Lebar : 950mm
  • Tinggi : 1.432mm
  • Berat Isi : 380kg
  • Tinggi Tempat Duduk : 745mm
  • Tinggi Terhadap Tanah : 132mm
  • Wheelbase : 1.698mm
  • Ground Clearance : 129mm
  • Kapasitas Tangki : 21 Liter

RANGKA DAN KAKI-KAKI

  • Rangka : Diamond Twin Tube
  • Suspensi Depan : Double Wishbone Type; 4.3 inches travel
  • Suspensi Belakang : Pro Arm® single-side swingarm with Pro Link® single shock
  • Ban Depan : Radial R18, 130/70
  • Ban Belakang : Radial R16, 200/55
  • Ukuran Roda Depan : Hollow-Section 5-spoke cast aluminium
  • Ukuran Roda Belakang : Hollow-Section 5-spoke cast aluminium
  • Rem Depan: Hydraulic;dual 320mm DISC
  • Rem Belakang : Hydraulic;single 316mm DISC
  • Sistem Pengereman : ABS

Membawa konsep "The Honda Premium Tourer", pastinya sektor bodi fisik pada spesifikasi Honda Gold Wing pun semakin tampak berkesan big bike kelas premium dengan desain yang anti mainstream.



Lihat saja pada sektor bodinya yang kini didesain lebih tajam dan aerodinamis pada setiap sisi eksterior dari bodi Honda Gold Wing.



Dilihat dari sisi depan, big bike premium buatan Honda ini mengusung headlamp modern dengan konsep "Wing Lines" yang begitu elegan bagaikan tatapan mata tajam. Tentu saja headlamp yang dibawa motor touring mewah ini sudah mengandalkan teknologi LED yang siap memancarkan cahaya secara maksimal dan terang.



Terdapat juga lampu sein berfitur auto-cancel yang sangat fungsional dan ada juga saluran udara serta windscreen berukuran besar yang dapat diatur secara elektrik melalui tombol di setang kiri motor. Pijakan kaki juga didesain ala Harley Davidson sehingga dapat dipastikan pengendara akan merasa nyaman.

Motor ini menawarkan jenis jok Dual Staped dengan bahan yang tentunya sangat berkualitas serta bagian belakang dengan Rider Backrest sehingga tidak diragukan lagi tidak akan membuat pengendara merasa capek.



Dibagian samping kanan dan kiri sudah dilengkapi dengan bagasi yang mampu menyimpan barang dalam jumlah banyak, bagian belakang juga mempunyai bagasi yang tidak jauh besarnya dengan bagasi di samping kanan dan kiri motor.




Disisi bagian belakang motor terdapat sebuah Stop Lamp yang pastinya sudah berteknologi ABS sehingga menambah kesan canggih dan elegan.

Berlanjut ke bagian Speedometer dari Honda Gold Wing, kali ini Honda mengusung panel Full Digital dengan tampilan menu informasi nan canggih dan unik. Dimana pada instrumen indikatornya tersebut tersematkan sebuah head unit layar TFT seluas 7 inci.



Canggihnya, kecerahan layar display dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan, Head unit yang diusung pada Honda Gold Wing sudah mengadopsi Apple CarPlay yang terintegrasi iPhone.

Karenanya pengendara pun bisa mengakses berbagai hal dari iPhone seperti : Apple Maps, Apple Music, Nomor Kontak, Perkiraan Cuaca , bahkan untuk menerima panggilan telepon juga bisa dilakukan.



Honda Gold Wing menjadi motor pertama di dunia yang menerapkan CarPlay, dan disisi lain pada instrumen indikator tersebut pun juga akan dilengkapi beberapa menu tampilan informasi, seperti kecepatan, jarak tempuh, rpm, indikator bahan bakar, posisi gear dan mode berkendara.

Honda Gold Wing dibangun dengan rangka yang sangat kokoh. Hal tersebut bisa terlihat dengan dipasangnya rangka Diamond Twin Tube dan juga motor ini mempunyai panjang yang mencapai 2.579mm, lebar 950mm dan tingginya mencapai 1.432mm.



Wheelbase dari big bike ini yaitu 1.698mm dengan ketinggian tempat duduk 745mm yang terbilang sudah cukup ideal untuk sekelas motor adventure super premium. Memiliki tangki bahan bakar yang berkapasitas 21 Liter yang otomatis membuat touring semakin nyaman karena tidak harus selalu bolak-balik masuk SPBU.

Berbicara mengenai suspensi tentu saja Honda Gold Wing memiliki suspensi serta kaki-kaki yang sangat kokoh dan tangguh. Untuk menopang bodinya yang besar tentu saja Honda Gold Wing harus dipasang kaki-kaki yang kokoh dan maka dari itu untuk bagian depan Honda Gold Wing mengusung suspensi Double Wishbone Type dan untuk bagian belakang mengusung suspensi Pro Arm® single-side swingarm with Pro Link® single shock.



Dengan adanya kedua suspensi tersebut maka berkendara pun akan semakin terasa nyaman dan aman dengan tingkat keseimbangan yang begitu tinggi. Disamping itu Honda Gold Wing juga mengusung velg 18 inci dibagian depan yang dibalut dengan ban berukuran 130/70 dan untuk bagian belakang mengusung velg ukuran 16 inci dan dibalut dengan ban berukuran 200/55.

Untuk sektor pengereman tentu saja motor ini sudah dilengkapi dengan rem yang berteknologi ABS dan dilengkapi dengan rem Hydraulic pada bagian depan maupun bagian belakang. Hanya saja pada bagian depan mengusung dual piringan cakram 320mm, sedangkan untuk bagian belakang single 316mm.



Terakhir pada bagian mesin, untuk Honda Gold Wing sudah tidak perlu diragukan lagi dimana model big bike kelas premium yang satu ini memang memiliki segala keunggulan diberbagai sektor salah satunya di sektor mesin.



Honda Gold Wing mengusung mesin tipe SOHC berkapasitas 1833cc (1.8 Liter) dengan 6 silinder berpendingin cair ( Liquid Cooled Horizontally Opposed 6 Cylinder). Transmisi yang digunakan merupakan transmisi canggih dengan 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi forward/reverse Walking Mode. Fitur Walking Mode memudahkan motor bergerak, tanpa perlu menggunakan gigi transmisi dan tuas gas.

Power maksimum yang dapat dihasilkan oleh motor ini adalah sebesar 87 kW pada putaran mesin 5,500rpm dan torsi maksimum 167 Nm pada putaran mesin 4,000rpm. Kemudian motor ini juga dipastikan bakal dilengkapi dengan sistem pembakaran berupa Progarammed Fuel Injection (PGM-FI) yang membuat konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit.



Berbicara soal harga daripada motor ini sendiri seperti yang sudah disebutkan pada judul adalah sebesar Rp. 1M lebih. Dengan banderol semahal ini pastinya motor ini bukanlah motor yang bisa dimiliki oleh sembarang orang. Motor ini dikhususkan untuk para rider konglomerat yang hobi touring. Menurut AGG sendiri harga yang dipasarkan ini merupakan harga yang sangat mahal namun cukup masuk akal mengingat big bike premium ini membawa banyak sekali keunggulan baik dari sektor dimensi, mesin dan fitur-fitur super canggih yang mungkin saja tidak ditemukan pada motor cruiser lainnya.

Sekian Review dari Honda Gold Wing kali ini, Jangan lupa di SHAREdan di COMMENT
Terima Kasih



Spoiler for Test Drive:



emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret

10
9.6K
105
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.