thatwasfun
TS
thatwasfun
Tiket Pesawat "Mahal" dan Bagasi Berbayar, Menurut Agan Gimana?


"TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 730 penerbangan yang melayani Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dibatalkan sepanjang Januari 2019 akibat mahalnya harga tiket pesawat dan tarif bagasi pesawat."

Kemarin ane baru aja baca berita ini GanSist, agak syok juga sih masalanya itu 730 penerbangan dalam sebulan berarti kan banyak banget ya penerbangan yang dibatalkan. Rinciannya itu mayoritas dari Lion Group, Lion Air (85 penerbangan), Batik Air (20 penerbangan), Wings Air (13 penerbangan), Garuda Indonesia (62 penerbangan), dan Citilink (38 penerbangan).


Foto: JawaPos

Bukan hanya di Pekanbaru, di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, 1904 penerbangan dibatalkan pada bulan Januari 2019 karena penurunan jumlah penumpang yang mencapai 189.762 penumpang. Sejak harga tiket pesawat naik, jika biasanya ada 230 penerbangan dari Kualanmu setiap harinya, kini hanya "tersisa" 172 penerbangan.


Foto: Tempo

Kenapa sih harga tiket pesawat rute domestik mahal?

Dikutip dari Tribunnews, menurut pengamat penerbangan Alvin Lie, ada sejumlah faktor:

- Pengenaan pajak

Kalau dibandingkan dengan harga tiket internasional, menurutnya tidak apple to apple alias nggak sebanding. Belum lama ini kan banyak yang beli tiket Jakarta-Aceh tapi transit di Kuala Lumpur, lebih murah dibandingkan penerbangan langsung. Penyebabnya adalah kalau lewat KL itu harus nunggu transit. Selain itu, kalau di domestik kan ada pajaknya, kalau di internasional nggak ada pajak.

- Pemberian insentif oleh negara lain

Beberapa negara punya kebijakan insentif buat pesawat yang mendarat di negaranya, karena dianggap membawa turis asing ke negara tersebut. Misalnya di Singapura ngasih USD 100.000 per rute per airlines, 50% in cash, 50% in kind.Jadinya ya makin banyak airlines yang buka rute baru ke Singapura, makin banyak insentif yang didapat.

- Perbedaan harga bahan bakar avtur

Harga avtur diisi di dalam dan luar negeri itu berbeda. Harga avtur Pertamina lebih rendah di luar negeri karena menyeseuaikan dengan harga pesaing yang jumlahnya lebih banyak. Kalau domestik ke sama-sama maskapai nasional, lebih tinggi makin ke timur makin tinggi (harganya). Kalau internasional, apa yang dibeli di Madinah misalnya bisa lebih murah 16-21 persen dari di Jakarta.

Pembelian avtur menjadi penyumbang komponen cukup besar, yakni mencapai 40-45 persen dari total beban biaya operasional maskapai penerbangan. Makanya, naik dan turunnya harga tiket akan bergantung dengan harga avtur.

Tiket "mahal" dan bagasi gratis dihapuskan



Bukan hanya tiket pesawat domestik yang terbilang mahal, tapi ditambah dengan penghapusan biaya bagasi gratis oleh beberapa maskapai seperti Lion Air (bagasi 5 Kg dengan harga Rp 100.000, bagasi 10 Kg seharga Rp 200.000, atau bagasi 15 Kg seharga Rp 300.000) dan Citilink. Masih ingat beberapa minggu lalu, ada 3 calon penumpang pesawat yang beli oleh-oleh dodol dan kopi dari Sumatera Utara dengan total 50kg. Namun, mereka dikenakan biaya bagasi hampir Rp2,5 juta sehingga mereka tidak jadi membawa oleh-oleh tersebut.

Bukan hanya itu, para jemaah umrah pun mengaku khawatir jika akan bawa pulang oleh-oleh dari Arab Saudi ke tanah air. Mereka biasanya mendarat di Soekarno Hatta sebelum kembali ke daerah asalnya. Sedangkan penerbangan dari Jakarta ke daerah asalnya jika menggunakan maskapai dengan bagasi berbayar, mereka harus menambah biaya bagasi yang tidak sedikit jika banyak membawa oleh-oleh.

Gimana dong rencana jalan-jalan keliling Indonesia?


Foto: tripzilla.id

Setelah ane jabarkan di atas tentang perkembangan terkini dalam dunia penerbangan, menurut ane emang kita harus nabung sedikit lebih keras buat keliling negeri ini, jika menggunakan moda transportasi udara. Indonesia emang secantik itu untuk dijelajahi, jangan sampai gara-gara tiket mahal, kita jadi nggak keliling Indonesia ya GanSist.

Kalau Agan, apa masih akan mengandalkan moda transportasi udara atau beralih ke moda alternatif lainnya? Coba deh share di komen, cara apa yang bisa kita pakai bareng-bareng supaya negeri ini tetep dijelajahi?

Thank you udah baca thread ane ya GanSist! emoticon-Toast

Sumber - Sumber
Diubah oleh thatwasfun 13-02-2019 07:11
4
8K
95
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.