fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Kisah Marcel Marceau Penyelamat Anak Yahudi Dengan Pantomim




Holocaus sebuah peristiwa yang sangat terkenal sekaligus mengerikan, dimana dalam peristiwa bersejarah ini terjadi persekusi dan pembantai kaum yahudi yang dilakukan oleh nazi. Berbagai cara dilakukan oleh bangsa yahudi untuk terbebas dari pembantaian dan persekusi ini, bahkan dikatakan lebih dari enam juta orang yahudi kehilangan nyawa akibat peristiwa ini.



Banyak orang yang ingin menyelamatkan anak - anak yahudi tersebut dari kejaran dan kekejaman nazi, salah satu tokoh tersebut bernama Marcel Marceau seorang yang dilahirkan di prancis. Marcel marceau lebih terkenal di bidang pantonim. Tapi ketika perang dunia II, marcel marceau lebih memilih untuk menyelamatkan anak - anak yahudi dari kejaran nazi dan membawa anak - anak tersebut ke negara yang memiliki kebijakan tidak membantai yahudi.



Awal mula marcel marceau terjun kedalam misi penyelamatan yahudi adalah ketika marcel diajak oleh sepupunya yang bernama georges loinger, nama georges loinger juga tercatat kedalam sejarah karena misinya yang ingin menyelamatkan anak - anak yahudi, untuk menjalankan misi mulia ini georges loinger tergabung dan menjabat sebagai komandan unit rahasia bernama Oeuvre de Secours aux Enfants.



Setelah merekrut marcel marceau, mereka berupaya untuk menyisir panti asuhan yang ada di prancis dan kemudian membawa anak - anak yahudi tersebut untuk pergi dan melarikan diri ke negara swiss. Selama dalam pelarian tentu tidak akan mudah membawa banyak anak - anak, karena kebanyakan anak - anak ini merasa ketakutan terhadap kejaran nazi, tapi oleh marcel marceau selama dalam perjalanan dia mempertontonkan keahliannya berpantomim. Sehingga anak - anak menjadi tenang dan tidak bosan.

Tapi yang lebih hebatnya lagi marcel marceau mengajarkan anak - anak berpantomim agar mereka dapat berkomunikasi di dalam diam. Sehingga komunikasi pun dapat berjalan dengan lancar walaupun tidak menggunakan suara.



Selain itu marcel marceau selama dalam perjalanan juga menyamar menjadi pemimpin boy scout atau pramuka, dan berhasil menipu tentara nazi cara yang dilakukan oleh marcel sukses dan berhasil meloloskan 24 orang yahudi ke negara swiss. Selain menjadi boy scout, marcel juga menyamar menjadi tentara prancis dan memalsukan dokumen anak - anak yahudi tersebut sehingga mereka dapat kabur dan sampai ke negara swiss dengan selamat.



Kisah yang dilalui oleh marcel marceau, sering dijadikan inspirasi olehnya untuk berpantomim sehingga setiap aksinya selalu menggambarkan kesedihan akan kehilangan.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran TS
Gambar : google images
Referensi : ini

9
11.6K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.