arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Hal-Hal yang Paling Kontroversial dari 7 Presiden Indonesia
Indonesia tercatat telah memiliki 7 presiden sampai saat ini. Mereka adalah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, dan Jokowi. Setiap presiden yang pernah memimpin di Indonesia tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Para presiden yang pernah memimpin di Indonesia sudah pasti tidak lepas dari kontroversi. Seperti kata pepatah, tidak ada manusia yang sempurna. Berikut adalah hal-hal yang paling kontroversial dari 7 presiden yang pernah memimpin di Indonesia.

Soekarno


Sumber : Republika.co.id


Sebagai presiden pertama di Indonesia, Soekarno menjelma menjadi sosok yang sangat dielukan oleh rakyat. Dia dipandang begitu hebat bahkan hinggga saat ini. Meski demikian, tentunya Soekarno tidak lepas dari kontroversi.

Hal yang paling kontroversi dari Soekarno adalah terkait hubungannya dengan sejumlah wanita. Sampai akhir hayatnya soekarno tercatat telah menikahi sembilan perempuan. Beberapa pernikahannya tidak terlepas dari kontroversi. Contohnya pernikahan Soekarno dengan Fatmawati hingga harus menceraikan Inggit Ginarsih yang merupakan istri keduanya. Begitupula pernikahannya dengan Heldy Djafar yang usianya 37 tahun lebih muda dari Soekarno.

Soeharto


Sumber : Tirto.id


Kepemimpinan Soeharto ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi dia berhasil merombak perekonomian Indonesia hingga Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Di sisi lain dia membangun perekonomian Indonesia diatas pondasi yang rapuh. Penyebab utamanya adalah praktik korupsi yang begitu marak di era pemerintahannya. Bahkan Soeharto disebut-sebut sebagai pemimpin terkorup di dunia. 

BJ Habibie


Sumber : Nusantaranews.co


BJ Habibie merupakan presiden Indonesia dengan masa jabatan tersingkat. Meski singkat, BJ mampu mengendalikan kondisi perekonomian yang ambruk akibat krisis moneter pada masa pemerintahan Soeharto. Sayangnya BJ Habibie harus mengakiri masa jabatannya akibat salah satu keputusan kontroversial yang disebut-sebut dapat memicu disintegrasi di Indonesia. Dia memberi izin pada rakyat Timur Leste untuk melakukan referendum sehingga Timur Leste akhirnya lepas dari pangkuan Indonesia. 

Abdurrahman Wahid


Sumber : Kompas.com


Masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sangat erat dengan kontroversi. Diantaranya adalah penghapusan TAP MPR tentang PKI dan mengunjungi mantan presiden Soeharto yang saat itu tengah menjadi sorotan publik. Namun hal publik kontroversi dari Gus Dur adalah ancamannya untuk membubarkan parlemen melalui Dektrit Presiden. Akibat kontroversinya tersebut, Gus Dur pun harus mengakiri masa jabatannya karena memicu berkurangnya dukungan terhadap dirinya. 

Megawati Soekarno Putri


Sumber : Tribunnews.com


Megawati Soekarno Putri merupakan presiden perempuan pertama di Indonesia. Dia terpilih menjadi presiden setelah mandat Gus Dur sebagai presiden RI dicabut oleh MPR. Hal yang paling kontroversi dari Megawati adalah kebijakan yang menjual sejumlah aset negara. Contohnya adalah Indosat dan kapal tanker milik Pertamina. 

Susilo Bambang Yudhoyono


Sumber : Bbc.com


Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerupakan presiden Indonesia pertama yang dipilih langsung oleh rakyat. Hal yang paling kontroversi dari Presiden SBY adalah  maraknya aksi korupsi dari para petinggi Partai Demokrat. Seperti yang kita tahu, Demokrat merupakan partai politik yang didirikan oleh SBY. Padahal SBY saat itu sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye untuk melawan korupsi. 

Joko Widodo


Sumber : Merdeka.com 


Joko Widodo merupakan presiden yang memerintah di Indonesia untuk saat ini. Pemerintahan Jokowi seringkali diserang oleh isu hoax. Namun salah satu hal yang bukan hoax dari pemerintahan Jokowi adalah peningkatan utang luar negeri Indonesia yang signifikan. Hal ini juga yang paling kontroversi dari pemerintahan Jokowi. Bahkan ada pihak yang mengatakan utang luar negeri Indonesia sudah lampu kuning. 

Itulah hal-hal yang paling kontroversial dari 7 presiden yang pernah memimpin di Indonesia. Menurut agan-agan sekalian, dari semua presiden tersebut siapakah yang paling kontroversial? Apa alasannya? 


Referensi :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3817313/lampu-kuning-untuk-utang-pemerintah-yang-nyaris-rp-4000-triliun

http://wartakota.tribunnews.com/2018/10/24/perjalanan-kisah-cinta-soekarno-dengan-9-istrinya-7-diantaranya-sudah-diceraikan

https://news.detik.com/berita/2546480/pernah-jual-aset-negara-megawati-terbebani-dosa-lama

https://www.merdeka.com/peristiwa/benarkah-lepasnya-timor-timur-karena-kesalahan-habibie.html

https://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/14/07/04/n85dwn-soeharto-diktator-terkorup-sedunia-abad-ke20

https://news.detik.com/berita/4007080/elite-demokrat-di-pusaran-korupsi

http://surabaya.tribunnews.com/2010/01/02/peci-akar-warisan-gus-dur-saksi-keluarnya-dekrit-presiden-bubarkan-mprdpr

5
16.2K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.