alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6237ee09b5ca4c7a1e40b2/lima-petugas-kebersihan-jis-digugat-ganti-rugi-rp17-triliun
Lapor Hansip
12-02-2019 10:05
Lima Petugas Kebersihan JIS Digugat Ganti Rugi Rp1,7 Triliun
Past Hot Thread
Lima Petugas Kebersihan JIS Digugat Ganti Rugi Rp1,7 Triliun


Lima petugas kebersihan Jakarta Intercultural School (JIS) digugat ganti rugi sebesar Rp1,7 triliun oleh seorang ibu berinisial MAK, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan seksual di JIS beberapa tahun lalu.

“Gugatan diajukan oleh seorang ibu dari salah satu orang tua siswa dugaan korban berinisil MAK. Tuntutan ganti rugi juga dialamatkan kepada dua guru yang menjadi terdakwa dalam kasus ini, JIS, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” kata Kuasa hukum para petugas kebersihan, Richard Riwoe dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (11/2).

Richard menyebutkan, hal itu terungkap dalam sidang pembacaan gugatan, Senin, dalam sidang di PN Jaksel yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Lenny Wati Mulasimadhi.

Richard mempertanyakan apa motif dari pihak penggugat sebenarnya karena bagi pihaknya, sejak kasus pidana ini diangkat sekian tahun lamanya, ada satu hal yang konsisten, yaitu tuntutan materi.

“Dulu tidak berhasil lewat kasus pidana, sekarang dituntut kembali lewat perdata. Masalah ini jangan dianggap sudah selesai, karena para petugas kebersihan dan guru sudah ditahan. Kasus pidananya masih tetap bisa dibuka dan kami punya bukti-bukti kuat yang dapat membuktikan kebenaran yang ada. Kami akan buka pada saat yang tepat,” ujar Richard, dikutip Antara.

Data menunjukkan, ibu berinisial MAK itu pernah juga mengajukan gugatan senilai 125 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,6 triliun kepada JIS pada 2014. Namun tuntutan tersebut tidak dikabulkan.

Agun, salah satu petugas kebersihan yang menjadi tergugat mengaku mengaku tidak habis pikir dengan apa yang menjadi dasar ibu MAK dalam mengajukan tuntutannya.

Menurutnya, saat ini saja, ia dan teman-temannya sesama petugas kebersihan yang dipenjara, termasuk Azwar yang tewas di dalam tahanan, sudah menjadi korban dari tuntutan ibu MAK karena Agun dan teman-temannya merasa tidak melakukan kekerasan seksual seperti yang dituduhkan.

Mereka pun, lanjut Agun, sudah menjalankan putusan pengadilan, yang di dalam putusan pengadilan tersebut selain sudah dijatuhi hukuman penjara, juga dikenakan denda yang merupakan kerugian bagi pihak korban.

“Kerugian yang dituntut oleh penggugat dalam perkara perdata ini sebenarnya sudah kami tebus dengan cara menjalani hukuman penjara sebagai denda dari kerugian yang katanya dialami oleh korban. Akan tetapi sekarang pihak korban nuntut lagi kerugian, mohon Majelis Hakim yang menangani perkara ini, tuntutan Rp1,7 triliun ini maksudnya apa?” tanya Agun, usai persidangan.

Agun sendiri pada kasus itu divonis delapan tahun penjara dan sudah menjalani separuh hukuman dan karena dia berkelakuan baik, sekarang bebas bersyarat. Sedangkan lainnya, satu meninggal di dalam penjara dan lainnya masih didalam jeruji.

Agun mengetahui bahwa ibu yang menuntutnya saat ini saja tidak di Indonesia, melainkan tinggal di luar negeri.

“Untuk makan dan sekolah anak saja (saya) mati-matian. Waktu saya dipenjara, istri sedang hamil. Sejak anak saya lahir sampai bertahun-tahun, dia enggak sama ayahnya. Eh, sekarang orang berkecukupan seperti mereka yang tinggal di luar negeri menuntut kami lagi. Seperti enggak cukup bikin kami sekeluarga terpuruk,” tutur Agun.

Ia mengaku sedih dengan apa yang dialaminya saat ini. “Kami cuma berusaha hidup baik-baik saja, kok, susah sekali. Saya sampai bilang ke keluarga, kalau memang harus bayar, apa ambil ginjal saya aja sekalian!,” katanya.

Sementara itu, pihak JIS tidak ingin berkomentar banyak terkait tuntutan yang kembali dilayangkan oleh ibu MAK. “Kami belum bisa berkomentar banyak. Kami ikuti dulu proses hukum yang berjalan. Yang jelas, kami yakin bahwa gugatan ini tidak benar (incorrect) secara hukum,” kata kuasa hukum JIS, Bontor Tobing.

6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
13-02-2019 15:04
lah kasus lama, kirain udah clear

Itu tuntutan 1.7 kaga salah? itu sama aja pasang badan, ga mungkin sanggup bayar kecuali keturunan Bill gates
0
13-02-2019 15:05
karena malu pas di visum gaada bukti kekerasan seksual, si ibu ini jadi beringas ya emoticon-Malu
0
13-02-2019 15:05
hmmm mantap dah 1.7 T.
1
13-02-2019 15:10
makin panjang kasus nya
0
13-02-2019 15:15
gila sampe 1,7 T, gak mikir apa, mereka cuman seorang petugas kebersihan emoticon-Cape d...
0
13-02-2019 15:20
Mungkin si ibu udah mulai kekurangan duit buat hidup di LN.
0
13-02-2019 15:22
Quote:Original Posted By revorg
msh beruntung lah tuntut perdata coba kalo orang tua si korban sewa pembunuh bayaran ud kelar hidupnya si pelaku


Cari tahu dulu soal kasus ini
Dari berbagai cerita dan berita ya
0
13-02-2019 15:25
share dong kalo ada yg punya nama asli si ibu gila ini...
pengen liat gmn tampang babi yg udah memenjarakan dan membuat orang lain terbunuh hanya karena rakus duit
0
13-02-2019 15:27
Quote:Original Posted By langkasenenge
Semoga anaknya udah sembuh dari trauma


Cari tahu dulu info dan berita soal kasus ini ya
0
13-02-2019 15:27
Kurang banyak boss
Bau sandal nuntut fb juga 1T, masa sini cuman lebih 700M
Diubah oleh bomxyz
0
13-02-2019 15:27
Quote:Original Posted By privasibaik
share dong kalo ada yg punya nama asli si ibu gila ini...
pengen liat gmn tampang babi yg udah memenjarakan dan membuat orang lain terbunuh hanya karena rakus duit


Coba ke Twitter trus liat akun @kurawa. Dulu banget udh dikupas kelakuan si ibu mata duitan ini.
0
Lihat 1 balasan
13-02-2019 15:28
waduhh masih berlanjut, kirain udah kalar ini kasus
0
13-02-2019 15:32
1,7T...kurang banyak tuh
0
Lapor Hansip
13-02-2019 15:34
Balasan post whypop
Quote:Original Posted By whypop


Coba ke Twitter trus liat akun @kurawa. Dulu banget udh dikupas kelakuan si ibu mata duitan ini.


thanks gan, akhirnya ketemu juga ama tampang biadabnya dan nama lengkapnya Theresia Pipit Widowati Kroonen
0
13-02-2019 15:47
itu si ibunya suru beranak lagi aja, terus anaknya suruh godain OB di sekolah, pas udah dipake, laporin sekolahnya...

enak ya cari duit begitu
0
13-02-2019 16:00
Klw sekolah orang kaya,, banyak CCTV nya coba di cek aja,,lgian jg mereka dah menjalani hukumannya,,lgian sampe segitu nya,,duit 1,7T bukan sedikit,,
0
13-02-2019 16:01
ini nuntunnya ke mana ? ga logiskan ob di tuntut 1,7 T ? apa si ibu mau 1,7T jadi subsider kurungan penjara SEUMUR HIDUP ?
0
13-02-2019 16:05
kacau nih ibu,, mata duitan bener,, kckckckckcck

0
13-02-2019 16:07
di ramein aja lagi ini gan. Kalo emang si emak itu ngak bener biar 'dibantai' sama netizen.
0
13-02-2019 16:07
Ini pernah jadi HT dulu tritnya, dan sama BBC juga diliput. Kelihatannya memang mereka tidak bersalah tapi mereka sudah membayar hargnya terlalu tinggi. Yang satu mati, yang lainnya masih hidup tapi dibikin sengsara benar.
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.