News
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c63bdb309b5ca211a2aae1f/ini-penjelasan-lengkap-pn-jakpus-soal-hakim-foto-pose-pistol-dua-jari
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) membantah para hakim ad hoc Tipikor yang foto berpose 'dua jari' terkait dukungan pasangan calon di pilpres 2019. Para hakim yang berada di foto tersebut sudah dimintai keterangan oleh Ketua PN Jakpus Yanto.
Lapor Hansip
13-02-2019 13:48

Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari

Past Hot Thread
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari


Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) membantah para hakim ad hoc Tipikor yang foto berpose 'dua jari' terkait dukungan pasangan calon di pilpres 2019. Para hakim yang berada di foto tersebut sudah dimintai keterangan oleh Ketua PN Jakpus Yanto.


"Pertama, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta sudah meminta keterangan dari para hakim ad hoc Tipikor yang fotonya ada di situ. Keterangan mereka para hakim ad hoc Tipikor tersebut menyatakan bahwa foto itu diambil kurang lebih 3 bulan yang lalu," ujar pejabat humas PN Jakpus Diah Siti Basariah saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Menurut Diah, foto tersebut diambil diruang kerja hakim ad hoc di lantai 5, kantor PN Jakpus. Sebab, salah satu hakim ad hoc Tipikor mendapatkan surat keputusan pindah tugas ke PN Bengkulu.

"Bahwa pengambilan foto dilakukan di ruang kerja hakim ad hoc Tipikor di lantai 5 pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pengambilan foto bersama dilakukan karena ada salah satu hakim ad hoc Tipikor yang mendapat surat keputusan mutasi ke PN Bengkulu," kata Diah.

Soal gaya pose pistol dua jari, Diah menyebut tidak ada yang meminta saat pengambilan foto bersama. Gaya tersebut dikatakan dia para hakim spontanitas saja.

"Selanjutnya soal gaya tidak ada yang meminta, tidak ada yang mengatur, semua spontanitas adanya. Karena yang dimasalahkan soal gaya perlu dilihat gaya dalam foto tersebut ada yang mengepal, ada yang bergaya jempol, adapula yang bergaya menembak menggunakan jempol dan telunjuk," jelas dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan salah satu hakim yang berada di foto tersebut juga berasal dari mantan hakim militer. Gaya tersebut biasa digunakan salah satu hakim tersebut untuk menyapa orang.

"Salah satu hakim ad hoc Tipikor tersebut adalah mantan hakim militer, penggunaan gaya pistol sudah sering digunakan sebelumnya oleh berbagai kalangan, kalau menyapa seseorang yang akrab selalu menggunakan gaya pistol," jelas dia.

"Hakim ad hoc Tipikor tugasnya hanya menyidangkan perkara tipikor saja dan tidak yang lain," imbuh dia.

Dikesempatan yang sama, Ketua PN Jakpus Yanto menuturkan kronologi pengambilan foto itu. Menurut Yanto, pengambilan foto itu karena salah satu hakim ad hoc Tipikor mutasi ke PN Bengkulu. Sehingga ia menyiapkan kamera tustel untuk foto bersama.

"Hakim ad hoc Tipikor mutasi ke PN Bengkulu, dia siapin kamera tustel, kameranya juga yang menyiapkan yang bersangkutan, maka kemudian foto di ruang kerja hakim di lantai 5," kata dia.

Dia mengatakan foto tersebut diambil untuk kenang-kenangan para hakim. Sebab itu, ia membantah foto tersebut terkait pilpres atau keberpihakan politik. Dalam foto itu disebut Yanto terlihat beberapa gaya pose.

Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari


"Kalau lihat fotokan banyak gaya, semata-mata permintaan beliau untuk kenangan-kenangan dan menurut keterangan tidak ada terkait politik. Hasil pemeriksaan menerangkan seperti itu, foto diambil 3 bulan yang lalu karena salah satu anggota mendapatkan SK mutasi mau kenang-kenangan. Dan menurut mereka tidak ada tendesi politik apapun dan tidak ada kata-kata apa-apa. Keterangan yang bersangkutan untuk dokumen," pungkas Yanto.

foto itu menampilkan 10 hakim memakai toga merah. Satu di antaranya perempuan dan berjilbab. Mereka dengan senyum lebar berfoto bersama dengan jari jempol dan telunjuk mengacung. Bentuk jari itu menyerupai salam yang bisa digunakan oleh tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam kampanye.

Yanto membantah keras foto-foto itu terkait pilpres atau keberpihakan politik. Ia menyebut gaya itu membentuk pistol bukan salam dua jari.

https://news.detik.com/berita/d-4426...702.1520580336
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 13:50
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
1 0
1
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 13:55
Quote:Original Posted By 37sanchi
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari


kurang panjang cuy, biar kek klipingan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 13:59
sakkarepmu....
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:06
kayak mau kobel aja emoticon-Entahlah
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:07
seh dah musim politik tangan di apain juga jadi bahan perbincangan..

gw megang sumpit nanti dikata angka 2 emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:13
Memangnya siapa yang gak mau naik gaji?
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:16
tar klo mereka tau pemilih no wahid bisa kalah dong di pengadilan
1 0
1
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:17
ati2 kalo pose poto sekarang bree.. emoticon-Takut
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:20
Ga respek klo hakim udh memihak
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:25
sekarang ane kalo foto barengan paling pose tinju atau lima jari sekalian biar gak ditafsir macem-macem... lagi pada sensi sih urusan jari jemari
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:30
Lagian ngapain hakim masih pakai baju resmi pose pistol dua jari segala, kalau tidak ada unsur p****k
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:32
3 bulan yang lalu...udah ada nomor urut belum yak??


ah biarin aja jadi bahan ny nasbung, kasian...emoticon-Big Grin
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:33
hmmm kacau...emoticon-Traveller
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:47
ya elah nyang kaya beginian dikepoin juga, bener2 lu pada dah. emoticon-Cool

#guabukan01/02 #revolusi #yggajikamusiapa
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:47
Menjijikkan.. dipertanyakan netralitasnya nih..


Gemes deh..


Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 14:58
dor dor sor dor
ihir pak hakim ketahuan.
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 15:01
Hakim PNS harusnya jangan berpose terkait politik.
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 15:25
kwkwkwk suka pura2 nih pa akim... malu dong ama jidat emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 15:37
Mungkin mereka pendukung LGBTemoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Penjelasan Lengkap PN Jakpus Soal Hakim Foto Pose Pistol Dua Jari
13-02-2019 17:16
ini salam paling dilarang dinegeri ini,mantap kan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia