dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Punya Gaji Kecil Ingin Investasi? Ini 4 Pilihan Produknya!


Gaji kecil atau besar, sudah saatnya agan dan sista memikirkan investasi. Meski masih banyak orang beranggapan investasi membutuhkan dana dalam jumlah besar, bukan berarti semua produk investasi harus dibeli dengan uang yang banyak.

Memang ada produk investasi yang mahal, tapi gansis selalu bisa menyesuaikan produk investasi yang dipilih dengan kemampuan finansial. Lalu, apa ada produk investasi untuk orang-orang dengan gaji kecil? Pastinya ada.

Gansis hanya perlu mencari tahu dan memahami jenis-jenis produk investasi yang dipilih serta risiko yang dimilikinya. Dengan begitu, gansis bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan penghasilan. Empat produk investasi ini bisa menjadi informasi awal untuk gansis yang ingin berinvestasi meski gaji pas-pasan.

1. Tabungan Berjangka



Cara ini membuat gansis menabung setiap bulannya. Kenapa begitu? Karena tabungan berjangka memiliki sistem penarikan secara autodebet sehingga uang akan dipotong dari gaji secara otomatis setiap bulannya.

Menariknya, setoran awal untuk tabungan berjangka ini bisa dimulai dari Rp100 ribu-an. Uang tersebut harus diberikan setiap bulan selama jangka waktu yang sudah ditentukan. Jangka waktu untuk tabungan berjangka bisa 1 hingga 10 tahun. Cara ini merupakan cara yang mudah dan terjangkau untuk banyak orang, terutama yang merasa memiliki gaji kecil.

Sistem autodebet juga bisa membuat orang menjadi disiplin dalam menabung. Gansis juga bisa mendapat keuntungan dengan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

2. Deposito



Sekilas, deposito tidak berbeda jauh dengan tabungan berjangka, tapi keduanya memiliki perbedaan jadi gansis harus pahami betul sebelum memilih. Perbedaan di antara keduanya terletak pada nilai setoran uang di muka.

Jika tabungan berjangka bisa dalam beberapa ratus ribu, untuk deposito diperlukan uang sekitar Rp8-10 juta. Keduanya juga memiliki periode waktu penyimpanan, tetapi bunga yang didapat akan berbeda. Untuk yang ingin meraih keuntungan lebih, deposito pilihan yang tepat karena memiliki bunga yang lebih tinggi daripada tabungan berjangka.

3. Reksa Dana



Reksa dana juga bisa dijadikan pilihan jika gansis punya gaji yang kecil. Produk investasi satu ini bisa dimulai dengan ratusan ribu rupiah sehingga sangat terjangkau. Dengan uang Rp100 ribu setiap bulannya, gansis sudah berinvestasi reksa dana.

Ada empat jenis reksa dana yang bisa dicoba, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Untuk memulainya, gansis bisa mencari informasi terlebih dahulu atau mendatangi bank dan perusahaan manajamen investasi untuk bahan pertimbangan.

4. Emas Batangan



Nah, jika gansis ingin investasi jangka panjang dengan dana yang terbatas, emas batangan bisa dijadikan pilihan. Alokasikan uang setiap bulannya lalu beli emas batangan secara rutin setiap satu bulan atau beberapa bulan sekali.

Untuk lebih meringankan, gansis bisa membeli emas batangan dalam gram kecil. Saat ini, ukuran terkecil yang bisa dibeli di pasaran ialah 0,5 gram sehingga harganya bisa lebih terjangkau. Jika 0,5 gram dirasa terlalu kecil, ada juga emas batangan 1 gram yang bisa dibeli.

Emas batangan ini bisa disimpan untuk waktu yang lama atau setidaknya 5 hingga 10 tahun sebelum dijual kembali untuk mewujudkan tujuan investasi. Dalam jangka waktu tersebut, harga emas bisa sudah mengalami kenaikan sehingga ketika dijual, gansis akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual.



===========

Selain jumlah uang yang didapatkan setiap bulannya, gansis perlu ingat pengaturan uang memainkan peran penting bisa tidaknya gansis berinvestasi.

Jadi, daripada banyak mengeluh, lebih baik periksa kembali keuangan dan hilangkan sumber-sumber pengeluaran yang tidak penting.

Dengan begitu, ada ruang atau sisa uang yang bisa dialokasikan untuk investasi.




Sumber
0
2.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.