alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c602fbdf0bdb20426436d01/terdesak-dulu-baru-minta-maaf-sampai-kapan-begitu-terus
Lapor Hansip
10-02-2019 21:05
Terdesak Dulu Baru Minta Maaf, Sampai Kapan Begitu Terus?
Past Hot Thread
Akhir-akhir ini kita di hebohkan dengan beberapa kasus yang terjadi di masyarakat mulai dari kehebohan seorang anak muda yang terekam kamera tak terima karena dirinya telah di tilang oleh polisi sambil mengamuk merusak motornya, sedangkan pacar di sampingnya malah menangis karena tindakan sang pacar mengobrak abrik motor sampai tak karuan, sementara pihak polisi yang menilang tetap tenang dan tetap menjelaskan kesalahan anak muda tersebut mulai dari tidak pakai helm, tidak bawa sim, tidak bawa stnk dan pelanggaran lalu lintas lainnya. Belakangan diketahui bahwa motor tersebut bukanlah motor miliknya, tetapi motor kepunyaan pacarnya.
Terdesak Dulu Baru Minta Maaf, Sampai Kapan Begitu Terus?

Credit : rakyatku.com

Kasus yang menerpanya tidaklah membuat dirinya meminta maaf, namun sikapnya menjadi-jadi dengan membuat video membakar stnk motor yang ditilang seakan dirinya tak malu telah melakukan kesalahan sebelumnya. Tak lama kemudian anak muda tersebut ditahan polisi dan ujungnya menangis-nangis meminta maaf atas segala kesalahan yang diperbuat.

Belum reda dengan kasus pemuda yang merusak motor, terjadi peristiwa lain yang miris di tempat lain. Seorang siswa dengan teganya memperlakukan seorang gurunya sendiri secara tidak hormat dengan menantang gurunya sendiri dan melakukan tindakan tidak terpuji merokok di dalam kelas. Kasus tersebut akhirnya viral dan ujung-ujungnya siswa tersebut menangis dan meminta maaf atas perbuatannya kepada guru yang ditantang sebelumnya dalam video yang sebelumnya viral.
Terdesak Dulu Baru Minta Maaf, Sampai Kapan Begitu Terus?

Credit : sindonews.net

Dari dua kasus tersebut kita bisa menemukan dua kesamaan, berbuat salah dan viral yang ujungnya minta maaf setelah terdesak oleh keadaan. Memohon maaf memang sudah seharusnya di lakukan, namun apakah harus viral dan terdesak dulu baru minta maaf? Rasa-rasanya ini memang budaya minta maaf yang kurang tepat untuk dilakukan.

Memang manusia tak lepas dari salah dan khilaf, namun sudah seharusnya bisa menahan diri dari segala sikap yang tidak terpuji. Jikapun akhirnya tak bisa menjaga sikap dan berbuat kesalahan tentunya harus segera minta maaf, jangan sampai cari pembenaran sana sini cari alasan membela diri atau malah melakukan hal lain yang seakan merasa dirinya tak bersalah.

Minta maaf bukan karena terdesak atau karena viral, tapi minta maaf sudah seharusnya dilakukan bila memang merasa telah melakukan kesalahan. Saat ada yang mengingatkan kita salah tentunya kita harus intropeksi diri, bukan memaki-maki orang yang menasehati kita. Memang maaf tak selamanya bisa menyelesaikan masalah hukum, namun setidaknya mengakui diri bersalah dan memohon maaf itu lebih baik dari pada tak mengaku salah dan berlindung pada kalimat kriminalisasi.
Terdesak Dulu Baru Minta Maaf, Sampai Kapan Begitu Terus?

Credit : tribunnews.com

Minta maaflah jika telah melakukan kesalahan, jangan sampai karena viral dan terdesak baru minta maaf. Jika sudah terdesak baru minta maaf dan hal seperti ini terus terjadi berulang-ulang, maka sampai kapankah terus begitu? Sudah semestinya setiap orang menyadari bahwa setiap kesalahan yang dibuat pada orang lain tentunya harus segera meminta maaf tanpa harus menunggu terdesak atau viral duluan. Agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber gambar via google images


14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
12-02-2019 16:52
Pemikiran yang positif gan, mudah-mudahan semakin banyak orang-orang yang berfikiran seperti agan, biar hidup ini lebih adem
1
12-02-2019 16:55
Yah mirip nasbung yg kelaparan tapi tak dapat jatah lah. Wkkwkwkwkwkw
0
12-02-2019 16:57
masukkan ke yonif/kodim aja seminggu. emoticon-Tepuk Tangan
0
12-02-2019 16:57
bener gan, kebanyakan main hape, bocah pada tengil
0
12-02-2019 16:59
mang gitu ye gan..
hadeww....
0
12-02-2019 17:01
itu karena masih dibawah umur, coba pas mahasiswa pasti gurunya berani ngelawan
ane pasti jamin
0
12-02-2019 17:03
nge-gas dulu, baru mikir kemudian emoticon-Ngacir
0
12-02-2019 17:05
itu yang nantangin gurunya kayanya kena shock terapy ya gan? kabarnya belum masuk sekolah sampai hari ini. ck ck ck, guru pula di tantangin, gurunya sih masih mau maafin, tapi yang lagi panas ini kan para pemirsa yang udah lebih dulu didik ama guru biar bisa jadi orang.
0
12-02-2019 17:08
Ini kasus yg viral.. Gimana kalo gak viral yak? emoticon-Gila
Mungkin masih banyak lagi kasus alay kayak gini.. Salah pola asuh? emoticon-Amazed
1
12-02-2019 17:09
kok ada kata kriminalisasi...jadi kesannya gimana gitu..apa tuh pelaku merasa tidak bersalah sampai akhir lalu ada proses pidana sampai muncul kata2 kriminalisasi?
0
12-02-2019 17:10
Quote:Original Posted By yunda.me
masukkan ke yonif/kodim aja seminggu. emoticon-Tepuk Tangan


Bisa juga.. kok telat dateng? emoticon-cih
0
12-02-2019 17:10
kebetulan posisi camera pas, kebetulan konflik, kebetulan viral, setelah itu nangis2 minta maaf, damai & berkumpul sekelas bersama lagi...
0
12-02-2019 17:10
maunya bocah tengil itu gantiin posisi nya scoopy biar dia yg di pretelin satu2 emoticon-Betty
0
12-02-2019 17:13
Quote:Original Posted By nganggur
kok ada kata kriminalisasi...jadi kesannya gimana gitu..apa tuh pelaku merasa tidak bersalah sampai akhir lalu ada proses pidana sampai muncul kata2 kriminalisasi?


Kalo yang itu untuk perbandingan saja seperti tokoh yg ketangkap karena penganiyayaan sama ujaran kebencian
0
12-02-2019 17:18
ibu ane guru,kalo ada murid kyk gitu dah ane samperin tak kasih bogem biar tau
0
12-02-2019 17:23
perlu terus diawasin yang kayak' gini, berpotensi mengulang kesalahan
0
12-02-2019 17:26
Karena salah mengartikan damai atau baik hati, kasus kayak gitu selalu berakhir damai walhasil ya kebodohan selalu terulang, memaafkan boleh saja, tapi memberi pelajaran lebih dibutuhkan
0
12-02-2019 17:27
penyebab utamanya sepertinya karena pengen dikenal dan viral menurut gw

itu sudah emoticon-Angkat Beer
0
12-02-2019 17:29
Pada ada modal semua buat mewek, jadi berani di awal dan ga pakai mikir. emoticon-Bingung
0
12-02-2019 17:31
mereka belajar dari pengalaman pahit emoticon-Blue Guy Peace
2
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.