londo.046
TS
londo.046
Jika Anda Jualan Jasa, Jangan Main Politik


Terinspirasi dari percakapan di pesbuk pagi ini dengan anggota grup sebuah PO (Perusahaan Otobus). Diawali dengan gesture dari pemilik PO yang menggambarkan kecenderungan kemana. Saya pun menimpali dengan sopan, agar tidak membawa masalah politik ke perusahaannya. Karena bagaimana pun, yang memakai jasa, bukan cuma pendukung salah satu capres. Tahu apa respone nya? saya sudah tidak bisa komentar lagi di sana. Hehehe.

Dari yang semula respect, ya maaf saya antipati sekarang. Toh masih banyak perusahaan otobus lain di Muria Raya ini yang netral kok. Yah, saya memang tidak banyak memberi pemasukan pada mereka, paling banter 10 tiket per minggu untuk rekan saya yang bolak-balik ke Jakarta. Namun dengan kejadian ini, saya bersumpah tidak akan menggunakan jasa PO itu lagi. Saya kenal salah satu Bos PO yang berbasis di Jepara dan beda pandangan politik dengan saya. Tapi saya respect sama beliau, karena tidak pernah bawa urusan politik dalam bisnisnya. Ke sanalah akan saya arahkan urusan perjalanan ke ibukota untuk rekan saya.



Moral dari cerita di atas? Jika anda pengusaha jasa, hindarilah bermain politik. Anda boleh saja berada di salah satu kubu, tapi lakukanlah dalam koridor dan waktu yang tepat. Jangan sampai ketika anda sedang melayani kastamer, anda bawa unsr-unsur politik yang jadi pandangan anda. Tidak semua yang sama pandangannya, akan setuju dengan langkah anda. Saya lebih respect dengan orang yang beda pandangan politik namun tetap profesional. Daripada sama pandangan politik, tapi kelakuaanya rasis diskriminatif!

Terlalu besar yang anda pertaruhkan, jika anda sebagai penjual jasa ikutan main politik. Jika hanya satu orang kastamer yang tidak nyaman, mungkin anda selamat. Tapi bagaimana jika 25% saja yang punya pandangan politik seperti saya, dan menjadi antipati pada usaha anda? Alih-alih mendapat kostamer baru, kastamer loyal pun akan pergi satu demi satu. Market yang seharusnya luas, anda sekat menjadi hanya market yang satu pandangan politik dengan anda.



Kalau sudah begini, siapa yang rugi? Usaha anda sendiri. Kompetitor tinggal mengambil kastamer tanpa perlu promosi dan lobi sana-sini. Lha dapat limpahan dari rasa kecewa kok. Belum kalau saya ngomong sama orang-orang (meskipun tidak akan saya buka apa nama PO nya) apa tidak makin kurang kastamernya? Satu mulut bisa nyebar kemana-mana lho. Apalagi bagi orang jalan yang temannya ada di mana-mana. Satu berita saja, dalam sekejap akan menyebar ke penjuru pantura.

Well, tahun ini memang tahun politik. bijaklah dalam mensikapinya. Perbedaan pandangan politik, bukan berarti harus saling benci. Perbedaan pandangan politik, bukan berarti kita musuh yang harus saling menjauh. Esensi demokrasi bukan seperti itu. Yah, semoga tulisan singkat ini bisa menjadi kaca lah untuk kita semua. Jangan mau dipermainkan elite yang kalau menang, kita tidak dapat apa-apa dari mereka. Salam Damai.


Merdeka!

Sumber Gambar : sini, sini, sini
anasabila4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
27
11.4K
150
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.