alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5bafd08d9b174fb80bff63/polda-metro-gelar-razia-gps-pekan-ini-kamu-bisa-bebas-asalkan
Lapor Hansip
07-02-2019 11:10
Polda Metro Gelar Razia GPS Pekan Ini, Kamu Bisa Bebas Asalkan...
Past Hot Thread
Penggunaan GPS pada ponsel sebagai alat navigasi kini semakin marak, sejak kehadiran jasa transportasi berbasis online. Namun, ada beberapa yang khawatir ditilang petugas polisi atas dasar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baru-baru ini Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan mengemudi sambil melihat HP bisa dipenjara sesuai dengan UU LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan). Korlantas sebagai penegak hukum di lalu lintas siap menjalankan perintah berdasarkan undang-undang.

Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Polda Metro Jaya akan melakukan razia penggunaan perangkat global positioning system (GPS) saat mengemudikan kendaraan bermotor yang dianggap bisa mengganggu konsentrasi pengendara. 

Polda Metro Gelar Razia GPS Pekan Ini, Kamu Bisa Bebas Asalkan...

Kepala Sub-direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Herman Ruswandi, mengatakan razia penggunaan GPS akan dimulai pekan ini. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 106 ayat 1 undang-undang itu menyebutkan bahwa pengendara wajib berkonsentrasi penuh saat mengendalikan kendaraannya.

Yang melanggar ketentuan tersebut diancam hukuman penjara atau denda. "Tiga bulan penjara atau denda maksimal Rp 750 ribu," ujar Herman, seperti melansir dari laman Tempo.com, Senin (4/2/2019).

Herman menambahkan, setelah ada putusan MK, kepolisian juga akan menggiatkan sosialisasi larangan GPS dengan sasaran utama para pengemudi taksi dan ojek online. Pasalnya, selama ini pengendara transportasi online itulah yang paling banyak menggunakan GPS sambil berkendaraan.

"Sudah banyak yang ditilang. Kami imbau lagi untuk patuh demi keselamatan berlalu lintas," kata dia. Selain menggunakan GPS, pengendara tidak diperbolehkan memakai perangkat atau melakukan kegiatan lain yang bisa mengganggu konsentrasi. Antara lain memainkan telepon seluler dan mendengarkan musik keras-keras ketika berkendaraan.

Aktivitas tersebut, kata Herman, bisa membahayakan si pengendara dan orang lain di jalan raya. 

Baca juga: MK Putuskan Larangan Gunakan GPS Saat Berkendara, Begini Reaksi Pengguna

Pengguna GPS Bisa Tidak Kena Tilang

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan berkendara memakai peta elektronik dalam Global Positioning System atau GPS ponsel bisa ditilang oleh polisi. "Kalau kemudian sambil jalan melihat itu (GPS), yang bersangkutan mengemudi tidak wajar dan konsentrasi, itu yang bisa ditilang oleh polisi," kata Budi.

Dia menjelaskan dalam Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Pasal 186, pengemudi diwajibkan untuk mengemudi dengan konsentrasi dan wajar. "Artinya pengemudi enggak ada gangguan, fisik, mata, pendengaran, kalau pakai GPS itu ada gangguan," katanya.

Budi menegaskan GPS tidak dilarang selama dikendalikan oleh navigator, yakni teman berkendara, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. "GPS enggak dilarang, boleh digunakan oleh navigatornya, misal teman sebelahnya, kalau sepeda motor, teman di belakangnya. Kalau enggak ada teman, ya berhenti. GPS dilarang kalau menggunakan bukan teman berkendara," katanya.

Ia mengakui masih sulit untuk pengawasannya terkait penggunaan GPS dalam berkendara. Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membolehkan memakai sistem peta elektronik dalam GPS asalkan kendaraan dalam kondisi berhenti. "GPS boleh tapi saat berhenti jangan lagi jalan pakai GPS," katanya.

Menhub menyarankan para pengendara untuk berhenti sejenak memperhatikan peta elektronik tersebut baru melanjutkan perjalanan, baik yang berkendara dengan roda empat maupun roda dua. "GPS bukan larangan. Larangan saat dia mengendarai. Kalau mau lihat GPS, bisa berenti satu menit bisa lah, jadi tidak usah dikontroversikan," katanya. Ia mengimbau, terutama para pengemudi taksi dan ojek daring untuk tidak fokus pada GPS dan mengutamakan aspek keselamatan.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Lapor Hansip
08-02-2019 20:30
siap siap angkutan online
Diubah oleh pabloo
0
Lapor Hansip
09-02-2019 11:43
Aneh... saat berhenti untuk melihat GPS dan saat itu pula dalam kondisi tersasar gmn??
Yang dilarang itu klo GPS ponselnya di pegang 1 tangan dan tangan lainnya pegang stang motor itu boleh lah dilarang....

Tapi kalau mereka yang GPS nya di taro/ditempel di atas motornya atau di mobilnya mah ga akan sampe mengganggu pak....

Pengalaman saya di jalanan yang paling mengganggu adalah Jika ada Pengendara Motor yang nenteng hape sambil liat GPS,WA atau nelp nah yang begitu silakan di kandangin
1
Lapor Hansip
09-02-2019 22:10
menurut ane ada yg lebih penting daripada ini dah.. contohnya tilangin aja dulu tuh yg nelpon sambil berkendara.. masalah menggunakan GPS tanpa menggunakan seorang navigator bisa cukup diatasi dengan adanya holder.
0
Lapor Hansip
11-02-2019 02:25


Quote:Original Posted By stomata1
Aneh... saat berhenti untuk melihat GPS dan saat itu pula dalam kondisi tersasar gmn??
Yang dilarang itu klo GPS ponselnya di pegang 1 tangan dan tangan lainnya pegang stang motor itu boleh lah dilarang....

Tapi kalau mereka yang GPS nya di taro/ditempel di atas motornya atau di mobilnya mah ga akan sampe mengganggu pak....

Pengalaman saya di jalanan yang paling mengganggu adalah Jika ada Pengendara Motor yang nenteng hape sambil liat GPS,WA atau nelp nah yang begitu silakan di kandangin

Biasa kalau buat aturan mah gitu, nanti kalau uda didemo rame2 bikin jalanan macet baru direvisi aturannya emoticon-Mad
0
Lapor Hansip
11-02-2019 09:02
Balasan post pabloo
Quote:Original Posted By pabloo
siap siap angkutan online


Ini kita tunggu kebijakan lebih lanjutnya ya gan. Semoga kebijakannya yang terbaik buat semua emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
11-02-2019 09:12
Balasan post stomata1
Quote:Original Posted By stomata1
Aneh... saat berhenti untuk melihat GPS dan saat itu pula dalam kondisi tersasar gmn??
Yang dilarang itu klo GPS ponselnya di pegang 1 tangan dan tangan lainnya pegang stang motor itu boleh lah dilarang....

Tapi kalau mereka yang GPS nya di taro/ditempel di atas motornya atau di mobilnya mah ga akan sampe mengganggu pak....

Pengalaman saya di jalanan yang paling mengganggu adalah Jika ada Pengendara Motor yang nenteng hape sambil liat GPS,WA atau nelp nah yang begitu silakan di kandangin


Kalo menurut ane pake holder atau di pegang langsung memang akan bikin fokus kita agak terpecah gan, walaupun mungkin cuma sepersekian detik ya. Ya semoga aja ada kebijakan lebih lanjut terkait hal ini ya gan. Yang terpenting semoga kebijakannya terbaik untuk kita semua emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
11-02-2019 09:13
Balasan post rizkiToy
Quote:Original Posted By rizkiToy
menurut ane ada yg lebih penting daripada ini dah.. contohnya tilangin aja dulu tuh yg nelpon sambil berkendara.. masalah menggunakan GPS tanpa menggunakan seorang navigator bisa cukup diatasi dengan adanya holder.


Kalaupun pake holder kadang fokus kita tetep terpecah gan karena kan harus tetep lihat ke arah Hp yang ada di holder. Itu si menurut ane ya gan. Tapi kita lihat nanti deh mengenai kebijakan ini. Semoga ada kelanjutan dari kebijakan ini ya gan emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
11-02-2019 09:15
Balasan post erwaleste
Quote:Original Posted By erwaleste



Biasa kalau buat aturan mah gitu, nanti kalau uda didemo rame2 bikin jalanan macet baru direvisi aturannya emoticon-Mad


Yah kita doain aja gan semoga ada kelanjutan dari kebijakan ini. Semoga ada pertimbangan-pertimbangan lain.
0
Lapor Hansip
11-02-2019 11:53
tggl di matiin aja
0
Lapor Hansip
11-02-2019 11:54
tggl di matiin aja
0
Lapor Hansip
11-02-2019 12:33
Balasan post rutafxmen
Quote:Original Posted By rutafxmen
tggl di matiin aja


Kalo ini si balik ke pilihan masing-masing ya gan
0
Lapor Hansip
11-02-2019 16:29
gampang sebenernya, tinggal setting tujuan, trus colok handsfree tinggal dengerin disuruh belok kemana sama nona GPSnya, eh tapi dasar oknum nanti udah pake headset ditilang juga karena dikira dengerin lagu bikin ga konsen juga, jadi serba salah dah..
teknologi udah maju malah dilarang.. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
0
Lapor Hansip
11-02-2019 20:22
Apakah di luar negeri juga ada aturan seperti ini

Ketawa aja td lihat siaran yg bahas ini
Jawaban nya muter2
0
Lapor Hansip
12-02-2019 07:37
berarti walaupun di headunit tetep gak boleh ya?
0
Lapor Hansip
12-02-2019 08:25
Balasan post agylsundana
Quote:Original Posted By agylsundana
gampang sebenernya, tinggal setting tujuan, trus colok handsfree tinggal dengerin disuruh belok kemana sama nona GPSnya, eh tapi dasar oknum nanti udah pake headset ditilang juga karena dikira dengerin lagu bikin ga konsen juga, jadi serba salah dah..
teknologi udah maju malah dilarang.. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)


Serba salah ya gan emoticon-Big Grin semoga nantinya ada solusi yang lebih baik
0
Lapor Hansip
12-02-2019 08:27
Balasan post gikogaza
Quote:Original Posted By gikogaza
Apakah di luar negeri juga ada aturan seperti ini

Ketawa aja td lihat siaran yg bahas ini
Jawaban nya muter2


Wah kalo di luar negeri ane belum tahu nih gan. Yah semoga ada solusi yang lebih baik dari ini ya gan emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
12-02-2019 08:40
Balasan post flixcore
Quote:Original Posted By flixcore
berarti walaupun di headunit tetep gak boleh ya?


Kayanya si begitu gan. Tapi agan masih bisa pake GPS kok, selama ada orang lain yang lagi sama agan dan orang itu yang kasih arahan ke agan. Tapi kita tunggu kelanjutannya ya gan. Semoga ada solusi yang lebih baik emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
12-02-2019 08:42
Quote:Original Posted By officialgarasi
Kayanya si begitu gan. Tapi agan masih bisa pake GPS kok, selama ada orang lain yang lagi sama agan dan orang itu yang kasih arahan ke agan. Tapi kita tunggu kelanjutannya ya gan. Semoga ada solusi yang lebih baik emoticon-Smilie


ngeledek ane lu gan? Ane jomblo biasa nyetir sendiri emoticon-Turut Berduka mending nyetir rally aja lah kalo gtu yang butuh navi.. gak selamanya harus ada navi itu yang harus disesuaikan peraturannya..
0
Lapor Hansip
12-02-2019 10:17
Balasan post flixcore
Quote:Original Posted By flixcore


ngeledek ane lu gan? Ane jomblo biasa nyetir sendiri emoticon-Turut Berduka mending nyetir rally aja lah kalo gtu yang butuh navi.. gak selamanya harus ada navi itu yang harus disesuaikan peraturannya..


Yah maaf deh gan ane gak tau emoticon-Belo tapi kan bisa ajak temen agan kalo emang agan mau pergi ke lokasi yang agan belum tahu pasti emoticon-Big Grin
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.