alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5a7ceea2d19556f4083996/mengulik-polemik-jalan-tol-indonesia
Lapor Hansip
06-02-2019 13:21
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
Past Hot Thread
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : google

Kalian tahu kan hampir setengan dekade terakhir ini pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat signifikan. Terlebih soal pembangunan Jalan Tol, dalam masa pemerintahan Kabinet Kerja eranya Pak Jokowi ini menargetkan penambahan ruas jalan tol sepanjang 1.060 km. Pada akhir tahun 2018 kemarin telah terealisasikan penambahan ruas jalan tol sepanjang 422 km. Mungkin kalian bahkan sudah menikmati jalan tol yang baru saja dibangun ini. Enak nggak? Mahal nggak?emoticon-Wow
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : katadata.co.id


Yang namanya infrastruktur itu penting banget bagi suatu negara. Pembangunan infrastruktur bisa menciptakan lapangan kerja yang banyak, mulai dari arsitek sampai penjual makanan buat para pekerja bangunannya. Dengan adanya infrastruktur ini akan membuka akses ke daerah sehingga pengiriman barang jadi lancar. Nantinya akan terjadi pemerataan ekonomi. Pemerataan ekonomi ini akan ditunjang dengan adanya pemerataan pembangunan. Begitu pentingnya infrastruktur ini maka negara usaha banget untuk membangunnya. Supaya kalau kita darurat pergi ke rumah sakit bisa langsung cuss tanpa kendala, kalau mau pergi ke mana juga ada aksesnya yang mudah, mau pulang kampung juga jadi lebih efektif dan efisien, serta kepentingan lainnya.

Masalahnya dalam pembangunan infrastruktur ini adalah keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Keterbatasan APBN dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengan Nasional (RPJMN) 2015-2019 ini menyebabkan adanya selisih pendanaan (funding gap) yang harus dipenuhi. Makanya pemerintah memutar otak bagaimana caranya supaya pembangunan infrastruktur kita tetap bisa terealisasikan walau ada kendala tersebut. Nah salah satu cara yang dipilih pemerintah adalah dengan menerapkan skema Public Private Partnership (PPP). PPP ini adalah skema kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta untuk membangun fasilitas publik yang diikat dengan perjanjian. Kalau di Indonesia dikenalnya dengan istilah KPBU yaitu Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Dengan adanya KPBU ini nanti sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha yang diajak kerjasama dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak. Ada aturannya lho, di Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015.

Skema KPBU memungkinkan Badan Usaha untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur baik secara penuh atau sebagian saja. Ini bukan berarti pemerintah menjual infrastruktur ke pihak lain ya, ini namanya disekuritasi, dikerjasamakan. Pembebasan lahan tetap dilakukan oleh pemerintah sendiri, jadi asetnya tetap milik pemerintah.

Lalu apakah tarif jalan tol yang masuk dalam infrastuktur yang gencar dibangun ini mahal? Apakah pihak swasta sengaja meraup keuntungan banyak dengan memanfaatkan tarif jalan tol?
Mahal atau tidak itu relatif ya. Tapi duduk perkara yang jelas adalah pihak yang menentukan tarif jalan tol adalah pemerintah yang dalam hal ini dilakukan oleh Kementerian PUPR. Jadi apa mungkin pihak swasta sengaja meraup keuntungan dengan memanfaatkan tarif jalan tol padahal pemegang konsesi bukan di tangan mereka? Penetapan tarif jalan tol sendiri harus memerhatikan ongkos investasi dan inflasi. Tidak semudah itu Ferguso.emoticon-Big Grin #MakanTuhJalanTol

Banyak sekali keluhan dari masyarakat mengenai tarif jalan tol ini. Terlebih untuk tarif kendaraan golongan lima yang dinilai sangat mahal. Karena hal itu banyak sopir truk yang enggan melewati jalan tol padahal secara nyata jalan tol dapat memangkas waktu tempuh perjalanan. Menggunakan jalan tol juga dapat memperjelas biaya transportasi yang diperlukan. Jika mempertimbangkan efisiensi waktu, maka jalan tol seharusnya menjadi pilihan yang terbaik.
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : google


Jika jalan tol kurang diminati oleh masyarakat, maka goals yang telah dirancang oleh pemerintah tidak tecapai. Infrastruktur yang dibangun untuk kebutuhan masyarakat tidak berfungsi jika tidak ada yang mau memanfaatkan. Pemerintah seharusnya gercep untuk menangani hal ini.

Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : katadata.co.id

Tapi balik lagi pada permasalahan tarif, pengaturan tarif ini ditetapkan dengan perhitungan yang memerlukan banyak pertimbangan. Jika masih dianggap mahal maka pemerintah bisa mengadakan subsidi. Tapi apakah subsidi ini perlu? Bagaimana pertimbangannya?

Segitu aja ya, semoga thread ini bermanfaat. Semoga minat untuk lewat jalan tol meningkat. Biar bisa jadi alternatif yang recomended gitu. Enggak dipolitisasi terus.
Makasih udah mampir. emoticon-Big Kiss

Referensi
DJKN
detik
katadata
Diubah oleh karencita
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
Lapor Hansip
11-02-2019 16:27
selalu ada dampak positif dan dampak negatif emoticon-Salaman
Diubah oleh sayzon
0
Lapor Hansip
11-02-2019 16:27
Semua gara gara Jokowi emoticon-Blue Guy Bata (L)
1
Lapor Hansip
11-02-2019 16:42
Quote:Original Posted By cendskak


yah, poinnya menurut saya loh... tanpa embel2 parpol .. wkwkwkwkw
yg kita bayar buat tol itu adalah bunga pinjaman dan pengelolaan dan berbagai hal lain yg menunjang.

jika tol djdikan lahan exploitasi bisnis.. itu yg menyulitkan, karena bisnis tujuann utamanya ya laba... ya, tambah membengkak lah tarif toll...

yoi gan.. bosen apa2 dipolitisasi emoticon-Nohope

kayak jalan tol gitu menurut ane ga melulu bisnis sih, yg namanya jalan tol kan masuk kategori infrastruktur emoticon-Malu
dan infrastruktur itu kan tujuannya buat penggerak ekonomi wilayah
konsep yg ane tangkep (cmiiw), seharusnya kan dgn adanya jalan tol maka ekonomi meningkat, trus produksi bertambah, revenue juga bertambah dan efeknya pajak juga nambah buat bayar utang pembangunan infrastruktur tsb

tapi kenyataannya perhitungan di atas kayaknya sering gak tepat alias meleset.. ato mungkin abis kena garong koruptor emoticon-Mad:
jadinya pertumbuhan ekonomi gak sesuai target sehingga lagi2 rakyat kayak kita2 gini yg kudu nombokin emoticon-Nohope
disini yang untung siapa?ya yg ngasih pinjaman broo.. kita diekploitasi ama lembaga2 funding

tapi ya mau gimana lagi.. kalo mau ga dieksploitasi ya harus no minjem2 alias berdikari emoticon-Nohope

cmiiw lho ya
2
profile picture
Lapor Hansip
11-02-2019 16:42
Semoga yg terbaik yah
0
Lapor Hansip
11-02-2019 16:44
nyimak dulu deh, berhubung ane jarang make jalan tol
0
Lapor Hansip
11-02-2019 16:59
Balasan post cendskak
kalo gak ada pajak berarti gak ada pembangunan karena pemerintah gak punya uang. kalo mau pinjem ya kudu bayar cicilannya, sumbernya ya dari pajak juga. wajar saja kalo masuk tol kudu bayar karena jalan tol adalah jalan prioritas, ibaratnya membuka lahan baru, bukan memanfaatkan infrastruktur lama.csampe situ dulu deh logika ogut.
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:00
setuju sih sama dibagun jalan tol, tapi bagi kaum mesqueen macam ane gini, tol gak kepake gan emoticon-Frown tol cuma buat org yg punya mobil dan berduit apalah daya ane xixi
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:01
Sangat membantu perjalanan jadi lebih cepat , tapi untuk masalah harga memang seharusnya bisa lebih murah biar selain hemat waktu sekaligus hemat biaya..
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:03
mahal itu relatif, yang penting bisa bayar.
😂😂🤣
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:15
kalo ane secara pribadi terbantu banget hehehe, moga yang lain juga emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:15
harus nya yg di tingkatin SDM rakyat nya dulu... jadi bisa bangun infrastruktur sendiri, jadi ngga perlu utang...
Mengulik Polemik Jalan Tol IndonesiaMengulik Polemik Jalan Tol IndonesiaMengulik Polemik Jalan Tol Indonesia

Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia

Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:17
Klw sepi yg lewat tol itu, kapan BEP nya? Sedangkan hutang buat bangun hrus segera d bayar
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:37
Quote:Original Posted By lasealwin
mahal itu relatif, yang penting bisa bayar.
😂😂🤣


bayar bisa lewat
ga bayar lewat auto diciduk emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
11-02-2019 17:48
jgn selalu menyalahkan pemerintahan skrg... menurut gw pemerintahan yg dulu kmn aja? ini ngeliat dlm 4 tahun ini apa saja yg sdh dicapai yah...

4 tahun bisa mencapai sbyk ini... yg dulu2 itu kmn aja? apalagi yg 32 tahun itu?

ok... seinget gw dulu waktu pilpres 2014 jokowi mengatakan sbnrnya blueprint pembangunan indonesia ke depan itu mau spt gmn itu sdh ada sejak tahun 60an kalau gak salah inget... namun yah itu dijalankan gak? blueprint udh ada.. mau di bawa kmn bangsa ini udh ada... tp yah loe tahu sendiri... org hrsnya dr tahun 70 apa 80an jkt udh punya moda transportasi model mrt sejenisnya kenapa br skrg...


jd tolong gw gak bela siap2 disini .. cmn gw minta loe org fair donk menilainya... jgn apa2 salah apa2 salawi... inget org laen udh mikir gmn bs tinggal di mars... kita msh aja ribut...
2
Lapor Hansip
11-02-2019 17:52
Selama fasilitasnya worth it sih gak masalah, tapi.....
Diubah oleh dengarradioid
0
Lapor Hansip
11-02-2019 18:18
Quote:Original Posted By kpurbowaseso
harusnya sih harga2 sembako bisa turun dg adanya tol


Turun biji mana kamcut lu? iya kalau liwat toll nya gretong mungkin bisa harga turun, lha ini bayar, mahal pulak..
0
Lapor Hansip
11-02-2019 18:45
Bagus sbnrnya supaya distribusi barang makin cepat.
0
Lapor Hansip
11-02-2019 18:47
Menurut ane pemerintahan saat ini itikadnya bagus, ga selalu ambil kebijakan yang populer, pemerataan pembangunan. Berpikiran positif aja gan. Menurut ane negara kita on the track kok
0
Lapor Hansip
11-02-2019 18:51
Quote:Original Posted By redhaonbass
Kalo harga sembako turun, pendapatan petani turun gak sih?


bisa turun bisa enggak bree. Contoh yang nggak itu kalau harga sembako turun disertai penurunan harga pupuk, bibit, dan sejenisnya. Bisa juga turun dari dikuranginya peran tengkulak sehingga keuntungan petani bisa dimaksimalkan. emoticon-Keep Posting Gan
0
Lapor Hansip
11-02-2019 18:53
yah terserah dah... yg penting ane mah punya duit lewat tol, kaga punya ya lewat bawah.... btw ane gas solo jakarta 7 jam bray... solo surabaya 2jam.45menit...ane golput bray.. tp alangkah baiknya kalo sudah punya tol.. distribusi barang bisa segera cepat sampai desa...
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.