riandyogaAvatar border
TS
riandyoga
Dengan Teleskop Baru, Ilmuwan Klaim Dapat Melihat Alam Semesta Lebih Jauh
Hai GanSis!! Apa kamu punya rahasia selama hidup di dunia? Tentu punya dong ya. Dunia ini aja punya rahasia, masa penghuninya gak punya rahasia. Hahaha.. Apaansih gue..

Quote:


Oke GanSis, tentu kita tahu sama tahulah dunia atau alam semesta ini masih menyimpan banyak rahasia. Bahkan sampai kita semua meninggalkan dunia ini, boleh jadi rahasia dunia ini belum terungkap semua.

Namun itu semua tidak menyurutkan semangat Manusia dalam usaha mengungkap rahasia dunia ini. Meskipun kita tahu, hal itu tidaklah cukup. Pokoknya usaha aja dulu.

Awal tahun 2019 kita sudah mendengar kabar suksesnya para ilmuwan menguak 'misteri' di ujung Tata Surya dan sisi gelap Bulan. Saya juga sudah bikin Threadnya. GanSis bisa lihat threadnya disini (titik terjauh Tata Surya) dan disini (sisi gelap Bulan).

Seakan tidak ada puasnya. Ilmuwan kembali mencoba lebih mengeksplorasi alam semesta ini. Namanya juga manusia ya, sifat penasarannya gede.

Nah, kalau cuma rasa penasaran saja gak cukup ya. Perlu usaha konkret untuk mencapai tujuan menguak misteri alam semesta ini. Selama ini kita hanya lihat dunia pakai mata biasa, tapi belum pernah lihat pakai mata yang gak biasakan?

Quote:


Nah, namanya 'James Webb'. Dia bukan saudaranya Howard Webb (wasit EMYU). Hmm..???



James Webb ini nama dari teleskop antariksa yang diklaim salah satu paling canggih saat ini. Teleskpop ini digadang mampu membantu para pakar NASA melihat lebih jauh alam raya. Bahkan, mampu merubah persepsi kita selama ini terhadap alam semesta.

Nah loh, gimana bisa? Apasih keunggulan teleskop James Webb ini dibanding teleskop yang sudah-sudah?

"Teleskop James Webb khusus dirancang menggunakan gelombang sinar infra merah. Ini pernah kami gunakan sebelumnya, tapi belum pernah seperti cara yang akan kami gunakan dalam teleskop baru ini. Kami berharap akan bisa memperluas pengertian kita tentang alam raya dengan alat ini," kata Dr. Stephen Wilkins dari Universitas Sussex di Inggris.

Jadi keunggulan utama yang ada pada teleskop James Webb ini ialah infra merah. Meskipun infra merah bukanlah suatu hal baru, namun aplikasi pada sebuah teleskop antariksa memungkinkan para pakar melihat lebih jauh ke alam semesta dan tentunya menemukan hal baru.

Hal tersebut bisa terjadi, sebab gelombang infra merah tidak menyebar seperti cahaya lain yang biasa kita lihat, ketika gelombang melalui lapisan gas dan debu. Karena itu teleskop James Webb bisa melihat lebih jauh dan lebih jelas.

"Teleskop Webb akan membuka mata kita guna bagi hal-hal baru yang belum pernah terlihat sebelumnya. Teleskop itu mula-mula akan diarahkan ke galaksi-galaksi yang paling jauh di alam raya. Karena jarak yang sangat jauh itu, kita hanya akan bisa melihatnya dengan menggunakan gelombang sinar infra merah,” ujarnya.

Untuk urusan head to head dengan teleskop lain. Misalnya dengan teleskop Hubble, teleskop James Webb ini masih lebih baik dibanding teleskop yang sudah bertugas sejak 1990 itu. James Webb ini disebut memiliki cermin 5 kali lebih besar dibanding teleskop Hubble. Nantinya akan diletakkan dijarak 1,5 juta km dari Bumi agar bisa melihat objek antariksa yang lebih redup. Jadi kalau soal spesifikasi dan fitur, James Webb lebih unggul dan gak perlu diragukan. Buruan dibeli, senin harga naik *kok jadi jualan*.

"Teleskop ini punya cermin yang lima kali lebih besar dari yang dipasang pada Hubble, dan akan ditempatkan kira-kira 1,5 juta km dari bumi sehingga bisa melihat benda-benda langit yang lebih redup," imbuh Wilkins.

Tapi nih GanSis, untuk melihat hasil potretan teleskop James Webb ini. Warga Bumi masih perlu bersabar. Pasalnya Teleskop James Webb baru akan diluncurkan tahun 2021 dan diperkirakan akan mengubah cara manusia melihat alam raya.

Kita tungguin saja nih GanSis, seperti apasih teleskop James Webb ini mampu mengubah cara pandang kita-kita terhadap alam semesta ini.

Oleh Rianda Prayoga. Binjai, 31 Januari 2019

Spoiler for Sumber & referensi:
Diubah oleh riandyoga 31-01-2019 02:57
9
7.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.