News
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5e8135a2d1957df61bc11d/bagasi-pesawat-berbayar-ekonomi-ri-dapat-ancaman
Jakarta - Industri pariwisata di Indonesia terancam jalan di tempat akibat harga tiket pesawat yang naik dan bagasi berbayar. Hal ini tentu bisa berdampak ke ekonomi Indonesia lantaran salah satu sektornya terkontraksi. Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan dengan adanya bagasi berbayar dan harga tiket pesawat yang tinggi maka akan mempengaruhi kunjungan wisatawan baik mancanegara
Lapor Hansip
09-02-2019 14:28

Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'

Jakarta - Industri pariwisata di Indonesia terancam jalan di tempat akibat harga tiket pesawat yang naik dan bagasi berbayar. Hal ini tentu bisa berdampak ke ekonomi Indonesia lantaran salah satu sektornya terkontraksi.

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan dengan adanya bagasi berbayar dan harga tiket pesawat yang tinggi maka akan mempengaruhi kunjungan wisatawan baik mancanegara dan wisatawan lokal.

"Kalau harganya tinggi, orang akan mengurangi jalan-jalan dan ini akan berdampak pada pariwisata nasional. Jadi target kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal pasti akan turun," ujar Bhima dalam diskusi di Cikini, Sabtu (9/2/2019). Pemerintah tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang.


Baca juga: Harga Avtur Hingga Dolar Jadi Sebab Tarif Kargo Udara Naik


Memang Peraturan mengenai bagasi berbayar tertuang dalam Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam aturan tersebut, kelompok penerbangan full service tak akan dikenakan biaya bagasi maksimal 20 kg, kelompok medium service maksimal 15 kg. Sementara khusus penerbangan berbiaya murah (LCC) dapat dikenakan biaya.

Lion Air dan Wings Air tak lagi menerapkan fasilitas bagasi gratis bagi penumpang sejak 22 Januari 2019.

Menurut Bhima jika pemerintah berniat untuk menaikkan sektor pariwisata maka dibutuhkan harga tiket pesawat dan penundaan bagasi berbayar.

"Tidak harus murah, tapi kalaupun ada kenaikan ya secara gradual. Sekarang pariwisata itu bisa jadi tulang punggung perekonomian," imbuh Bhima.

Apalagi saat ini, generasi milenial di Indonesia sedang gencar untuk berwisata atau jalan-jalan ke destinasi di seluruh Indonesia. Dengan harga tiket yang mahal dan bagasi berbayar, maka akan terjadi penurunan permintaan tiket pesawat.



https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4420652/bagasi-pesawat-berbayar-ekonomi-ri-dapat-ancaman




Komen alay2 tukang selfie dan salaman = makanya inovasi dan ikutin zaman dong,zaman sekarang orang2 kemana2 naik magic carpet
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
09-02-2019 20:30
Quote:Original Posted By esaka.kedua


Ada nastaik goblok yg ngebata, ane ijoin deh.


Dah ane balas breh....

emoticon-Ngakak
0 0
0
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
09-02-2019 22:15
ya cuma nambah dikit juga ribet, bawa seadanya aja yang penting cukup kalo mau liburan
0 0
0
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
10-02-2019 04:31
Quote:Original Posted By ganesha09part7
Maskapai merugi?

Kalo ada waktu cek pesawat lcc singapore bangkok.,babdingin jarak tempuh mereka sama dengan lcc lokal


Yang kita bahas maskapai lokal emoticon-Embarrassment

Dari awal kan bahasan nya maskapai lokal Bray hahahaha

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
10-02-2019 07:55
Quote:Original Posted By ganesha09part7
Memang maskapai lokal,tapi buat perbandingan ya pakai maskapai luar,

kalo ga bandinging dengan maskapai luar,dan ikut omongan pemerintah dan maskapai lcc lokal,..

ya berarti sama aja kita dibodoh2in mereka

Soalnya dalam hal ini pemerintah serta konco2nya yg ciptain sendiri setan dan malaikatnya


Lha iya makanya gua sebut masih ada adaptasi.

Maskapai sini akan mikir gmn soal efisiensi, calon penumpang lagi mikir gmn bayar biayanya.

Jangan langsung dibawa ke urusan perbandingan dengan maskapai luar.

Gak sekalian lu bandingin kenapa cangkul bikinan Indonesia lbh mahal drpd China??

emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
10-02-2019 08:38
Quote:Original Posted By drs.obama
Maskapai khususnya raja singa menurut terawangan ane yang bikin morat marit masalah harga, dan penyebabnya adalah setoran buat pilpres...tepatnya buat wiwi. Sebuah harga yang harus dibayar demi keselamatan bersama, maka jangan beharap menhub bisa mengatasi masalah ini...

emoticon-Tai


nah ini baru masuk akal
0 0
0
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
10-02-2019 09:07
Quote:Original Posted By ganesha09part7
Adaptasi apanya skrg?

Apa hubungannya cangkul sama pesawat?

Emang lcc indo sama luar beda produk pesawatnya?

Kalo bukan bawa lcc luar jadi perbandingannya? Bawa apa lagi? Bandingin sama bus arau kapal laut?

Maskapai disini mikirin efisiensi? Gud luck..selagi di monopoli sama tukang selfie dan konco2nya..ga ada mereka repot2 mikirin efisiensi


Bandara jadi sepi itu bentuk adaptasi dari sisi penumpang. Kalau jadi kemahalan ya pada gak naik pesawat lah emoticon-Embarrassment

Lha ya jelas gua bawa logika cangkul, karena ente bawa logika LCC negara lain yang belum tentu bisa head to head kondisinya.

emoticon-Ngakak

Makanya kita lihat saja ntar mana yang lebih kuat. Penumpang atau Maskapai. Atau akan ketemu titik tengahnya.

Soal ternyata kelak makin sedikit penumpang namun maskapai tetap untung dan hidup seperti jaman dahulu, ya gpp juga kan.

Makin sedikit yg bisa selfie selfie di apron bandara

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagasi Pesawat Berbayar, Ekonomi RI Dapat 'Ancaman'
10-02-2019 12:28
semenjak harga tiket naik, pesawat semakin kencang dan kursi semakin lapang buat orang gemuk sebab kursi pesawat banyak yang kosong. naik pesawat sekarang sensasinya serasa transportasi premium kayak pertama aku naik pesawat tahun 2001.
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia