londo.046
TS
londo.046
Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Quote:


Seorang bikers yang baik, harus mengenal kendaraannya. OK, sekarang memang ada mekanik yang siap membantu perawatan kendaraan anda. Tapi tidak ada salahnya jika seorang bikers bisa melakukan perawatan ringan pada kendaraannya. Selain untuk jaga-jaga jika suatu saat ada kendala di jalan, juga untuk lebih mengenal kendaraan yang ditungganginya. Berikut daftar keterampilan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang bikers. Cekidot gan!



Pertama, bisa melepas, memasang dan mengecek kondisi busi kendaraan. Keterampilan ini sangat berguna saat motor mengalami trouble di jalan. Hal pertama yang dicek adalah kondisi busi. Apakah masih layak dan bagus dalam melakukan pembakaran atau tidak. jika dicek "percikan apinya lemah"bisa dipastikan busi bermasalah.

Pengetahuan soal warna busi juga penting untuk mengetahui pembakaran di motor sudah ideal atau belum. Lihat saja kepala busi yang tertanam dalam blok silinder. Warna ideal yang menandakan pembakaran sempurna adalah merah bata. Jika terlalu basah dan agak kehitaman, setting BBM terlalu boros. Jika kering, keputih-putihan, artinya BBM nya terlalu sedikit yang masuk ruang bakar. Menyebabkan panas mesin meningkat.



Kedua, bisa mengganti oli mesin sendiri. Saya kira ini keterampilan paling mudah, tapi banyak juga yang salah dan tidak paham. Dengan mengganti oli sendiri, kita bisa lebih yakin pelumas yang masuk motor kita terkontrol dengan baik. Jangan pakai alasan tidak punya kuncinya. Beli kan bisa. Smartphone jutaan kebeli, masak kunci ring untuk buka oli yang harganya paling puluhan ribu tidak terbeli?



Ketiga, bisa memasang kampu. Baik depan, belakang, sign kanan-kiri. Keterampilan ini juga harus diimbangi dengan ketelatenan dan kesabaran dalam membuka-pasang body motor. Keterampilan ini berguna saat kita jalan jauh, tiba-tiba lampu mati dan jauh dari bengkel. Asal kita punya cadangan lampu, bisa kita pasang sendiri. Ingat, jalan di malam hari tidak pakai lampu itu bahaya. Salah-salah nyawa taruhannya.

Jalan siang hari pun rawan kena tilang, karena melanggar aturan lights ondari Pak Polisi. Tidak sulit untuk menguasai keterampilan ini. Hanya butuh kesabaran dan latihan saja.



Terakhir, bisa mengenali suara-suara "aneh" dari mesin. Sepeda motor tidak selalu ada dalam kondisi prima. Bikers yang baik, harus tanggap dengan perubahan suara yang keluar dari mesin. Jangan suara mesin sudah seperti gilingan padi, masih di gass saja. Ingat, komponen dalam mesin apabila ada yang "kena" dan tidak segera ditangani akan merembet ke komponen lain.

Misal, ring piston yang aus akan menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran. Selain mengeluarkan asap putih seperti fogging, kinerja piston juga menjadi berat karena pembakaran tidak sempuna. Lha ada oli yang seharusnya tidak ada di ruang bakar kok. Kalau piston kerja keras terus menerus, masa pakainya tentu semakin singkat, ganti juga kan?



Well, bagaimana cara kita agar bisa menguasai keterampilan dasar di atas? Beli alatnya, tidak takut mencoba dan yang paling penting, saat anda berkunjung ke bengkel, coba perhatikan cara kerja mekanik. Jika anda tidak tahu dan ingin tahu apa yang mekanik kerjakan, silahkan tanya. Mekanik yang baik, tidak akan pelit untuk berbagi ilmu. Bagaimana? Sudahkan anda punya keterampilan di atas? Atau anda tipe bikers yang tahunya gass, tanpa paham kendaraan anda sama sekali? Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini, sini
bayuarifs
bayuarifs memberi reputasi
23
12.1K
108
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.