alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c4d497e26377201f135960d/bukan-untuk-perang-senjata-nuklir-rencananya-akan-digunakan-untuk-selamatkan-bumi
Lapor Hansip
27-01-2019 13:02
Bukan Untuk Perang, Senjata Nuklir Rencananya Akan Digunakan Untuk Selamatkan Bumi
Past Hot Thread
Hai GanSis!! Saya pribadi mengikuti perkembangan dunia astronomi sukanya bagian yang seperti ini, ada hubungannya dengan keberlangsungan hidup umat Manusia. Manusiawi banget kan, nampak parno nya sama asteroid yang nambrak Bumi.

Info menarik dari dunia astronomi kali ini bisa dibilang cukup unik, Kenapa unik? Karena berkaitan dengan dua hal yang sama-sama berpotensi memusnahkan makhluk hidup. Yakni Asteroid dan senjata Nuklir.

Quote:Bukan Untuk Perang, Senjata Nuklir Rencananya Akan Digunakan Untuk Selamatkan BumiIlustrasi Asteroid © Getty Images

Wajar sih bila ada rasa kekhawatiran Manusia bahwa ada objek luar angkasa semisal asteroid yang berpotensi menabrak Bumi. Kabar baiknya, asteroid ini bisa dihadang menggunakan senjata nuklir yang dikenal juga sebagai senjata pemusnah massal.

Ada sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa ada prediksi sebuah asteroid akan menghantam Bumi pada 2135. Nama asteroid ini Bennu ukurannya sekitar 500 meter. Dan kabar buruknya NASA disebut belum mampu menghadang asteroid tersebut menabrak Bumi.

Quote:Bukan Untuk Perang, Senjata Nuklir Rencananya Akan Digunakan Untuk Selamatkan BumiPara ilmuwan memperingatkan bahwa NASA tidak bisa menangkal Asteroid Bennu pada 2135. © NASA/Daily Mail


Tapi tenang dulu, setidaknya asteroid tersebut tidak menabrak Bumi dalam waktu dekat. Kemungkinan asteroid ini menabrak Bumi yakni 1 berbanding 2700 kemungkinan menabrak Bumi satu abad mendatang.

Meskipun demikian, para peneliti sudah bersiap diri dari sekarang untuk kemungkinan terburuk.

Peneliti menyebutkan nyaris tidak ada cara untuk menghadang asteroid yang menabrak Bumi. Kecuali melakukan cara yang digunakan dalam film Armageddon. Senjata Nuklir. Tepat sekali!

Quote:Bukan Untuk Perang, Senjata Nuklir Rencananya Akan Digunakan Untuk Selamatkan Bumigambar © gethub

Oke, sebelum membahas lebih jauh penggunaan senjata nuklir untuk menghadang asteroid. Ada baiknya kita mengenal apa itu senjata nuklir.

yang jelas senjata nuklir bukanlah ledakkan yang sama seperti ledakkan dari bubuk mesiu seperti petasan ditahun baru atau bahkan seperti bom-bom konvensional.

Sebuah ledakan nuklir sebenarnya merupakan bentuk pelepasan energi yang nggak terkontrol saat atom-atom dari unsur berat macam Plutonium(Pu239) dan Uranium (U235) saling bertabrakan, meluruh, dan terpecah menjadi unsur-unsur ringan kayak Kripton atau Barium. 

proses peluruhan unsur-unsur berat ini melepaskan energi dalam jumlah sangat besar yang berbentuk ledakan, cahaya sangat terang, dan suhu sangat panas yang kita kenal sebagai ledakan nuklir. Nah, partikel-partikel yang terlepas ini selanjutnya bereaksi dengan atom-atom gas di udara dan menghasilkan gelombang listrik merusak yang terpancar ke segala arah. Inilah yang selanjtunya membuat korslet berbagai peralatan listrik di area sekitar ledakan.

Nah, yang bahaya dari senjata nuklir ini ialah EMP (Elektromagnetic Pulse). Dapat menimbulkan aliran listrik yang merusak. Disamping itu ada gelombang kejut dan radiasi peng- ion yang menjadi ciri khas dari dampak senjata nuklir.

Mungkin kita lebih akrab dengan penyebutan bom atom. Mengingat peristiwa di Hiroshima dan Nagasaki di akhir perang dunia 2.

Tahukah kamu kini, bom atom sudah berkembang dari puluhan tahun silam. Kini kita bisa mengenal yang namanya bom hidrogen atau termonuklir. Dan yang bikin mata membelalak, kekuatan senjata nuklir kini berkali lipat dari sebelumnya.

Sebutan bom atom mengarah ke bom atom dengan kekuatan kiloton atau ribuan ton TNT. Sementara termonuklir mencapai megaton atau jutaan ton TNT.

Wagelaseh!! Kalau uda ngomongini senjata nuklir. Segitu aja ya sekilas pengenalan tentang senjata nuklir.


Kembali lagi fokus ke asteroid. Seumpama ada asteroid yang akan nabrak Bumi berkuran 650 kaki atau 200 meter. Maka dibutuhkan senjata nuklir berkekuatan 3 megaton untuk meleyapkan asteroid.

Untuk gambaran aja. Bom atom yang pernah dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki selama perang dunia II memiliki hasil eksplosif sekitar 15 kiloton dan 20 kiloton. Satu megaton setara dengan 1.000 kiloton.

Whaa.. Berarti masih kurang dong ya buat ngancurin asteroid. Tapi tenang aja, so far sudah ada bom bertenaga nuklir yang bekekuatan paling besar yang pernah diuji coba, sekalipun belum digunakan secara langsung ke medan perang (eh, kalau itu ya jangan donk).

Bukan Untuk Perang, Senjata Nuklir Rencananya Akan Digunakan Untuk Selamatkan Bumi

Senjata nuklir paling kuat yang pernah dibangun, bom hidrogen "Tsar Bomba" dari Uni Soviet, menghasilkan sekitar 50 megaton. Kalau dengan ini kira-kira sudah lebih dari cukup kan. Tinggal pertanyaan kini gimana nembakkan senjata nuklir ini ke asteroid? Apa perlu pakai rudal nuklir Korea Utara yang katanya bisa menjangkau seluruh dunia?

Untuk studi baru ini, para periset memproduksi asteroid buatan kecil, mendasarkan struktur dan komposisinya pada sebongkah batuan antariksa yang meledak di kota Chelyabinsk Rusia pada bulan Februari 2013. Meteor yang digunakan tim tersebut ditemukan dari dasar Danau Chebarkul Rusia.

Tim peneliti kemudian menempatkan asteroid buatan mereka, yang memiliki berbagai bentuk, di ruang vakum dan menyerangnya dengan pulsa laser singkat. Para ilmuwan menemukan bahwa ledakan laser 500 joule per gram diperlukan untuk memecah batuan model jadi 0,3 inci hingga 0,4 inci (8 sampai 10 milimeter), jika ledakan itu diarahkan ke rongga di "asteroid”. Tanpa rongga, energi yang diperlukan adalah sekitar 650 joule per gram.

Para peneliti membuat skala hasil ini untuk sampai pada kesimpulan mereka mengenai asteroid  berukuran 650 kaki.

Studi baru ini - yang diterbitkan dalam Journal of Experimental and Teoretical Physics edisi Rusia - akan segera muncul dalam jurnal versi bahasa Inggris.

Sementara NASA punya HAMMER untuk diandalkan dalam misi ini. Dalam laporan penelitian ilmuwan NASA dan Badan Nasional Keamanan Nuklir, mereka mengungkapkan rencana taktis mitigasi bencana dalam program Hypervelocity Asteroid Mitigation Mission for Emergency Response (HAMMER).

Pesawat luar angkasa HAMMER ini mungkin bisa digunakan untuk menjangkau asteroid berukuran kecil atau sebagai pesawat pengangkut bom nuklir lewat kendali jarak jauh. 

Dimasa depan nantinya uji coba studi ini bisa dilakukan langsung ke batuan-batuan luar angkasa. Tentunya eksperimen langsung ke lapangan agar lebih mendalam mengenali bentuk asteroid dan rongganya untuk pengaruh terhadap nuklir.

"Kami juga melihat kemungkinan untuk membelokkan sebuah asteroid tanpa menghancurkannya dan berharap untuk keterlibatan internasional," ujar salah satu penulis studi Vladimir Yufa, seorang profesor di departemen Fisika Terapan dan departemen Sistem Laser dan Bahan Terstruktur di Institut Fisika dan Teknologi Moskow.

Kedengarannya memang lebih soft membelokkan arah asteroid yang berpotensi menabrak Bumi, alih-alih meledakkannya. Namun hal tersebut baru bisa dilakukan sejauh ukuran asteroid memungkinkan. Misalnya nih, ada asteroid ukuran lumayan besar dan potensi menabrak Bumi baru terdeteksi beberapa minggu sebelum potensi dampak. Maka mekanisme menggunakan senjata nuklir untuk menghancurkannya menjadi opsi untuk dipilih, ketimbang sekedar membelokkan.

Dan perlu diingat, pengguna senjata nuklir untuk menghadang asteroid masuk ke Bumi bukan berarti menghilangkan semua bahaya. Namun minimal dapat mengurangi risikonya.

Ilmuwan mengingatkan lebih banyak pemetaan objek-objek luar angkasa yang mengancam keberlangsungan kehidupan di Bumi. Karena masih banyak benda luar angkasa yang belum terdeteksi.

Mendeteksi bahaya sedini mungkin artinya lebih banyak waktu tersisa untuk menyusun rencana dan menghadapi bahaya.

Oleh Rianda Prayoga. Binjai, 27 Januari 2019

Diubah oleh riandyoga
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
09-02-2019 08:29
Berasa skenario film holiwud ya?
1
09-02-2019 08:31
Quote:Original Posted By luca.erillia.27
1 abad ke depan bumi udah jadi dunia fantasi.

Manusia udah mirip superhero kali.

Nastak dan nasbung udah punah dari muka bumi emoticon-Wink


Nastak dan nasbung masih di indonesia gan,, ampe kiamat.. mereka lebih maju dari apapun dimuka bumi ini.. emoticon-Big Kiss
1
09-02-2019 08:38
tidak ada namanya nuklir yang bsa menyelamatkan bumi hanya tuhan yang bsa menyelamat kan bumi karena tuhan maha kuasa dan maha tahu atas segalanya yang diciptakan nya
2
09-02-2019 08:39
hebat
2
09-02-2019 08:42
Tahun segitu nanti yang ngalami garis keturunan ane gan, entah keturunan yg no brp dah emoticon-Ngakak (S)
2
09-02-2019 08:42
ditameng pake panci pabji bisa kan gan??
1
09-02-2019 08:43
tahun segitu kita dah ga butuh bom nuklir
1
09-02-2019 08:44
Quote:Original Posted By rolls.royces
Tahun segitu nanti yang ngalami garis keturunan ane gan, entah keturunan yg no brp dah emoticon-Ngakak (S)


Emng ente pny pasangan skrng?!emoticon-I Love Kaskus
1
Lapor Hansip
09-02-2019 08:46
Balasan post hendi.guguk
Itukan cuman buat boglodite gan
1
09-02-2019 08:48
weleh macam film armageddon
1
09-02-2019 08:49
wah mikirnya smp situ ya
1
09-02-2019 08:52
dulu cita2 kepingin jurusan astronomi....apakah ini pertanda emoticon-Bingung
1
09-02-2019 08:52
Quote:Original Posted By nowbitool
Palingan cuman bisa membelokkan jalur lintasan aja.

Sangsi ane klo bisa bikin meteornya pecah berkeping keping kayak di Armageddon, secara batuan meteorit itu batuan keras kelas rare yg sulit di temukan di tanah lapisan pertama bumi...


Quote:Original Posted By arofi13
Abis diledakin terus hujan radioaktif ya gan emoticon-Big Grin


Bener juga kang.. Malah bunuh diri dong..
Tapi kalo sekedar menggeser asalkan ditembak pada sudut yg bener mungkin bisa mbelok..
Yah pastinya sudah diperhitungkan manfaat dan efeknya..
1
09-02-2019 09:00
mana ada perampok bakal teriak sy rampok kalian,,haha. jgn mau dibodoh2in ah
1
09-02-2019 09:01
Ane ngebayangin nanti rencananya udah sangat matang, udah diperkirakan segala macem, ternyata pas diluncurin dan meledak, ternyata engga bisa menghancurkan asteroidnya secara menyeluruh, dan masih ada bongkahan besar yang mau jatoh ke bumi. Akhirnya malah jadi hujan asteroid dan kerusakan makin parah, ditambah efek dari radiasi nuklirnya
1
09-02-2019 09:06
lakukan yg terbaik
1
09-02-2019 09:07
Quote:Original Posted By 666fapfap
emoticon-Cool anak kite2 jadi apa yah


Jadi yucuper GaeS emoticon-Wakaka emoticon-Motret
1
09-02-2019 09:08
Quote:Original Posted By primawidhie
Jadi yucuper GaeS emoticon-Wakaka emoticon-Motret


ok sport kali ini saya akan unboxing hottoy emoticon-Cool seharga 11juta sport
1
09-02-2019 09:23
misi mulia ini untuk mencegah terjadinya MEE
1
09-02-2019 09:33
ayo kita selamatkan bumi kita
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.