officialgarasi
TS
officialgarasi
Ritual Cuci Mobil, Yang Benar Dari Atas atau Bawah Dulu?
Mencuci mobil adalah salah satu kegiatan yang acap dilakukan pemilik di waktu senggang. Kebersihan tentu jadi salah satu perhatian, agar mobil tetap elok dipandang serta nyaman digunakan.

Namun terkadang masih saja banyak pemilik mobil yang mencuci dengan teknik salah. Meski sepele, namun bisa berpengaruh pada hasil cucian, baik jangka pendek maupun jangka panjang.




Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah mengatakan, mencuci mobil sebaiknya memerhatikan titik paling kotor terlebih dahulu ketimbang area yang terlihat lebih bersih.

"Area yang pertama kali kita cuci yang paling kotor, yaitu kaki-kaki setelah bersih langsung bilas. Pakai dua ember, begitu juga busa agar kotoran yang sudah terangkat dari kaki-kaki tidak ikut tercampur saat ingin mencuci bagian bodi," ujarnya seperti yang dilansir dari laman VIVA, Rabu 11 Juli 2018.

Sambung dia, setelah kaki-kaki seperti pelek dan kolong fender sudah bersih, langkah selanjutnya yakni mencuci bodi mobil dengan wadah dan busa yang baru. Untuk proses pencucian bodi, kata dia, pertama adalah bagian atap mobil, setelah itu baru turun ke sekeliling kaca dan terakhir bodi tengah sampai bawah.

Baca Juga : Bersihkan Mobil Hingga Ke Mesin, Memang Boleh?

"Busa kita bagi dua sisi, satu sisi untuk area kepala dan kaca, dan sebelah lagi untuk mengusap bodi tengah sampai bawah. Cara mengusap juga diperhatikan agar tidak ada bagian kecil apapun yang terlewat saat proses pengusapan," tuturnya.

Jika bodi dan kaki-kaki sudah dibilas dengan air bertekanan, lanjutnya, segera keringkan dengan kanebo. Karena jika tidak dikeringkan akan menimbulkan kerak mineral atau jamur dari sisa air bilasan.

Ini biasa terjadi jika sabun yang digunakan mengandung PH tinggi atau rendah, setelah mencuci meninggalkan 'pulau' atau jamur. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat harus menggunakan sabun puncuci mobil yang khusus. 

Nah Sahabat bisa beli sabun untuk cuci mobilnya di Toko Garasi.id. Di Toko Garasi.id Sahabat bisa juga membeli kebutuhan otomotif yang lain. 

Sumber : Garasi.id

Diubah oleh officialgarasi 05-02-2019 09:37
1
1.3K
7
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.