News
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5b1a5988b3cb04ff362ac0/huni-sel-mewah-lapas-sukamiskin-suami-inneke-bayar-rp-700-juta
Rabu 06 Februari 2019 detikNews Lapas Sukamiskin Bandung (Foto: Tri Ispranoto/detikcom) Bandung - Praktik jual-beli sel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin akhirnya terungkap. Narapidana ternyata bisa memesan sel sebelum dieksekusi. Hal itu dialami Fahmi Darmawansyah napi tipikor sekaligus terdakwa kasus suap izin keluar Lapas Sukamiskin. Suami dari aktris inneke Koesherawati ini mengaku
Lapor Hansip
07-02-2019 00:33

Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta

Rabu 06 Februari 2019
detikNews


Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 JutaLapas Sukamiskin Bandung (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

Bandung - Praktik jual-beli sel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin akhirnya terungkap. Narapidana ternyata bisa memesan sel sebelum dieksekusi.

Hal itu dialami Fahmi Darmawansyah napi tipikor sekaligus terdakwa kasus suap izin keluar Lapas Sukamiskin. Suami dari aktris inneke Koesherawati ini mengaku membayar sel hingga Rp 700 juta kepada broker yang juga napi di Lapas Sukamiskin.

Praktik jual-beli sel mewah itu diungkapkan Fahmi saat menjadi saksi untuk terdakwa eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dalam lanjutan persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (6/2/2019).

Dalam persidangan, Fahmi menyebut awalnya menerima informasi dari penasihat hukum bahwa kamar atau sel di Lapas Sukamiskin itu berebut. Untuk mendapatkan kamar mewah, menurut Fahmi, diperlukan biaya.

"Jadi kalau mau dapat kamar booking dulu. Dari informasi itu, mengutus orang ke Sukamiskin mengecek, ternyata benar," ujar Fahmi.

Uang muka lalu diberikan oleh utusan Fahmi itu kepada broker secara tunai sebesar Rp 100 juta. Sisa pembayaran dilakukan melalui transfer.

"Dari situ dikasih DP Rp 100 juta setelah itu melalui transfer Rp 600 juta," kata Fahmi mengungkapkan.

"Begitu saya masuk (ke Lapas Sukamiskin) sudah dapat fasilitas," ucap Fahmi tanpa menyebut aneka fasilitas tersebut.

Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 JutaLapas Sukamiskin Bandung Foto: Baban Ganda Purnama

[size={defaultattr}][size={defaultattr}]
Jaksa KPK M Takdir Suhan membenarkan hal tersebut. Berdasarkan pengakuan Fahmi di persidangan, ada praktik jual-beli kamar dengan aneka fasilitas yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

"Jadi tadi di awal sebelum adanya putusan sudah ada penyampaian oleh tahanan yang lebih dahulu di Sukamiskin, menyampaikan bahwa stok kesediaan sel yang diinginkan menipis," kata Takdir usai persidangan.


Takdir mengatakan dari keterangan Fahmi, informasi adanya kamar berfasilitas ini juga melibatkan penasihat hukum. Sudah dipersiapkan juga waktu yang tepat untuk pemesanan kamar.

"Kemudian disebutkan Fahmi ada PH (penasihat hukum) yang menginfokan, jadi jadwal tuntutan, pleidoi sudah diset waktunya sehingga timing memesan sudah disiapkan dari awal. Sampai tadi pak Fahmi kasih DP Rp 100 juta. Untuk tanda jadi fix diselesaikan sebelum eksekusi," ucap Takdir.

"Jadi ketika dieksekusi ke lapas dikawal oleh brokernya sama staf KPLP," kata Takdir menambahkan.
[/size]
[/size]

Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 JutaLapas Sukamiskin Bandung (Foto: dok.detikcom)

[size={defaultattr}][size={defaultattr}]
Jaksa juga menyebutkan para napi Lapas Sukamiskin bebas waktu keluar dari dalam kamar. Bahkan Fahmi hanya mendapatkan waktu Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling) satu hari dari ketentuan tujuh hari.

"Semestinya tadi ditanyakan Mapenaling, faktanya hanya satu hari. Dan aktivitas kegiatan lapas bebas. Karena tadi ditanyakan ada enggak batasan waktu, kan tadi ada batasan waktu ya keluar sel isoma (istirahat, salat, makan) keluar, masuk lagi, ini bebas enggak ada waktu. Jadi aktivitas enggak ada di sel," tutur Takdir.

Fahmi tak membantah soal pembayaran Rp 700 juta untuk sel 'mewah' yang dilengkapi alat pendingin ruangan, kulkas hingga televisi. Fahmi membayar sebelum menghuni ke Lapas Sukamiskin.

"Saya booking dulu harus lunas sebelum sampai (Sukamiskin)," ucap Fahmi usai persidangan.

Untuk pembayarannya, Fahmi mengaku membayar kepada seorang broker yang juga napi di Lapas Sukamiskin. Fahmi mengungkapkan broker tersebut bernama Ihsan, napi tipikor BUMD di Sukabumi.

"Bayarnya ke broker warga binaan juga. Tapi dia sudah keluar, kasus tipikor BUMD Sukabumi," ujar Fahmi.

Selain biaya sel, Fahmi juga mengungkap adanya iuran bulanan sebesar Rp 1,5 juta. Lantaran Fahmi menggunakan AC, dia harus membayar penambahan biaya sebesar Rp 500 ribu. "Rp 1,5 juta. Itu per bulan. Karena saya ditambah AC jadi tambah Rp 500 ribu," kata Fahmi.
(dir/bbn)[/size]
[/size]



Baca juga: 
Napi Lapas Sukamiskin Bayar Listrik Pakai Uang Pribadi
Bangun Saung 'Elite' di Lapas Sukamiskin Habiskan Duit Rp 1,7 M
Suami Inneke Beberkan Tarif Sewa Bilik Cinta di Lapas Sukamiskin


original link ;
https://news.detik.com/berita-jawa-b...ar-rp-700-juta
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 00:37
...mana komen......

rahasia umum lah itu...emoticon-Traveller
1 1
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 00:46
Dan terjadi lagi.
Kisah lama yang terulang kembali.
Kau terluka lagi.
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 01:13
selama si koruptor gak dimiskinkan ya gini. cuma pindah rumah doang, dan bisa entiaw kapanpun. dari lapasnya juga bisnisin sel, luar biasa perputaran uangnya ini
2 0
2
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 01:40
Ayooo dbuka bagi yg mau jihad harta..
buat bekal si sumaith...
4 0
4
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 01:54

sangat barokah bgt ya...mungkjn di akhirat juga bakal bisa di sogok buat dapet ruangan khusus stempel sorga emoticon-Big Grin
1 0
1
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 02:06
sudah bukan rahasia, bukan cuma di Indonesia, dan juga bukan cuman lapas sukamiskin, lapas lain juga ada sistem berbayar biar hidupnya ga nelangsa
jangan norak emoticon-Embarrassmentemoticon-Big Grin
3 0
3
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 02:08
Easy money
2 0
2
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 03:00
"Cita-cita kamu kalo udah gede jadi apa nak?"

"Koruptor pak!!"
3 0
3
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 04:12
Lagu basi. Mau selesai masalah ya hukum mati
2 0
2
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 04:51
Quote:Original Posted By bajier
Lagu basi. Mau selesai masalah ya hukum mati


Kalo dihukum mati duitnya kagak keluar bre emoticon-Leh Uga

Kalo masih idup kan bisa diporotin sampe miskin dulu baru boleh mati emoticon-Leh Uga
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 05:28
termasuk fasilitas ena ena dengan inneke koseherawati...
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 05:43
Balik modal ga tuh kan katanya buka bilik esek esek
emoticon-Bingung
Ngoahaha
emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 05:48
Korupsi gak ada hentinya, gimana orang bisa kapok.
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 06:22
gilak
0 0
0
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 07:37
udh gua bilang, Koruptor harusnya hukum denda 10x lipat dari kerugian Negara dan harus dilunasi biarpun sampe 7 turunan, kalo belum lunas keturunannya pun harus dapet cap Koruptor di KK, KTP, SIM, Ijazah dan gak bisa urus Paspor... emoticon-Big Grin
2 0
2
Huni Sel Mewah Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp 700 Juta
07-02-2019 09:32
sudah diabaikan saja emoticon-Cool lapas sukakismin mah gak perlu diupdate
klo diupdate terus.. ntar dunia kebalik, yg kismin jadi kaya. yg kaya jadi kismin. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia