bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Subhanallah, 45 Korban Tsunami Aceh Ditemukan Setelah 14 Tahun

MATA INDONESIA, BANDA ACEH – Penduduk sekitar Dusun Lamseunong, Desa Kahju di Aceh Besar mendadak gempar Rabu 19 Desember 2018 pagi karena pekerja sebuah perumahan yang akan dibangun disitu menemukan kantong jenazah yang diduga korban tsunami 14 tahun lalu.


Tidak tanggung-tanggung, setelah melakukan penggalian terkumpullah 45 kantong yang seluruhnya berisi tulang belulang manusia. Sebanyak 25 kantong diduga berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan.


Penemuan itu pun membuat beberapa keluarga bersyukur bisa menemukan kembali kerabatnya yang menjadi korban keganasan air Laut Andaman, Minggu, 24 Desember 2004 pagi. Sebab di sebagian kantong juga ditemukan tanda atau identitas yang saat penguburan ketika itu masih melekat pada jenazah.


Seperti dilansir Antara, salah satunya adalah kantong yang terdapat kartu identitas atas nama Sri Yunida SH.


Pemilik identitas itu ternyata istri Kabag Humas Pemerintah Kota Banda Aceh sekarang yang selama ini tidak bisa menemukannya. Tulang belulangnya akan di tempat pemakaman umum desa tersebut.


Setelah mengetahui banyak kantong yang terdapat ciri atau identitas korban, warga pun berinisiatif mengumumkannya melalui pengeras suara meunasah (musholla) setempat. Beberapa warga yang merasa belum pernah menemukan keluarganya setelah bencana besar itu pun berdatangan.


Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, penduduk Desa Kahju hanya tersisa sekitar 15 persen saja usai tsunami menerjang saat itu. Sisanya tak diketahui rimbanya.


Tempat ditemukannya kantong jenazah menurut dia merupakan pemakaman massal, tetapi tidak diberi tanda oleh para relawan waktu itu.


Saat ini, lahan tersebut sudah sesak ditempati penduduk untuk membangun rumah tinggal karena sebelumnya tidak tanda larangan dan tanda sebagai kuburan massal korban tsunami. Kini semua pembangunan rumah di tempat itu dihentikan sementara sampai tidak ditemukan lagi kantong jenazah. (Nefan Kristiono)


Sumber


0
8.8K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.