estehmanishAvatar border
TS
estehmanish
4 Cara Ampuh Mengatasi Godaan Micro-Transaction Pada Game Mobile


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus




emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus



Halo halo! Ketemu lagi sama ane estehmanish di thread ane yang satu ini. Thread ini dibikin untuk menemani agan/sista dimanapun berada. Baca thread ini sampai habis ya gan/sist! Biar tidak ada kesalahpahaman di antara kita, hehe.Thread ini bisa dibaca sambil ngopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas ataupun dibaca di malam hari menutup kesibukan agan/sista serta dibaca di waktu senggang kapanpun Gan Sis mau. Semoga terhibur dengan apa yang ane suguhkan di thread ini. Dan semoga thread ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.






Pada saat ini mobile games sedang digandrungi oleh khalayak ramai. Dari yang anak-anak sampai orang dewasa, laki-laki maupun perempuan semua pasti bermain game pada smartphonenya. Game yang dimainkan pun beragam dari yang tembak-tembakan seperti PUBG Mobile dan Fortnite, sampai game balapan seperti Speed Drifters dan game yang lainnya. Bahkan mobile games dipercaya sebagai platform yang menjanjikan dalam dunia game di masa yang akan datang. Para developer berlomba-lomba membuat ataupun mengadaptasi sebuah game menjadi versi mobile nya. 

 

Biasanya sih game-game mobile tersebut tidak berbayar alias free-to-play, tapi dibalik itu terdapat strategi yang cukup ampuh dari si pengembang game, apalagi kalau bukan micro-transaction. Micro-transaction akan menjadi berbahaya bagi user apabila tidak diatasi dengan bijaksana. Bagi yang belum tau, micro-transaction adalah pembelian dalam sebuah aplikasi (dalam hal ini game) yang dimana bisa membeli item atau gatcha guna memperkuat karakter atau sekedar skin yang dimana micro-transaction ini biasanya bersifat optional.

 

Nah mungkin tips yang ane paparkan berikut ini cukup ampuh untuk setidaknya meringankan hasrat untuk membeli item ataupun gatcha pada game mobile yang Gan Sis mainkan. Cekidot!





PERTAMA


Batasi Jam Bermain


Tips yang pertama Gan Sis harus membatasi jam bermain. Dengan kita membatasi jam bermain, maka kita akan ingat kepentingan kita yang lain dan keinginan untuk membeli item di suatu game menjadi menurun. Dan jangan sampai waktu terbuang sia-sia hanya karena digunakkan untuk bermain game saja. Gunakkan waktu Gan Sis untuk hal yang lebih penting dan jangan sampai gara-gara gan sis lupa waktu jadi lupa dengan kehidupan nyata yang harus dijalani. Kira-kira batasi jam bermain game mobile Gan Sis 1-2 jam perhari agar tidak mengalami kecanduan pada suatu game.






KEDUA

Jangan Sampai Kecanduan


Lalu yang kedua jangan sampai kecanduan akut. Karena semakin kita kecanduan, maka semakin besar pula kemungkinan kita membeli item/gatcha atau bahkan membeli semua item/gatcha pada suatu game. Selain menggangu kepentingan yang lain, kecanduan akan suatu game dapat mempengaruhi kesehatan Gan Sis. Apalagi jika Gan Sis sudah terlanjur kecanduan lalu menghabiskan waktu berjam-jam didepan layar yang akan mengakibatkan gangguan pada mata bahkan mental. Istirahatkanlah mata sejenak dari terpaan layar kaca.






KETIGA
Ingat Selalu Dompet dan Rekening



Nah yang ketiga ini sepertinya yang paling penting, yaitu ingat isi dompet ataupun rekening Gan Sis. Jangan karena sudah dipermudah dengan adanya kartu kredit ataupun mobile banking, Gan Sis jadi seenaknya aja membeli item ataupun gatcha yang ada pada game yang Gan Sis gandrungi. Pokoknya harus inget pengeluaran dan jangan sampai pada saat Gan Sis cek saldo di akhir bulan malah tertunduk lesu dan menyesali perbuatan Gan Sis.






KEEMPAT

Jadikan Game Hanya Sebatas Hiburan



Kemudian tips yang terakhir adalah jadikan game yang Gan Sis mainkan hanya sebatas hiburan. Jika Gan Sis menerapkan tips yang terakhir ini, maka ketika Gan Sis ingin top-up atau membeli item/gatcha pada suatu game akan berpikir dua kali, karena gan sis ingat ini hanyalah sebuah game (hiburan) dan lebih baik uangnya digunakan untuk keperluan yang lebih penting.







NOTE : Beberapa tips diatas mungkin tidak diperlukan BAGI orang yang berprofesi sebagai gamer professional. Tetapi tips ini sangat dianjurkan bagi orang yang bukan berprofesi sebagai gamer professional, tapi sangat ingin sekali lepas dari godaan micro-transaction dan tips ini sangat penting bagi kita yang memiliki banyak keperluan yang lain.




Sekian thread ane kali ini.
See you on my next threads, Cheers!


emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai






Quote:


DAN YANG TERAKHIR.. 
 JANGAN LUPA DI SHARE YA GAN SIS
 emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol


RATE 5 NYA JUGA GAN SIS 
 emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


DAN REKOMENDASIKAN THREAD INI JADI HOT THREAD
 DI SINI LINKNYA GAN
 emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News



Spoiler for spoiler:

4iinch
4iinch memberi reputasi
7
7.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.