tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Mengendalikan Diri, Penting Gak Sih?
Hidup memang tak lepas dari ujian dan cobaan, di setiap langkah perjalanan hidup kita tentu banyak rintangan dan godaan yang seringkali menghadang, tak jarang godaan dan rintangan seringkali membuat lupa akan tujuan dalam kehidupan ini. Dengan adanya ujian dan cobaan ini tentunya membuat kehidupan yang di jalani semakin tertantang dan semakin berwarna untuk di jalani sehingga kehidupan ini tak pernah sepi dan seringkali di hiasi dengan berbagai permasalahan-permasalahan kehidupan.

Credit : loop.co.id

Tak jarang memang ujian yang menerpa membuat diri tak sabaran dan merasa tak kuat, padahal dibalik ujian kehidupan ini tentunya bisa menjadi pembelajaran diri untuk bisa lebih kuat dan lebih tegar dalam menghadapi kehidupan. Dengan ujian yang ada tentunya bisa mendewasakan diri dan bisa lebih tenang dalam menghadapi kehidupan bagi setiap insan yang bisa memandang ujian kehidupan dengan sisi yang berbeda dalam pemaknaan yang positif.

Memang dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada seringkali kita harus bisa mengendalikan diri. Saat ada masalah tentunya jangan sampai terpancing emosi. Saat ada yang mencaci dan menghujat tentunya jangan sampai tersulut emosi dan malah bertengkar yang ujungnya merugikan diri sendiri. Saat Marah memang seringkali merugikan diri, bukan hanya tenaga terkuras habis namun juga bisa saja membuat masalah yang lebih luas seperti terjerat kasus hukum karena bertindak kriminal seperti melakukan penganiayaan dan lain sebagainya.

Bukan hanya dalam emosi semata, dalam hal perasaan pun kita harus mengendalikan diri, jangan sampai cinta pada seseorang malah berkorban segalanya dan mengorbankan sesuatu yang berharga yang seharusnya tak perlu berkorban lebih padanya seperti berkorban kepada pacar secara berlebihan yang belum tentu menjadi jodoh di masa depan nanti. Mencintai itu wajar, namun saat mencintai terlalu berlebihan tentunya tidaklah baik dan bisa saja merugikan diri sendiri.

Pentingkah kita mengendalikan diri kita? Jawabannya penting sekali. Jangan sampai karena kita terlalu mengedepankan keinginan dan hasrat malah ujungnya melahirkan penyesalan di kemudian hari. Kendalikan lah diri kita agar kita senantiasa jauh dari perbuatan-perbuatan buruk yang bisa merusak diri dan berpikirlah sebelum bertindak agar kita bisa menentukan keputusan yang tepat dan tidak salah dalam mengambil jalan. Begitu juga dengan ucapan tentunya kita harus menjaga perkataan kita agar tidak mengatakan sesuatu yang tak seharusnya diucapkan.

Credit : vebma.com

Diri kita adalah pemiliki diri kita sendiri, jangan sampai keinginan dan hasrat menguasai diri kita yang ujungnya tidak bisa berpikir jernih dan merugikan diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita. Hidup ini begitu berharga, untuk itulah kendalikan diri kita agar kita senantiasa menjalani hidup kita dengan baik dan tidak meninggalkan noda-noda kehidupan yang bisa membuat kisah perjalanan hidup menjadi buruk. Kendalikan diri kita untuk bisa menciptakan kenyamanan di dalam hidup kita. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images
tata604
tata604 memberi reputasi
13
5.7K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.