alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c584942977513102a53c8ae/4-sektor-bidang-yang-seharusnya-dikuasai-indonesia
Lapor Hansip
04-02-2019 21:16
4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
Past Hot Thread

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia

Setiap negara memiliki ciri khas yang berbeda. Karakteristik berbeda disebabkan karena perbedaan secara demografis, geografis, kultural, dan lain-lain. Karakteristik ini membuat suatu negara unggul di bidang-bidang tertentu namun tidak unggul di bidang-bidang lainnya dibanding negara lain. Apabila melihat karakteristik Indonesia, berikut sektor-sektor yang menurut ane seharusnya diungguli Indonesia di banding negara lain :Ga



Quote:ZOOLOGI - BOTANI - TAKSONOMI

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
Gambar 1 - Biodiversitas Indonesia

Quote:NOTE :
>Taksonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berfokus dalam pengklasifikasian makhluk hidup.
>Zoologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berfokus mempelajari hewan
>Botani adalah cabang ilmu pengetahuan yang berfokus mempelajari tanaman


Indonesia merupakan negara dengan luas daratan hanya 1,3% dari total daratan global. Meski begitu, menurut Conservation Internatonal, Indonesia adalah 1 dari 17 negara dengan kategori keanekaragaman hayati "sangat beragam. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki 2 dari 25 hotspot biodiversitas dunia dan 18 dari 200 ecoregion dunia. Hotspot biodiversitas adalah area yang kaya akan keanekaragaman hayati tetapi terancam rusak. Ecoregion adalah wilayah kecil yang memiliki ekosistem dengan karakteristik tertentu.

Keanekaragaman hayati di indonesia tidak terbatas ada jenis hewan atau tanaman tertentu saja, tetapi banyak jenis makhluk hidup. Contohnya, Indonesia memiliki 24 area endemik burung yang diakui Birdlife International. Indonesia juga memiliki 12% spesies mamalia dunia, 16% spesies reptil dunia, dan 17% spesies burung dunia. Selain hewan, Indonesia juga memiliki 10% spesies tanaman berbunga di dunia. Hal lain yang membuat Indonesia seharusnya menguasai sektor taksonomi adalah banyak hewan-hewan di Indonesia yang endemik, yang artinya hanya ditemukan di Indonesia saja.


Quote:PERIKANAN

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
Gambar 2 - Perikanan Indonesia

Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 108.000 km, terbesar kedua di dunia setelah Kanada. Mayoritas wilayah Indonesia adalah perairan, yaitu sebesar 3.257.483 km persegi sedangkan luas daratan hanya 1.922.590 km persegi. Makanan laut berperan penting dalam ketahanan pangan Indonesia karena mayoritas komunitas yang tinggal di daerah pesisir memanfaatkan hasil perikanan sebagai sumber pokok makanannya.

Selain laut, Indonesia juga memiliki banyak area perairan di tengah daratan, yaitu seluas 13,85 juta hektar. Area ini terdiri dari sungai dan dataran banjir (12 juta hektar), danau (1,8 juta hektar), dan danau buatan (0.05 hektar).

Ditambah lagi, Indonesia memiliki banyak area yang cocok dimanfaatkan sebagai lokasi akuakultur. Menurut data tahun 2015, sekitar 282.075 hektar tersedia untuk budidaya laut, 667.083 hektar untuk budidaya air payau, dan 305.216 hektar untuk budidaya air tawar. Sayangnya, area potensial akuakultur ini belum diutilisasi secara maksimal.



Quote:PARIWISATA

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
Gambar 3 - Wonderful Indonesia

Indonesia diberkahi alam yang sangat indah. Karena keindahan alamnya, Indonesia menjadi salah satu tujuan pariwisata baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Banyak spot wisata yang sudah memiliki reputasi baik atas keindahannya seperti Lombok dan Bali. Selain itu, Indonesia juga memiliki tempat wisata yang hanya ada di Indonesia misalnya Taman Nasional Komodo.

Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan budaya. Banyak suku yang hidup di Indonesia dengan rukun dan damai. Setiap suku ini memiliki karakteristik tersendiri sehingga meningkatkan diversitas budaya di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki diversitas kuliner. Faktor-faktor ini membuat Indonesia cocok dijadikan tujuan wisata budaya dan wisata kuliner.



Quote:AGRIKULTUR

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
Gambar 4 - Agrikultur Indonesia

Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, Indonesia menikmati hujan dan sinar matahari yang berlimpah sepanjang waktu. Keberadaan kedua faktor ini membuat berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur di Indonesia. Akibatnya, Indonesia berhasil menjadi salah satu produsen utama beberapa produk agrikultur tropis seperti minyak kelapa sawit, karet alam, kakao, kopi, teh, singkong, padi, dan rempah-rempah.

Sekarang ini, Indonesia adalah :
>Produsen terbesar produk kelapa sawit, cengkeh, dan kayu manis.
>Produsen kedua terbesar pala, karet alam, singkong, vanila, dan minyak kelapa
>Produsen ketiga terbesar beras.
>Produsen keempat terbesar kopi.
>Produsen kelima terbesar tembakau.
>Produsen keenam terbesar teh.

Oleh sebab itu, sudah sepantasnya Indonesia mengembangkan teknologi agrikulturnya agar agrikultur Indonesia lebih efisien dan kualitas produk yang dihasilkan semakin baik.

Itulah sektor-sektor yang menurut ane seharusnya paling unggul di Indonesia. Namun, apakah potensi tersebut sudah dimaksimalkan? emoticon-I Love Indonesia

Buat kaskuser yg tidak sependapat atau ada tambahan silakan komen dibawah emoticon-Big Grin



Quote:BIODIVERSITAS HEWAN-HEWAN ANEH

Quote:<>  5 Hewan Dengan Tampilan Fisik Yang Unik Dan Menakjubkan


<>  Red-lipped Batfish, Ikan Berwajah Seperti Bencong dan Tidak Bisa Berenang
<>  Ampulex Dementor, Tawon Yang Membuat Korban Sengatannya Jadi Zombie
<>  Brachycephalus mirissimus, Katak Super Kecil Yang Berwujud Seperti Jelly
<>  Pareas Carinatus, Ular Penghisap Siput Langsung Dari Cangkangnya (+VIDEO)
<>  Colobopsis Explodens, Semut Yang Bisa Meledakan Dirinya Sendiri
<>  Macrocheira kaempferi, Kepiting Raksasa Yang Panjangnya Bisa 3 Kali Tinggi Pak Jokowi
<>  Phrynosoma cornutum, Kadal Yang Bisa 'Menembak' Darah Dari Matanya



Quote:
JANGAN LUPA RATING YA GAN emoticon-Big Grin

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia

Diubah oleh aldwin160
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Lapor Hansip
04-02-2019 21:38
Ane tetap Optimis...

Suatu hari nanti pasti Bisa...

4 Sektor/Bidang Yang Seharusnya Dikuasai Indonesia
2
profile picture
Lapor Hansip
04-02-2019 22:13
Ngomong mah gampang gan di negara dimana kementrian agama lebih banyak subsidi daripa riset dan pendidikan
8
profile picture
Lapor Hansip
05-02-2019 00:05
perikanan yang banyak
1
profile picture
Lapor Hansip
05-02-2019 00:56
Quote:Original Posted By eedepe15
Ane tetap Optimis...

Suatu hari nanti pasti Bisa...

untuk poin 2,3,4 ane rasa nggak akan lama lagi kita menjadi pemain besar dunia. Dalam perikanan ada Bu Susi yg rajin menenggelamkan kapal2 nakal sehingga perikanan Indonesia makin maju, Di sektor pariwisata ada kampanye "Wonderful Indonesia" yang sudah sampe ke mancanegara dan urusan visa juga udh dipermudah. Di sektor pertanian udh makin bagus dengan adanya perbaikan data pertanian & pembagian alsintan (alat mesin pertanian) sehingga produktivitas nambah terus (untuk tanaman sawah). Cerah lah masa depan Indonesia...

Tapi kalau untk poin satu kayaknya memang sulit. MIPA biologi kurang didukung pemerintah jadi mahasiswa lebih suka kuliah dan kerja di luar negeri. Well, emng nggak ngaruh besar sih ke ekonomi, jadi ane rasa gpp Indonesia fokus pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dulu emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By amispelem
Ngomong mah gampang gan di negara dimana kementrian agama lebih banyak subsidi daripa riset dan pendidikan

optimis aja gan, ane liat generasi muda sekarang pinter2 (termasuk ane emoticon-Big Grin) dan nggak kalah kualitasnya dengan luar negeri. Startup unicorn aja kita punya 4 dari 7 startup unicorn di Asia Tenggara. Sudah saatnya kita bangkit emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By edsixteen
perikanan yang banyak

yoi, biar harga ikan makin murah hehe
0
Lapor Hansip
05-02-2019 01:00
Balasan post aldwin160
Menurut ane optimis/pesimis gak penting gan yg penting cara menuju kesananya gimana? Ada ide?
1
profile picture
Lapor Hansip
05-02-2019 01:05
Quote:Original Posted By amispelem
Menurut ane optimis/pesimis gak penting gan yg penting cara menuju kesananya gimana? Ada ide?


nggak golput dan pilih capres-cawapres terbaik emoticon-Ngakak
1
Lapor Hansip
05-02-2019 01:07
Balasan post aldwin160
Ane punya yg lebih bagus bagaimana kalo ente pilih ane aja di pilpres gan hahahaha
1
profile picture
Lapor Hansip
05-02-2019 01:18
Quote:Original Posted By amispelem
Ane punya yg lebih bagus bagaimana kalo ente pilih ane aja di pilpres gan hahahaha


nanti 2024 agan daftar dulu hehe
0
Lapor Hansip
05-02-2019 01:23
Kadang ekspektasi ga sesuai realita disini
1
profile picture
Lapor Hansip
05-02-2019 10:03
Quote:Original Posted By dreammild
Kadang ekspektasi ga sesuai realita disini


gpp hari ini kita bermimpi-mimpi dulu, nanti baru terwujud emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
06-02-2019 07:06
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh aldwin160
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:06
katanya import2 itu gmn gan, hoax bukan
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:07
Mantap lah gan tapi untuk sektor pertanian juga masih agak gimana gitu, soalnya sawah udh banyak dijadiin perumahan
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:10
Korupsi juga dong hehe emoticon-Betty
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:15
Pariwisata gimana mau maju. Di rezim ini tiket pesawat malah naik. Bagasi malah jadi berbayar. Udah banyak keluhan. Masih aja ngeyel. emoticon-Embarrassment


Bandara Sepi karena Harga Tiket Pesawat Tinggi, Jumlah Penumpang Kereta Api Dari Jakarta Melonjak


http://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/02/09/bandara-sepi-karena-harga-tiket-pesawat-tinggi-jumlah-penumpang-kereta-api-dari-jakarta-melonjak.

Tapi ane seneng sih. Karena sekarang Pesawat bukan untuk para alay2ers missqueen yg cuma dateng ke tempat pariwisata buat update foto ig doang. emoticon-Leh Uga

Bantu ekonomi orang lokal juga dong, beli souvenir/oleh2nya. Mosok cuma pamer foto ig doang. emoticon-Najis

Good job buat rezim ini dan tim kemenhub yang sudah approve kenaikan ini!!!! emoticon-shakehand
Diubah oleh temonoid
-2
Lapor Hansip
11-02-2019 15:15
sektor industri dasar juga penting breee kalo ingin jadi negara industri baru
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:16
Tergantung penghuninya
Warga indo kan males kerja ya,
Semangatnya kalo komen nyiyir sana sini.

Btw Sy pun termasuk org malas kerjaemoticon-Malu (S)
1
Lapor Hansip
11-02-2019 15:18
bntr lg luas daratannya berubah jadi 0,...% karena pada banyak mau merdeka sendiri2...
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:19
gemboked
0
Lapor Hansip
11-02-2019 15:19
Be A Smart People. Not Studpid People :v



















Refisi : Stupid People emoticon-Stick Out Tongueemoticon-Big Grin
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.