Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd088bb32e2e6217b8b4568/kesalahan-kesalahan-ketika-runner-beli-running-shoes
Whasaap sportsmen :beer: Ane lagi-lagi ngomongin tentang lari dan kaki nih, kali ini tentang sepatu. Ane kira, nyari sepatu lari semudah tinggal buka olshop dan browsing. Justru, ketika browsing ane malah menemukan banyak hal yang jadi semakin nimbang-nimbang buat beli sepatunya. Belinya sih tetep beli, tapi bukan lagi cuman yang penting muat, ternyata ada banyak yang perlu dipertimbangin. Supaya
Lapor Hansip
24-10-2018 21:59

Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes

Whasaap sportsmen emoticon-Angkat Beer

Ane lagi-lagi ngomongin tentang lari dan kaki nih, kali ini tentang sepatu.

Ane kira, nyari sepatu lari semudah tinggal buka olshop dan browsing. Justru, ketika browsing ane malah menemukan banyak hal yang jadi semakin nimbang-nimbang buat beli sepatunya. Belinya sih tetep beli, tapi bukan lagi cuman yang penting muat, ternyata ada banyak yang perlu dipertimbangin. Supaya gak salah beli. Nah supaya gak salah beli, ada baiknya nih buat mempertimbangkan lagi.

Eric Sach, Ken Larscheid dan Carson Caprara adalah ahlinya running shoes, mereka menggarisbawahi kesalahan-kesalahan yang gak sadar dilakukan mereka yang baru mau lari, atau terlalu cuek.

Yang pertama, Gak ngukur kaki dengan benar

Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes


"Salah satu kesalahan yang biasa terjadi pada pelari pemula adalah mereka tidak diukur kakinya di toko." - Eric Sach.

Toko yang bener-bener ngerti running shoes biasanya akan nawarin pelanggan untuk terlebih dahulu mengukur kakinya sehingga, toko bisa ngasih rekomendasi sepatu yang pas buat si pelanggan. Tapi kayaknya gak berlaku di tempat kita, atau ane yang belum pernah ngerasain pelayanan toko yang baik.

Eniwei, kalo menurut expert-nya, pengukuran kaki sebaiknya dilakukan di toko-toko sportwear, karena ukuran kaki orang beda-beda. Detail dari panjang tumit ke jempol, lengkung kaki, lebar kaki, harus diukur. Desain sepatu pun berbeda-beda. Kalo kaki ternyata lebih pas dengan produk yang lebih murah, berbahagialah ente. Kere Hore!

Jadi pihak toko gak cuma nawarin brand, tapi juga paham kebutuhan pelanggan apa. Mulai sekarang, ane bakal lebih picky nih menyoal toko sepatu.

Kekecilan bukan berarti butuh sepatu yang lebar

Maksudnya adalah ketika kita merasa sepatunya kekecilan, bukan berarti itu karena butuh yang lebih lebar. Tapi harus mempertimbangkan volume sepatu. Volume adalah ukuran ruang di dalam sepatu. Meski lebar, tapi volumenya gak pas di kaki, bakalan tetep kurang rasanya.

Cara ngukur volume cukup simple. Pake jari dan indikatornya tali di eyelets sepatu. Idealnya pemakaian sepatu adalah ngepas, bukan kelonggaran, bukan kekencengan. Ketika kita pake sepatu, perhatikan eyelets paling atas, dan lihat gap antara eyelet kiri dan kanan lalu coba ukur dengan jari. Hitungannya: Satu jari = kelonggaran, tiga jari = kesempitan, dua jari = pas. Ini dalam kondisi ngiketnya gak kelonggaran, gak juga dipaksa kenceng ya, tapi ngepas.

Takut ukuran sepatu bertambah

Padahal, karena kaki terus-terusan dipake, kaki tuh bakal 'ngembang', karena otot-ototnya terus kepake. Mungkin mindsetnya lebih kepada, sesuaikan dengan kebutuhan, bukan karena jaga-jaga kalo kaki itu bakal gede, jadi nanti pas. FYI: prosesnya itu lama banget, bisa jadi sepatu udah kebuang sebelum 'pas'

Kepengaruh sama orang

Inget 3 F: Fit, Feel dan Function, itu paling penting.

So, kalo ada kompor di sebelah, let's say, mau belanja tapi ngajak temen atau keluarga.. mohon jangan kepengaruh sama opini-opini mereka. Yang punya kaki siapa, yang milih siapa. Perlu disadari kalo ada yang namanya real expert, ada yang voicing opinion expert. Yang baik adalah mereka yang ngerti kebutuhan, bukan asal karena model dan warnanya gak orang itu suka.

Kepengaruh sama review

Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes


Diinget lagi, tiap orang punya kaki yang berbeda. Nyaman buat satu orang pasti gak identik nyamannya dengan orang lainnya. Lagi gak ada yang tau ukuran nyamannya orang itu seperti apa. Jika ada seorang reviewer lagi ngomongin produk sepatu, perlu diketahui dia siapa, pernah lari gak, apa cuman scripted yang disampaikannya, entah itu promo atau roasting. Kalo promo produk, ya jadi bias opini si reviewernya. Skip aja yang kayak gitu.

Cari yang mereka memang udah punya pengalaman dan sering fokus ngereview produk sepatu.

Sepatu yang dipake itu-itu aja

Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes


Masa guna sepatu layaknya adalah 400-800 kilometer. Tapi emang ada yang mikiran beginian? Ane sih make sepatu sampe bener-bener jebol. Tapi, iyak ane pernah mayan terkilir gegara sepatu udah gak layak tapi masih ane paksain pake.
Kalo agan masih pake sepatu lama, dan udah mulai ngeluhin linu, pegel, atau rasa sakit yang aneh. Saatnya dikubur itu sepatu.

Tapi ada baiknya sebelum sepatu lama makin ancur, kaki udah mulai dibiasain sama sepatu yang baru. Buat adaptasi, jadi ketika akhirnya memutuskan untuk buang yang lama, gak perlu penyesuaian yang berarti lagi.

Ngindarin toko brand otentik

Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes


Paham banget sih alasannya. Toko Sportswear yang bawa nama brand gede emang biasanya lebih mengintimidasi dompet, ketimbang bazaar dan diskon besar-besaran di department store. Tapi, ketika ente gak paham mau beli sepatu kayak apa, good luck deh nyari tau ke mba-mba atau mas-masnya department store.

Tapi percayalah, invest besar di awal bisa jadi lebih hemat tahun-tahun ke depannya. Karena yang dicari adalah sepatu yang nyaman dan pas, mengurangi potensi cedera dan cacat, dan gak bikin beli terus akhirnya. 2 juta sekali lebih baik ketimbang 200 ribu berkali-kali. Dan bisa bikin jadi males lari lagi karena gak pernah dapet sepatu yang nyaman. Satu hal pemakaian sepatu yang salah bisa menyebabkan overpronasi, yang ane gak suka banget secara tampilan dan disfungsinya.

Lupa kalo sepatu itu cuma alat

Iyep, mereka didesain untuk difungsikan, bukan cuman buat pamer. Dan jangan salah tangkap ketika ane tadi bilang invest yang lebih mahal itu keputusan yang lebih baik. Intinya adalah ketika yang dibutuhkan ternyata mahal, itu udah jadi resiko, yang diakibatkan biomekanik agan butuh kocek lebih. Makanya beruntunglah yang bisa kere hore!

Sekali lagi, ketika mau beli sepatu inget Fit - Feel - Function, and happy shopping! emoticon-Cool
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kesalahan-kesalahan Ketika Runner Beli Running Shoes
04-02-2019 18:14
joss emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh sav.grezza
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia