• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Vloger Cantik Buka-bukaan Kelakuan Orang Korea, Bikin Autoilfil

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Vloger Cantik Buka-bukaan Kelakuan Orang Korea, Bikin Autoilfil

Penggemar budaya Korea Selatan mungkin punya ekspektasi berlebihan terhadap masyarakat Korea. Masyarakat Korea dianggap bersahabat, ramah, baik hati, ringan tangan, murah senyum dan lainnya. Kenyataannya, nggak semua begitu Gan Sis.
 
Vloger asal Korea Selatan, Sunny Dahye, membongkar sikap dan perilaku masyarakat Korea tehadap dirinya. Padahal Sunny kan orang Korea asli, bukan pendatang. Tapi tetap saja dia mendapat perilaku yang tidak menyenangkan dari sesama orang Korea. Sunny menuturkan pengalamannya di akun Youtube.com/SunnydahyeIn, diunggah (16/1/2019).
 
Sunny tidak sendiri. Dia bersama Cynthia Ciputra yang disapa Cycy. Berbeda dengan Sunny, Cycy berasal dari Indonesia, namun sekarang menetap dan bekerja di Korea Selatan. Pengalaman Cycy tidak kalah buruknya.
 
Inilah beberapa pengalaman buruk Sunny dan Cycy. Mereka sengaja berbagi pengalaman, agar orang Indonesia menyiapkan diri ketika melancong ke Korea Selatan.
 1. Dianggap rendah

Ceritanya Cycy bersama keluarganya belanja di daerah Dongdaemun. Ada penjual pakaian di sana. Mereka hanya melihat-lihat saja dengan cara memegang pakaian untuk mengetahui bahan pakaian. Cycy dan keluarganya mendapat perlakuan buruk dari penjual. Mereka menepuk-nepuk pakaian yang sudah dipegang keluarga Cycy, seolah-olah Cycy dan keluarganya serangga pengganggu gitu.   
 
2. Disenggol, cuek aja.
Sunny menceritakan bahwa dirinya sering disenggol orang tanpa sengaja. Padahal jalan yang digunakan Sunny lebar lho. Bukan gang sempit gitu. Yang bikin kesal, orang yang nyenggol cuek aja berlalu. Boro-boro minta minta maaf.
 
3. Sikap buruk di Subway
Sunny dan Cycy sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan di subway(semacam KRL Bawah tanah) Mulai dari komentar ketus, roman muka tidak bersahabat, misuh-misuh karena nggak sengaja tersenggol, sampai diomongi gegara menggunakan bahasa Indonesia. Agan dan Sista siapkan lahir batin kalau menumpang kereta via subway Korea, ya.
 
4. Bertemu dengan orang yang suka cari ribut
Sunny maupun Cycy mengungkapkan, sebagian orang Korea suka cari ribut atau masalah dengan orang asing, khususnya dari Asia Tenggara. Kalau sudah gitu, mereka biasanya mengalah, karena mereka juga yang tetap diposisikan salah.
 
5. Perlakuan berbeda karena bukan dari Korea.
Sebagian orang Korea tidak suka dengan orang Asia Tenggara. Mereka membedakan perlakuan saat mengetahui ada orang  menggunakan bahasa negara lain, khususnya negara di Asia Tenggara. Hal itu sering dialami Cycy dan Sunny jika mengajak temannya ke resto atau café, kemudian menggunakan bahasa Indonesia.
 

6. Keseleo, tidak ada yang menolong sama sekali.
Ceritanya Sunny jatuh dan keseleo di tangga jalan subway. Telapak kakinya sampai lurus gitu. Sakit banget sampai dia tidak bisa minta tolong. Herannya, tidak ada yang menolong sama sekali. Dia terpaksa menelepon ayahnya untuk minta bantuan.
 
Perlakuan seperti itu sebenarnya bisa diperoleh dari masyarakat negara mana saja. Termasuk Indonesia. Maka dari itu Sunny membuat pernyataan di awal videonya: penuturannya bukan untuk menyamakan semua orang Korea Selatan. Hanya sebagian saja dari orang Korea yang tidak bersahabat dengan orang asing. Sebagian orang Korea lainnya baik. Agan dan Sista yang pernah ke Korea Selatan mungkin bisa membenarkan atau mengoreksi kisah Sunny dan Cycy.
 
Pokoknya jangan lebay saja menganggap orang Korea baik semua. Tetap saja ada yang baik, ada yang nggak. Realita masyarakat Korea tidak selalu sama dengan drama dan filmnya, kan.


Sumber youtube.com/watch?v=rOkHh_XHZ08
Foto: amorpha.org & graziadaily.co.uk






Terima kasih sudah baca

Silakan kasih cendol dan komentar jika suka

emoticon-Toast







Boleh Baca Juga














Diubah oleh Kokonata 01-02-2019 23:36
b.omat
b.omat memberi reputasi
12
16K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.