alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.6 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57a8ef349d0f65172c6a81/jika-kami-bersama-nyalakan-tanda-bahaya-tolakruupermusikan
Lapor Hansip
04-02-2019 09:52
Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan
Past Hot Thread
Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan


#CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Kemaren, minggu tanggal 3 februari 2018, gw yang gabut dan kerjaannya cuma scrolling instagram menemukan sebuah fenomena gak biasa. Gini, setelah kemaren scrolling-scrolling instagram, gw liat banyak postingan dengan hastag #tolakRUUPERMUSIKAN.

Awalnya gw ngerespon hastag ini dengan respon standar yang biasa-biasa aja, ya mirip respon lu kalau liat hastag-hastag lain kayak #meowed, tapi setelah makin banyak postingan serupa ditambah postingan yang bilang akan terjadi baku hantam antara @jrxid dan anang (postingan ini ada diakun @nurh*di_aldo, bancaaad emang edwin emoticon-Big Grin), rasa ingin tahu gw mulai timbul. Apa sih sebenernya RUU Permusikan? Kenapa bisa menimbulkan kontroversi? Pihak mana yang terlibat dalam pertikaian ini?

Berawal dari sini lah gw mulai mencari tahu apa dan bagaimana RUU permusikan sehingga bisa jadi kontroversi kayak sekarang ini. Isunya sih gak se-urgen isu pilpres, tapi ya worth it sih mengingat gw salah satu penikmat musik tanah air. Gak dibahas dalam-dalam amat, tapi cukup untuk nambah pengetahuan kita sebagai pihak yang awam terhadap dunia musik.

APA ITU RUU PERMUSIKAN?
Note: capslock means nothing, abaikan sajo.

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Pertanyaan ini bukan pertanyaan yang bisa dijawab dengan sekadar opini pribadi gw. Jadi, demi kepentingan validitas data, gw butuh sumber untuk mengutip apa sebenernya pengertian dari pertanyaan ini. Dikutip dari CNN, oke setelah gw cari ternyata gak ada pengertian yang pas dari apa itu RUU permusikan. Tapi bisa disimpulkan kalau secara garis besar, RUU permusikan adalah rancangan draft undang-undang yang diajukan DPR yang tujuannya untuk melindungi industri musik kita dari pembajakan-pembajakan yang marak terjadi akhir akhir ini.

Simpan pertanyaan kalian, lanjut dulu aja baca kebawah.

emoticon-cystg

KRONOLOGI RANCANGAN UU PERMUSIKAN

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

RUU Permusikan ini, menurut musisi senior dan juga anggota komisi X DPR Anang Hermansyah emoticon-Betty (S), awalnya ditujukan untuk melindungi karya musisi indonesia dari pembajakan. Kronologi lebih lengkapnya gini (gw kutip dari Detik.com):

Quote:Anang mengatakan ide tentang RUU Permusikan berawal dari 'Kaukus Parlemen Anti Pembajakan' yang diinisiasi dirinya bersama sejumlah politisi lintas fraksi pada 2015. Namun, hal itu dinilai tak berjalan efektif dalam memberantas pembajakan musik.

"Saat itu kita keliling ke berbagai pihak. Mulai Presiden, Kapolri, Jaksa Agung termasuk on the spot ke Glodok terkait dengan pemberantasan pembajakan di ranah musik," kata Anang dalam keterangan tertulis, Jumat (1/2/2019).

Singkat cerita, pada Juni 2017 akhirnya DPR menyepakati pembuatan RUU Permusikan. Hal itu menyusul pertemuan antara Badan Legislasi (Baleg) dan komunitas musisi Kami Musik Indonesia (KAMI).

"Saat itu, 10 fraksi di DPR bulat mendukung keberadaan RUU Permusikan. Tidak hanya mendukung, DPR berkomitmen sebagai pihak yang menginisiasi RUU Permusikan. Momentum itu membuktikan, musik menyatukan sekat-sekat perbedaan politik," sebut Anang.

Setahun berikutnya, Anang menuturkan perjalanan RUU Permusikan mengalami kemajuan. Kala itu muncul diskusi apakah RUU Permusikan diajukan Komisi X atau dari Baleg setelah disahkannya UU MD3 No 2/2018.

"Akhirnya RUU Permusikan diusulkan oleh Baleg melalui Badan Keahlian Dewan (BKD) yang terdiri dari para ahli dan birokrat DPR," jelasnya.

"BKD meminta pendapat dari berbagai stakeholder terkait dengan materi yang terkandung dalam RUU tersebut. Meski tentu tidak semua pihak diminta pendapat dan masukan. Maklum saja, itu baru draf, baru rancangan," imbuh Anang.

Dia menegaskan draf RUU Permusikan tertanggal 15 Agustus 2018 yang saat ini beredar di publik merupakan dokumen usulan DPR. Saat ini, kata Anang, RUU Permusikan masuk dalam Prolegnas Prioritas 2019.

"Nah, pada sidang paripurna DPR pada 31 Oktober 2018, RUU Permusikan resmi masuk dalam daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2019," ujarnya.

Nah kan nah kan, awalnya RUU ini ditujukan untuk pemberantasan pembajakan yang idenya sudah di inisiasi tahun 2015. Seiring berjalannya waktu, RUU ini masuk jadi daftar RUUprioritas untuk disahkan tahun ini dan ternyata, mengandung banyak pasal karet menurut beberapa musisi tanah air.


APA AJA PASAL KARET YANG ADA DI RUU PERMUSIKAN?

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Nah selanjutnya permasalahannya ya ini. APA AJA SIH PASAL KARET YANG ADA DI RUU PERMUSIKAN?

Jawabannya adalah, gw kutip lagi dari CNN, seenggaknya ada 19 pasal bermasalah dengan 4 masalah utama dalam RUU permusikan tersebut yang berpotensi menekan kreatifitas dan hak-hak musisi tanah air, kata Danilla panutanque. Danilla dan beberapa musisi lain membentuk sebuah koalisi bernama “Koalisi nasional tolak RUU Permusikan (instagram: @koalisinasionaltolakrupp) untuk menentang disahkan-nya RUU ini. Berita lengkapnya gini:

Quote:Danilla Riyadi, 28, geram ketika mendengar kabar DPR sedang mempersiapkan Rancangan Undang-Undang Permusikan. Keponakan dari mendiang Dian Pramana Poetra itu mencatat setidaknya ada 19 pasal bermasalah di dalamnya.

Dia pun lantas membuat petisi lewat platform digital di situs Change.org dengan judul #TolakRUUPermusikan.

"RUU Permusikan: Tidak Perlu dan Justru Berpotensi Merepresi Musisi... Saya Danilla Riyadi, perwakilan dari teman-teman Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan, bersama-sama menyusun petisi ini," demikian Danilla membuka petisi tersebut, dikutip Minggu (3/2).

Danilla menuliskan RUU Permusikan sendiri saat ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas. Hal itu berarti RUU tersebut menjadi salah satu yang akan dibahas untuk segera disahkan.

"Informasi yang didapat saat ini menyebutkan bahwa peringkat RUU Musik sudah naik dari urutan 183 (di tahun 2018), menjadi urutan 48 di tahun 2019," tulis Danilla.

Ternyata, tak hanya lewat petisi. Perjuangan Danilla dkk itu pun dilakukan lewat sosialisasi protes mereka di akun Instagram. Mereka membuat akun Instagram khusus @koalisinasionaltolakruup. Mereka juga memainkan tanda pagar (tagar) #tolakRUUPermusikan dan #kntlruup.

Tercatat per Minggu (3/2) malam, jumlah musisi dan aktivis yang turut dalam koalisi nasional itu mencapai 267 orang. Selain itu, ada pula pendapat dari sejumlah musisi terhadap keberadaan RUU Permusikan. Beberapa di antaranya adalah Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca), Adrian Yunan, Jerinx (Superman is Dead), Rara Sekar, dan Mondo Gascaro.


emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg

TERUS? SEKARANG GIMANA?

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Menurut info terbaru yang gw dapat, Para musisi ini sedang menggalangkan petisi online untuk menolak keberadaan RUU permusikan karena dinilai tidak ada urgensi apapun untuk DPR mensahkan rancangan tersebut. Mereka bilang RUU permusikan cuma bakal membatasi kebebasan musisi dan keberadaan uji kompetensi untuk musisi pun keberadaan teknis dan standarnya gak jelas, jadi mereka menilai RUU ini tidak se-urgent itu untuk disahkan.

Dari pihak DPR, anang hermansyah bilang sih kalau draft ini masih menunggu masukan dari berbagai pihak sebelum nanti bisa disahkan, tapi ya gitu, who can trust DPR after all that happen to our legislative departement?

Pendapat pribadi gw? Gw setuju dengan pendapat para musisi ini. Gw sebagai pencinta musik indie bakal ngerasa monoton banget kalau seandainya kreatifitas musisi indie harus dikekang. Gak perlu dikekang segala, masing-masing musisi punya batasan sendiri dalam berkarya, dalam bidang apapun. Batasan-batasan ini emang gak tertulis secara paper, tapi tertancap dalam sebagai prinsip hidup para seniman untuk menghasilkan karya, dan gw juga setidaknya ngerasain ini.

Gimana? Pendapat lain mungkin?

emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg


Quote:
"Bi?"
"Ya?"
"Aku mau nulisin cerita buat kamu, 100 chapter lebih"
"Banyak banget, yakin selesai?"
"Yakin lah, ceritanya aku mulai dari sini yaaah bibkuu..."


Based on true story.
#ADSR
#IndonesiaMembaca
Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan Cerita kita untuk selamanya [TAMAT]emoticon-heart

Cerita kita untuk selamanya: HARPOCRATES [A SEKUEL]
NEW





Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikanJika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan

Diubah oleh rendyprasetyyo
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
04-02-2019 09:56
reserveeeeeeed
1
04-02-2019 10:00
Menurut ultra kanan Musik Haram

Btw Tanpa RUU Musik waktu era SBY juga bisa represif
Inget SLANK dilarang manggung DEPE Dilarang goyang JUPE Dilarang nyanyi lagunya banyak dicekal Aura kasih dipermasalahkan
Diubah oleh Edjanev
2
04-02-2019 10:13
katanya buat ngelindungi musisi, tapi kok musisinya malah pada nolakemoticon-Wakaka
dagelan lagiemoticon-Wakaka
2
Lihat 1 balasan
04-02-2019 10:45
kalau menurut ane sih simple...yang penting jangan sampe membunuh kreativitas pemusik...
3
Lapor Hansip
04-02-2019 10:45
Balasan post kena.semprot
danilla cakep tapi emoticon-Genit
3
04-02-2019 11:02
ditambah make uji kompetitif pula, kasian musisi indie tertekan karena RUU ini lebih dukung musisi mainstream.
2
04-02-2019 11:35
Yg dipermasalahin :
- Pasal karet utk musik2 yg mengandung kritik sosial takutnya banyak celah utk menjerat musisi spt hal nya UU ITE
- adanya uji kompetensi utk musisi, berarti kreativitas akan dibatasi yg melalui jalur akademik
- harus melibatkan label atau major industri yg berarti mengekang perkembangan musik indie

Ada lagi ?
11
04-02-2019 12:17
aneh aneh aja kebijakan rejim sekarang
0
Lihat 2 balasan
04-02-2019 15:13
Tolak RUU permusikan kasian musisi indie
Diubah oleh rasyidari11
2
04-02-2019 17:04
Kan masih dalam bentuk Draft RUU, gan...

Pintu Revisi masih terbuka lebar...

Salam semangat aja buat KN Tolak RUUP...

Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan
2
04-02-2019 18:14
Jangan sampai dikekanglah kreativitas ...
1
04-02-2019 20:21
Isinya nyeleneh sih. Pagar makan tanaman tuh si An*ng. emoticon-Big Grin
1
04-02-2019 20:23
mas Anang dan Bunda, penggemarnya buanyak banget dan rata2 penggemar dan penikmatnya mereka itu tontonan acara musik rating di TV..emoticon-Cape d... (S)
saat mereka menggodok, merancang, menyusun RUU ini tidak disertakan band2 kecil juga? apakah mereka berdiskusi dengan pihak lebel besar dan tidak disertakan pula pihak lebel kecil?emoticon-Hammer (S)
Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan


pernah ku mencinTAImu... tapi tak begini
Diubah oleh bagongsuper22
4
Lihat 1 balasan
04-02-2019 20:24
ikut nyimak aja,ane musisi
ane ex vokalis band tahta,ane pernah bikin beberapa album,ane juga sering jadi juri pentas2 band sekolah,tentu harus dipikirkan baik2 soal RUU,jangan sampai kreatifitas di kekang dan dibatasi oleh kepentingan2 diluar seni
9
04-02-2019 20:26
banyak yang kontra
monggo dipikir lagi
0
04-02-2019 20:26
Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya. #tolakruupermusikan
3
04-02-2019 20:27
Emg apa dampak positif ada dan tiada ny ruu permusikan?
1
Lihat 1 balasan
04-02-2019 20:27
ane harap ada uu ruu perbokepan dimana situs bokep bsa diakses tnpa harus pake anonymox atau proxy
4
04-02-2019 20:27
coba dilampirkan gan, RUU musik nya seperti apa supaya jelas juga bahasnya disini
1
04-02-2019 20:30
itu anggota DPR tolong dibuatkan RUU anti molor deh emoticon-Blue Guy Peace
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.