Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
177
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c52d29c82d49523936d3dff/membedakan-pempek-asli-dan-palsu-berdasarkan-3-ciri-ini-tanpa-mencicipi
Pempek dikenal sebagai makanan khas Palembang. Namun pempek juga bisa ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Hanya saja, kita sering kecewa karena pempek yang seharusnya terbuat dari ikan, kok tidak terasa ikannya saat dimakan.   Untuk memberikan jaminan rasa, sebagian pedagang membubuhkan kata asli pada spanduk kedai atau warung pempek mereka. Bagaimana dengan pempek tanpa kata asli? Bagaima
Lapor Hansip
31-01-2019 17:49

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Pempek dikenal sebagai makanan khas Palembang. Namun pempek juga bisa ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Hanya saja, kita sering kecewa karena pempek yang seharusnya terbuat dari ikan, kok tidak terasa ikannya saat dimakan.
 
Untuk memberikan jaminan rasa, sebagian pedagang membubuhkan kata asli pada spanduk kedai atau warung pempek mereka. Bagaimana dengan pempek tanpa kata asli? Bagaimana cara mengenali pempek sehingga saat dimakan memang benar terasa ikannya, bukan sekadar tepung saja.
 
Berikut 3 ciri pempek asli rasa ikan tanpa harus mencicipinya. Berdasarkan pengalaman saya makan ribuan pempek selama lebih dari 30 tahun.
 
1. Harga murah

Lihat daftar harga pempek atau tanyakan berapa harga pempek. Pempek yang harganya murah patut dicurigai palsu, tidak memberikan rasa ikan yang diharapkan. Pempek lenjer kecil, pempek isi telur kecil, adaan, dan pempek kulit asli biasanya dijual dengan harga Rp3.000 – Rp4.000. Apabila harganya di bawah itu patut dicurigai rasanya.
 
Ada lho pempek murah yang berasa ikannya!
 
Benar, memang ada pempek harga Rp1.000 dan rasanya enak. Saya menemukannya saat pulang kampung ke Palembang. Di kawasan pasar 26 Ilir Palembang, ada beberapa kedai pempek yang menjual aneka pempek dengan harga Rp1.000. Ukurannya kecil, satu-dua kali gigit langsung habis. Di kota-kota lain belum pernah saya temukan pempek murah namun berasa ikannya.      
 
2. Sebelum digoreng terlihat mengkilat

Perhatikan pempek yang belum digoreng atau masih dalam kondisi sudah direbus. Warnanya tidak mengkilat, namun putih cerah. Hal ini disebabkan komposisi daging ikan, tepung sagu dan tepung terigu yang tepat. 
 Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Pempek rebus, tidak begitu mengkilat. Foto dokumentasi pribadi

Pempek rebus yang mengkilat mudah ditemukan pada tukang pempek gerobak. Mereka menjual pempek dengan membunyikan botol bekas sirup yang dijadikan wadah cuka. Harganya pun murah, sekitar Rp5.000 per porsi. Soal rasa, lebih mirip cireng daripada pempek ikan.
 
3. Setelah digoreng warnanya lebih cokelat

Apabila Agan Sista makan pempek di restoran khusus pempek di Palembang, umumnya aneka pempek tersaji dalam 1 piring. Sebagian pempek dalam keadaan direbus, bukan digoreng, kecuali pempek kulit, pempek ada’an dan pempek tahu. Khusus pempek kapal selam, biasanya selalu digoreng. Namun warna pempek masih putih terang, tidak terlalu cokelat.
 
Pempek yang hanya terbuat dari tepung dan campuran bukan ikan atau hanya sedikit ikannya, terlihat lebih cokelat setelah digoreng. Pempek goreng berwarna seperti itu bisa ditemukan pada tukang pempek gerobak dorong.

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Sajian aneka pempek di satu rumah makan Palembang. Foto dokumentasi pribadi 

Itulah 3 ciri pempek yang dapat mengecewakan Agan dan Sista. Sekadar makan untuk melepas kangen karena punya banyak kenangan dengan pempek boleh saja. Untuk rasa nikmat dan sensasi di mulut yang beda, tentu Agan dan Sista harus cermat memilih pempek yang asli ikannya.



Sumber: pengalaman dan foto dokumentasi pribadi





emoticon-Toast









BACA JUGA, YA




Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi





Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi





Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 16:18
klo kata tamen ane yang asli palembang, ktanya pempek asli itu dibuat dari ikan apa gtu namanya lupa lagi
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 16:38
Kalau laper mah diembat juga hehe emoticon-Ngakak
5 0
5
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 16:39
lebih ke perbedaan pempek mahal dan pempek murah
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 16:55
Makanan buatan betino wing kito galo.emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 17:17
Quote:Original Posted By scott.i
kenapa mpek2 rasa ikan doang ya...? ga ada rasa ayam, sapi, strawberry, blueberry, dllll....?!?

Serat ikan beda dengan serat daging sapi dan hewan kaki 4 lainnya, juga ayam. Serat daging ikan lebih halus sehingga menyatu dengan tepung. Kalau pakai daging sapi nanti jd bakso emoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By sinnergy
susaj nyari pempek yg enak di kota ane

Bisa order langsung ke Palembang via TIKI, JNE dll emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By MetaLetemoN
mantap gan, tapi kalo bisa lebih lengkap lagi sama foto nya bjar keliatan jelas bedanya emoticon-Big Grin
kebetulan ane demen banget nih sama pempek

Ok. Next thread, ya... emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By DanteRebellion
Waktu ane nyebrang pulau ke rumah nenek di palembang, tiap hari disuguhin pempek, tapi ane malah mual karena aroma ikannya kerasa banget.

Yg enak itu ikan belida atau gabus... emoticon-Betty

Quote:Original Posted By auto.optimus
Ada ya pempek palsu?

Ane orang palembang tapi baru tau ada pempek palsu...

Hanya lawan untuk istilah pempek asli aja emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By joesilver
Pempek asli apa gak asli?

Kalo cuma ngurangin takaran ikan masa dibilang palsu

Iya, cuma beda takaran ikannya ajaemoticon-Jempol
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 17:21
Terima kasih info nya
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 17:21
Ada harga ada rasa ...

0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 17:33
bikin trit ciri2 dan perbedaaan tempe yg murah dan mahal dong gan emoticon-Betty
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 17:33
Quote:Original Posted By dodykn
aneh aja ada pempek palsu lah asli lah....udah tau blm ada pempek nasi? pempek udang? Pempek dos?

Maaf gue sangat ga respek dengan TS.

Iya, sudah pernah coba semua pempek itu. Apalagi pempek nasi, sering dibuatkan nenek yg tinggal di Cinde. Diterima ga respect-nya emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By dodykn
TS nyebut pempek pak raden diluar terkenal di Palembang ga terlalu?

Jadi tolong sebelum bikin trit tolong di riset bener2 sumber nya jangan asal bikin trit + judul clickbait. Dan ini kaskus juga bego banget, trit ginian di kasih HT. Gimana klo trit ini malah di caplok orang jadi artikel di media online. Apa ga marah tu penjual pempek yang "PALSU".

Memang belum riset kuantitatif. Hanya berdasarkan pengalaman, jadi memang tidak ilmiah dan bisa salah. Terima kasih atas info tambahannya. emoticon-Toast

[quote=NordinMemangTop;5c56672f6df2312bb34449ef]sebagai wong palembang mah liat dari awal aja udah apal.

Iya, kalau sudah makan ribuan pempek seumur hidupanya pasti mudah membedakan kualitas pempek emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By auto.optimus
Jgn marah dulu gan...
Mungkin TS bermaksud kasih perbedaan pempek asli buatan orang palembang dg pempek yg bukan asli orang palembang itu gimana.

Untuk TS, lbh baik jgn kasih judul pempek asli dan palsu tapi perbedaan pempek biar yg lain ga salah paham...

Terima kasih atas masukan dan support-nya, Gan emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By babysitter89
Iya. Ane heran pas dibawain yg asli. Wrna kuahnya kok gelap ya? Ane coba bikin sndiri wrna kuahnya cokelat gelap. Tp pempek high quality.sungguh mahal sekali. Apalagi klo beli d toko oleh2 d palembang

Cuko yang gelap itu biasanya pakai gula merah batok kelapa. Coba cari di kampung pempek, 26 ilir, dekat kantor walikota Palembang. Harga murah, rasa lumayan enak emoticon-Peluk

Quote:Original Posted By crazzyid
kl di palembang, apakah jg ada yg kw nya ya...?
kl di luar palembang maklum banyak kw2...

Di Palembang banyak varian pempek, tapi nggak disebut pempek KW juga, sih emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By vicker
mungkin maksud ts.. pempek asli buatan orang palembang.. dan bukan orang palembang.
ane asli palembang yg skrg hidup di pontianak.

Bisa juga begitu. Di Bandung sering mengalami hal yang sama dengan Agan. Tapi sekadar melepas rindu, asalnya cuko-nya enak, cukuplah emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By anakbola11
Yg gw komen kata palsu ny co'ek.... Kalau ada tulisan2 asli itu brarti toko ny di luar palembang/sumsel. Dan yg bikinya org palembang asli.. Dongo lu...

Oh, begitu.... Terima kasih sudah sempatkan baca tulisan orang dongo ini emoticon-Imlek
Diubah oleh Kokonata
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 18:13
pempek lenjer pempek lenjer makan sikok pacak kelenger emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 18:14
yg penting jgn beli digerobak yg 1000an. udh pasti palsu emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 18:28
Yg pnting murah, sehat dan enak emoticon-Leh Uga
Diubah oleh bigbabyirl
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 18:29
Ditempat ane ada gan warung kecil
Lenjer kecil 2000
Mengkilat sebelum di goreng
Tapi ikannya kerasa
Yg jual orang palembang, pake ikan tenggiri

Ini asli apa palsu ya emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:28
Payo lah ku tunggu di Pempek Edy 26
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:37
pempek asli biasanya dari Palembang emoticon-Ngakak (S)emoticon-Betty (S)
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:49
Quote:Original Posted By dodykn
aneh aja ada pempek palsu lah asli lah....udah tau blm ada pempek nasi? pempek udang? Pempek dos? Pempek dos itu mirip banget cireng, tp kenapa tetap disebut pempek? Ga bisa lah lu bilang pempek palsu. Emang dibuat dari plastik.

Mestinya pake kata yg lebih masuk akal. Pempek ikan dan non ikan. Masa asli orang palembang sampe segitu nya bikin kasta2 pempek, yg asli lah palsu lah. Toh pempek itu dilihat dari harga dan ukuran. Klo harga nya murah banget tapi ukuran nya gede belum tentu jg ga pake ikan sama sekali, perbandingan ikan dan sagu nya mungkin ga 1:1. Atau karena ikan yg dipake bukan tenggiri, gabus tp pake ikan pisang pisang contohnya (karena ini pengalaman memang ortu pernah buat).

Trus warna agak mengkilat, itu tergantung perbandingan sagu nya, klo lu terlalu banyak sagu dibandingkan ikan ya pasti mengkilat lah, tuh lu liat papeda, mengkilat ga? Tapi bukan berarti palsu kan? Apa tuh dibuat pake campuran plastik?

Secara tidak langsung lu menjatuhkan nama pempek itu sendiri dengan nyebut Palsu dan Asli.

Sama aja kayak martabak bangka. Apa martabak yg dijual di kota lain bakal sama persis dengan yg dijual di Bangka nya asli? Trus klo ga sama disebut martabak bangka palsu?

Sorry gue paling ga respek sama orang yg men-kasta-kan makanan, apalagi makanan tradisional. Gue udah sering kulineran di beberapa daerah, ga pernah gue oh ini pempek asli, itu palsu, oh itu serabi asli itu yg palsu, oh itu gudeg asli itu gudeg palsu. Klo enak ya makan, klo ga enak ya cari yg lain. Sampe bilang mengecewakan. Klo lu punya budget unlimited lu makan noh diresto pempek mahal kayak Pempek Saga Sudi Mampir, Pempek Beringin ga perlu lirik2 pempek jalanan. Sesuaikan budget, klo budget minim pengen pempek enak, buat sendiri noh tutorial di yutub banyak.

Maaf gue sangat ga respek dengan TS.
emoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk


Batain aja ts nya bang
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:50
Jangan keseringan aja makan pempek. Karena cukanya bisa merusak lapisan enamel gigi. Makanya rata2 orang yg suka dan sering makan pempek plus ngirup cuko. Giginya jadi banyak Yanga keropos. Terutama bagi yang malas merawat giginya. Dan kalau nyimpan cuko pempek jangan di wadah plastik tapi di wadah gelas..biar awet dan gak berubah aromanya..
Diubah oleh nelenlendir
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:56
Quote:Original Posted By dodykn
TS nyebut pempek pak raden diluar terkenal di Palembang ga terlalu? ente lahir tahun brp? Pak Raden itu dlu nya pempek paling terkenal di Palembang (ada satu lagi resto pempek terkenal sebenernya Pempek Saga Sudi Mampir cuma populer dikalangan kelas atas karena mahal) sebelum munculnya pempek tandingan, Pempek Candy. Pempek candy sempat terkena masalah sampe ada beberapa outlet nya ditutup karena klo ga salah inget, dicurigai pake minyak babi. Kemudian sejak Palembang mulai menjadi salah satu kota wisata bermunculan lah beberapa resto pempek macem Nony, Vico, Beringin dan sebagainya. Raden kenapa mulai meredup, karena rasa pempek nya sudah ga se enak dlu. Ntah karena tangan pembuat nya yg udah beda koki, atau karena campuran bahannya yg ga sama kayak jaman keemasan nya dlu.

Klo orang luar Palembang bilang pak raden enak dikotanya, coba deh ke Palembang dan cobain semua resto pempek terkenal di Palembang, lu bakal tau kenapa Pak Raden sekarang kalah sama resto lain.

Kenapa kadang setiap toko pempek ada embel2 asli? Gue udah pernah nanya2 kenapa begitu, karena yg jual biasanya memang orang Asli palembang. Kenapa begitu? Gini, sering ane denger becandaan orang, Bukan orang palembang asli klo ga bisa buat pempek. Entah kenapa itu udah kayak fakta. Hampir semua orang palembang bisa buat pempek, bahkan yg ga bisa masak sekalipun, dan ane pun meskipun cowok jg bisa bikin pempek, atau setidaknya yang belasan atau puluhan tahun di palembang (meskipun dia misalkan etnis jawa tulen) pasti bisa bikin pempek. Karena pernah ketemu di beberapa tempat, karena yg bikin pempek bukan orang palembang asli, alhasil rasanya jauuuuuhhh dari pempek palembang, terutama cuko nya yg kadang supermanis.

Jadi tolong sebelum bikin trit tolong di riset bener2 sumber nya jangan asal bikin trit + judul clickbait. Dan ini kaskus juga bego banget, trit ginian di kasih HT. Gimana klo trit ini malah di caplok orang jadi artikel di media online. Apa ga marah tu penjual pempek yang "PALSU".

Edited : ternyata bukan pake minyak babi tapi pake boraks


Pak raden kata ayuk ku lemak. Dak tau ngapo sekarang berubah raso. Lemak pempek nony. Cuko kentel
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 19:59
Quote:Original Posted By dodykn
TS nyebut pempek pak raden diluar terkenal di Palembang ga terlalu? ente lahir tahun brp? Pak Raden itu dlu nya pempek paling terkenal di Palembang (ada satu lagi resto pempek terkenal sebenernya Pempek Saga Sudi Mampir cuma populer dikalangan kelas atas karena mahal) sebelum munculnya pempek tandingan, Pempek Candy. Pempek candy sempat terkena masalah sampe ada beberapa outlet nya ditutup karena klo ga salah inget, dicurigai pake minyak babi. Kemudian sejak Palembang mulai menjadi salah satu kota wisata bermunculan lah beberapa resto pempek macem Nony, Vico, Beringin dan sebagainya. Raden kenapa mulai meredup, karena rasa pempek nya sudah ga se enak dlu. Ntah karena tangan pembuat nya yg udah beda koki, atau karena campuran bahannya yg ga sama kayak jaman keemasan nya dlu.

Klo orang luar Palembang bilang pak raden enak dikotanya, coba deh ke Palembang dan cobain semua resto pempek terkenal di Palembang, lu bakal tau kenapa Pak Raden sekarang kalah sama resto lain.

Kenapa kadang setiap toko pempek ada embel2 asli? Gue udah pernah nanya2 kenapa begitu, karena yg jual biasanya memang orang Asli palembang. Kenapa begitu? Gini, sering ane denger becandaan orang, Bukan orang palembang asli klo ga bisa buat pempek. Entah kenapa itu udah kayak fakta. Hampir semua orang palembang bisa buat pempek, bahkan yg ga bisa masak sekalipun, dan ane pun meskipun cowok jg bisa bikin pempek, atau setidaknya yang belasan atau puluhan tahun di palembang (meskipun dia misalkan etnis jawa tulen) pasti bisa bikin pempek. Karena pernah ketemu di beberapa tempat, karena yg bikin pempek bukan orang palembang asli, alhasil rasanya jauuuuuhhh dari pempek palembang, terutama cuko nya yg kadang supermanis.

Jadi tolong sebelum bikin trit tolong di riset bener2 sumber nya jangan asal bikin trit + judul clickbait. Dan ini kaskus juga bego banget, trit ginian di kasih HT. Gimana klo trit ini malah di caplok orang jadi artikel di media online. Apa ga marah tu penjual pempek yang "PALSU".

Edited : ternyata bukan pake minyak babi tapi pake boraks


Ane dua kali bikin sendiri pempek. Sekali waktu di medan.sekali waktu di Jakarta. Pas masih ngekost. Dua2nya Gatot gan emoticon-Embarrassment. Luarnya Mateng ternyata dalamnya masih mentah emoticon-Big Grin
Diubah oleh nelenlendir
0 0
0
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
03-02-2019 20:27
Pempek mah ga ada yang palsu, semua asli cuma kandungannya aja, pempek gandum paling murah 500an-1000 ga ada kandungan ikan sama sekali, paling dikasi air kaldu ikan biar berasa dikit, makin mahal ikannya pasti segar dan banyak, jika murah biasanya ikannya dikurangi/jenis ikan nya diganti (orginalnya tenggiri), kadang malah ada yang pake ikan hampir busuk, pempek dijakarta yang perlu diwaspadai karena banyak pake ikan sapu2 yang kena polusi
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
salju-terakhir-di-bumi-khatulistiwa
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia