indonesiapokoke
TS
indonesiapokoke
1001 Inventions: Peradaban Islam di Abad Kegelapan Eropa


Saya akan memberi prolog sedikit mengenai peradaban Islam yang sudah beberapa tahun ini diangkat oleh komunitas pengetahuan di Inggris. Salim Al Hassani dan rekan-rekannya menerbitkan buku 1001 Inventions dalam bahasa Inggris dan Arab, meskipun sekarang edisi bahasa Arab sudah tidak ada lagi setelah beredar hanya beberapa tahun.

Sejak edisi ketiga, hak cipta buku tersebut dibeli oleh National Geographic. Buku ini mendapat sambutan hangat di Inggris dan tahun 2012 sudah memasuki edisi keempat

Karena ketertarikan publik, diadakan pameran di London, Istanbul, Los Angeles, Abu Dhabi, dan bahkan Malaysia.

Saya ambilkan cuplikan menarik dari isi buku 1001 Inventions:
  1. Dokter-dokter muslim telah berada di garis terdepan dalam upaya memerangi kebutaan sejak tahun 1000 masehi, pada saat Al Razi menjadi dokter pertama yang menjelaskan gerak refleks pupil. Sekitar di era yang sama, ... al Mawsili menciptakan teknik sedot katarak menggunakan jarum kopong. (Optometry Today, publication of the Association of Optometrists, England, March 28, 1987)

  2. Chaucer, pengarang Canterbury Tales juga menulis Treaties on the Astrolabe untuk anaknya yang berumur 10 tahun, Lewis pada tahun 1387. Inilah yang dikatakannya: Anakku Lewis, aku sudah mempertimbangkan kebimbangan dan keinginan spesialmu untuk mempelajari Treatise of the Astrolabe, maka aku memberimu sebuah astrolabe untuk horison, yang dibuat untuk para pemuka Oxford. Dengan tulisan ini, aku menawari untuk mengajarimu beberapa kesimpulan mengenai instrumen yang sama. Aku memberikan beberapa kesimpulan, untuk tiga alasan. Yang pertama adalah ini: kamu boleh yakin bahwa seluruh ilmu yang sudah ditemukan, atau mungkin akan ditemukan untuk alat yang sangat terpuji seperti astrolabe, tidak dipahami oleh siapa pun di belahan bumi (Inggris) ini.


Segitu dulu. Ini bukan promosi buku, tetapi hanya prolog untuk membahas kemajuan teknologi abad pertengahan. Meskipun edisi kedua ini tidak selengkap edisi ketiga yang saya punya, PDF edisi kedua buku 1001 Inventions bisa di-download dari beberapa link berikut:

DOWNLOAD LINK

  1. Panduan Guru SD (cocok kalo agan mau cepet tahu isi bukunya, cuman 1.8MB)
    langsung dari 1001inventions
  2. Panduan Guru SD versi Abu Dhabi (sedikit lebih panjang, 6.8MB)
    dari muslimheritage.com
  3. Buku edisi kedua ( > 50 MB ):
    dari Scribd
    dari site Jepang
  4. Buku edisi ketiga (bukan download, tapi bisa diintip di kiri atas, klik "look inside")
    dari amazon.com


Website resmi 1001 Inventions:

Dan ini adalah companion videonya



yang ini dengan caption Bahasa Indonesia (terima kasih kepada yang udah susah-susah bikin emoticon-Smilie)


Oya, buku edisi ketiga terbitan National Geographic kadang bisa dibeli di Periplus bandara Soekarno Hatta, tapi sepertinya mereka jarang nge-stok, kalaupun ada, jumlahnya sedikit.

Ini adalah link buku edisi ketiga. Silakan klik "look inside" di gambar buku sebelah kiri atas untuk mengintip isinya. Lumayan, kok, worthed as collectible item mengingat harganya sekitar 200rb-an, for a lifetime emoticon-Smilie

Sekian dulu, nanti dilanjut lagi.

Diubah oleh indonesiapokoke 31-05-2014 02:42
0
47K
274
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.