physicsontheskyAvatar border
TS
physicsonthesky
Meneliti Radiasi Luar Angkasa dengan Menggunakan Boneka

Boneka Helga

esa.int


Di luar angkasa terdapat banyak radiasi. European Space Agency (ESA) mengatakan bahwa di orbit bumi, paparan radiasi 250 kali lebih tinggi daripada di Bumi, dan semakin jauh dari Bumi semakin tinggi pula paparan radiasinya. Untuk mengukur paparan radiasi ke tubuh manusia, ESA menggunakan dua boneka yang akan dikirim ke Bulan, bernama Helga dan Zohar.

Helga dan Zohar adalah dua boneka yang akan digunakan untuk meneliti paparan radiasi dari sinar kosmik dan Matahari. Boneka ini akan diluncurkan ke Bulan pada misi Orion mendatang.


esa.int


Kedua boneka ini dipasangi 5.600 sensor untuk mengukur jumlah paparan radiasi. Selain itu, dikedua boneka ini juga terdapat 38 lapisan plastik yang kepadatannya sama dengan organ-organ manusia.

Struktur kedua boneka ini dibuat seperti tubuh perempuan. "Kami membuat boneka ini seperti tubuh perempuan karena jumlah astronot perempuan meningkat, dan perempuan lebih rentan terhadap radiasi" ucap Thomas Berger, ilmuwan dari lembaga antariksa Jerman, DLR. Sensor-sensor ini dipasang di bagian tubuh yang paling peka terhadap radiasi, seperti dada, perut, dan punggung.



Rompi anti radiasi

esa.int


Saat diluncurkan ke Bulan, boneka Zohar akan dipasang rompi anti radiasi, disebut AstroRad, yang dikembangkan oleh Israel. Sedangkan boneka Helga tidak akan dipasang rompi anti radiasi. Dari hasil penelitian ini, para ilmuwan dapat meningkatkan keamanan astronot di luar angkasa.


Ilustrasi boneka Zohar dan Helga di kapsul Orion

esa.int



Uji coba boneka Helga di Jerman

esa.int


Sekarang kedua boneka ini berada di Cologne, Jerman. Disana tim DLR sedang membuat prototipe untuk memasang kedua boneka ini di kapsul Orion.

Sumber:
European Space Agency - http://m.esa.int/Our_Activities/Huma...on_for_dummies

Physics On The Sky

Line: @ROT9595H
Instagram: physicsonthesky
Facebook: Physics On The Sky

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Matabeloemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh physicsonthesky 26-01-2019 09:48
11
6.8K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.