vandernoobAvatar border
TS
vandernoob
IMDb VS Rotten Tomatoes, Mana yang Lebih Baik?


Sebelum menonton sebuah film, terkadang kita akan melihat review dari film tersebut dahulu untuk mengetahui kualitas film tersebut menurut pendapat orang lain. Ada 2 situs review film yang paling terkenal, yaitu IMDb dan juga Rotten Tomatoes. Sering terjadi hasil review film dari kedua situs tersebut berbeda jauh, sehingga ada yang menilai IMDb lebih bagus dan sebaliknya ada yang mengganggap Rotten Tomatoes lebih baik.

Sebenarnya dari kedua situs review film ini, manakah yang lebih baik? Sebelum kita menjawab, mari kita simak ulasan berikut ini

A.  IMDb



IMDb adalah situs review film terbesar di internet, dimana IMDb ini dikunjungi oleh lebih dari 15 juta pecinta film setiap bulannya. Salah satu kelebihan dari IMDb adalah mempunyai database yang begitu besar sehingga datanya lebih lengkap, baik cast, credit maupun diskusinya. Selain itu tampilannya yang light dan simple memudahkan kita untuk menelusuri websitenya.

Sistem rating IMDb didasarkan pada penilaian penonton, artinya siapapun bisa memberikan ratingnya untuk film tertentu asalkan dia mendaftar terlebih dahulu. Dengan sistem yang seperti ini, IMDb mampu menjaring lebih banyak pecinta film daripada Rotten Tomatoes dalam memberikan rating. Apa keuntungan dari sistem rating oleh penonton ini?

Biasanya dalam bidang statistika, semakin banyak sampel maka artinya hasilnya semakin benar. Ini memungkinkan IMDb menyajikan hasil rating yang cocok dengan para penonton.



Akan tetapi sistem rating seperti ini rawan dicurangi. Hal ini dikarenakan seseorang bisa dengan mudah memberikan rate mereka. Terkadang ada yang memberikan rate sampai 1/10 untuk film tertentu hanya karena mereka tidak menyukai film tersebut. Sebaliknya, dalam beberapa kasus, tim marketing dari film tertentu membuat akun massal lalu memberikan rate tinggi untuk filmnya sendiri. Hal inilah yang terkadang membuat hasil ratingan IMDb tidak bisa dijadikan patokan. Tetapi ini bukan berarti semua hasil rate dari IMDb tidak bisa dipercaya loh. Kebanyakan rate IMDb menurut saya sendiri cocok karena dinilai dari mata penonton, karena seperti yang dibilang tadi jika sampelnya besar jadi otomatis hasilnya lebih terjamin.

B.  Rotten Tomatoes



Rotten Tomatoes adalah salah satu situs review film yang paling terkenal juga. Situs ini mempunyai keunikan dalam rate yaitu membandingkannya dengan tomat, dari tingkat ‘busuk’ ke ‘segar’. Sistem rate di Rotten Tomatoes dilakukan oleh para kritikus yang sudah ahli di dalam dunia perfilman. Artinya tentu saja hasil review dan rating dari Rotten Tomatoes sangat bisa kita percaya. Orang yang menilai di Rotten Tomatoes lebih sedikit daripada IMDb dan sebagian besar berasal dari golongan kritikus, lain dengan IMDb yang karena databasenya besar dan sampelnya besar, maka bisa dipastikan hasil review dari berbagai golongan, mulai dari tua, muda, penonton, dan kritikus.



Memang penilaian kritikus lebih baik karena mereka lebih berpengalaman daripada kita, akan tetapi celakanya terkadang selera kita berbeda dengan selera mereka. Terkadang hal yang menurut kita bagus belum tentu menurut mereka baik, sehingga ini juga tidak bisa dijadikan patokan. Contohnya saja mereka memberi nilai The Godfather 100%, tetapi Twilight Breaking Down yang hanya 25%, yang menurut beberapa orang agak berlebihan. Terkadang film yang mendapat nilai rendah di Rotten Tomatoes justru bisa sukses dan menjadi box-office. Selain hasil kritik yang agak pedas, situs Rotten Tomatoes ini juga agak berat, membuatnya lebih susah diakses.



Untuk menilai mana yang lebih baik antara IMDb vs RT, memang tergantung dari penilaian pribadi. Ada yang suka dengan IMDb, ada yang suka dengan RT. Saya sendiri masih menggunakan IMDb, karean disana lebih lengkap dan kita bisa berdiskusi, tetapi saya terkadang juga menggunakan RT untuk membandingkannya dengan hasil rating dari IMDb. Bagaimana dengan anda? Mana yang lebih anda suka? IMDb yang terkenal dengan kelengkapan datanya dan review generalisasinya atau Rotten Tomatoes dengan review kritikus yang lebih dapat dipercaya?


Jng lupa rate 5 dan cendol nya gan emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star


Sumur.viciouslab.blogspot.co.id
Diubah oleh vandernoob 03-09-2017 02:50
0
38.4K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.