• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Meski Dulu Bersatu, Negara-Negara Bertetangga Ini Sekarang jadi Musuh Bebuyutan

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Meski Dulu Bersatu, Negara-Negara Bertetangga Ini Sekarang jadi Musuh Bebuyutan
Memanasnya hubungan antara negara-negara bertetangga merupakan hal yang lumrah dijumpai. Contohnya saja hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Australia. Seringkali kali indonesia mengalami hubungan yang pasang surut dengan kedua negara tersebut.

Hubungan yang sering memanas tentunya dapat memicu permusuhan. Bahkan ada beberapa negara yang sekarang saling bermusuhan padahal dulunya mereka merupakan saudara atau negara yang bersatu. Berikut adalah beberapa diantara negara-negara yang dimaksud.

Korea Selatan dan Korea Utara


Source : Psu.edu


Setelah satu milenium bersatu, Korea akhirnya terbagi menjadi dua wilayah pasca berakhirnya perang dunia kedua. Hal ini disebabkan kemenangan Sekutu pada perang dunia kedua sehingga kekuasaan Jepang atas Korea juga berakhir. Setelah kepergian Jepang, wilayah Korea bagian utara dikuasai oleh Uni soviet sedangkan Korea bagian selatan dikuasai oleh Amerika Serikat.

Baik Uni soviet maupun Amerika Serikat sama-sama mendirikan pemerintahan di masing-masing wilayah Korea yang mereka kuasai. Itulah sebabnya Negara Korea terpisah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan. Masing-masing pemerintahan mengklaim sebagai penguasa atas wilayah Korea keseluruhan. Kedua sudah beberapa kali terlibat perang karena saling mengklaim atas seluruh wilayah Korea. 

India dan Pakistan


Source : India.com


India dan Pakistan terpisah dilatarbelakangi oleh isu agama. Kaum muslim India ingin mendirikan negara sendiri yang terpisah dari India yang mayoritas beragama Hindu. Itulah sebabnya lahir Negara Pakistan seperti yang kita kenal sekarang. Usai berpisah, berbagai perang mewarnai hubungan kedua negara.

Pasca India dan Pakistan berpisah, kedua negara saling klaim terhadap wilayah Kashmir. Mayoritas perang antara India dan Pakistan juga disebabkan karena perebutan wilayah Kashmir tersebut. Setidaknya kedua negara sudah 3 kali berperang terkait masalah Kashmir. 

China dan Taiwan


Source : Atimes.com


China dan Taiwan berpisah akibat terjadinya perebutan kekuasaan dan menimbulkan perang saudara. Pihak yang kalah saat itu melarikan diri ke Pulau Taiwan dan mendirikan Negara Taiwan seperti yang kenal saat ini. Polemik muncul karena China menganggap Taiwan masih merupakan bagian dari wilayahnya yang sah. Akibatnya China selalu berusaha melemahkan posisi Taiwan dikancah berpolitikan global. Hal tersebut tentunya memancing ketidaksenangan pemerintah dan rakyat Taiwan terhadap Negara China. 

Rusia dan Ukraina


Source : 112.international


Rusia dan Ukraina merupakan dua negara terbesar pecahan dari Uni Soviet. Setelah sama-sama resmi menjadi negara yang berdaulat, Rusia dan Ukraina memiliki hubungan yang rumit. Umumnya hubungan kedua negara sering memburuk terkait masalah perbatasan. Salah satu konflik terbesar adalah saat Rusia menganeksasi wilayah Krimea yang secara sah merupakan bagian dari Ukraina. 

Negara aja bisa berpisah dan bermusuhan. Apalagi kita yang cuma manusia emoticon-Big Grin

Itulah negara-negara yang dulunya bersatu namun sekarang menjadi musuh bebuyutuan. Mungkin ada diantara agan-agan yang ingin menambahkan?


Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/interna...ia-siap-perang
https://dunia.tempo.co/read/869280/s...h-perang-korea
https://www.republika.co.id/berita/d...-rencana-rusia
https://www.cnnindonesia.com/interna...suh-tapi-mesra


Diubah oleh arifdoank 26-01-2019 08:00
9
13.8K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.