• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Biji Kopi Kebanggan Nusantara Yang Pernah Ane Cobain, Kalau Agan?

azriel_bahrieAvatar border
TS
azriel_bahrie
Ini Biji Kopi Kebanggan Nusantara Yang Pernah Ane Cobain, Kalau Agan?

Permisi Mimin dan Momod serta Kaskuser di segala penjuru nusantara, berawal dari thread yang ngomongin shifting penikmat kopi di kedai kopi. Alhasil di thread itu bisa dibilang ramai ngobrolin tentang berbagai nama biji kopi dan kaskuser yang komeng pun juga berbagi gimana rasanya dari setiap kopi yang didemenin oleh agan sista. Melanjutkan thread seputar bahasan kopi, akhirnya ane sendiri insiatif untuk lanjut ngebahas tentang nama-nama biji kopi kebanggan nusantara. 

Mungkin agan agan di mari yang udah khatam soal dunia perkopian udah pada paham deh gan, tapi buat kaskuser yang masih newbie kayak ane nih, kopi itu terbagi beberapa jenis yaitu Arabica, Robusta, Liberica, dan Excelsa. Tapi sebelumnya mohon maaf nih gan, thread ini masih sebatas tentang kopi-kopi yang ane pernah cobain dan rasain. Agar lebih lengkap maka langkah indahnya seandainya nanti agan sista pun bisa menambahkan dan berbagi pengalaman yang pernah rasain agar nantinya bakalan ane update jadi informasi tambahan di thread ini. 


Sejauh ini emang ane baru nyobain beberapa jenis kopi nih gan, yaitu Arabica, Robusta, dan Excelsa. Tapi bisa dibilang setiap harinya ane mungkin lebih sering mengkonsumsi kopi jenis Arabica dan Robusta. Terlepas dari perbedaan jenis-jenis kopi tersebut, kali ini ane mau share tentang beberapa biji kopi yang sebulan ini rutin ane konsumsi, diantaranya :


Gayo Wine

Ini sih biki kopi favorit ane gan! Penjelasan singkatnya, kalau dari cerita temen ane sendiri nih yang emang addict banget sama kopi, Gayo Wine itu kopi yang tumbuh di ketinggian di atas 1500 meter ini, lebih tebal dan lebih banyak mengandung nutrisi dibanding kulit kopi yang tumbuh di daerah yang lebih rendah. Untuk sensasi rasa “Wine” nya sendiri dihasilkan oleh kulit kopi yang terfermentasi meresap ke biji kopi yang diolah. Ketika pertama kali ane nyobain, jujur sih ane demen banget karena memang kopi ini ada rasa asam-asamnya yang bikin nikmat kalau versi ane nih gan..


Java Blue Mountain

sudah hampir sebulan nih gan, setiap hari ane ngopi dengan biji kopi yang masuk dalam tipe arabica, kabar punya kabar nih gan 'katanya' bibit kopi yang ini emang udah ada dari jaman jebot alias jaman dulu. Kalau dari segi rasa versi ane sih gan, namanya Arabica sudah pasti punya rasa asam dong gan. Cuman tingkat rasa asamnya sih ane masih tetep mengidolakan Gayo Wine ketimbang kopi ini. Kalau kaskuser sendiri gimana?


Pulu Pulu

Kaskuser ada yang pernah nyobain biji kopi ini belum? Beberapa sumber yang ane baca mengungkat salah satu satu rahasia kopi Pulu Pulu menjadi sangat terkenal, yaitu karena memang biji kopi ini tumbuh bersama dengan buah-buahan tropis & rempah-rempah yang menambah catatan rasa yang melekat pada biji kopi Pulu Pulu. Ane sendiri mungkin bisa dibilang hanya 3 kali nyobain biji kopi ini, dan sejauh ini ane tetap suka dengan biji kopi yang masuk dalam jenis Arabica ini. 


Jujur sih gan ane masih newbie banget soal kopi-kopian nih, jadi bagi agan yang emang punya pengalaman silahkan berbagi dong di sini. Agar ane sendiri bisa dapetin informasi sebagai referensi buat nyoba biji kopi lainnya. Ohh ya nih gan, saat ini untuk proses penyajian ane udah nyoba dalam beberapa hal nih, mulai dari V60', Espresso menggunakan dua alat berbeda merek yang sepertinya masih bersistem Aero. 


Semoga sih bulan depan atau kapan gituh bisa dapet rejeki, jadi bisa nambah alat-alat ngopi lagi dan pemanas air/susu biar di rumah makin lengkap emoticon-Big Grin. Dikarenakan ane masih newbie, mohon panduannya Gan.. kira-kira kopi apa aja nih yang harus ane cobain..

Terima kasih Kaskuser.. 

emoticon-Shakehand2






Diubah oleh azriel_bahrie 30-01-2019 07:39
7
9K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.