• Beranda
  • ...
  • Buku
  • [Share] Tutorial Cara Menggunakan / Membaca MIMS (Hardcopy)

kaoru koganeiAvatar border
TS
kaoru koganei
[Share] Tutorial Cara Menggunakan / Membaca MIMS (Hardcopy)
Selamat pagi, siang, sore, malam kaskus...

Kali ini saya, kaoru koganei, ingin sharing tentang "Tutorial Cara Menggunakan / Membaca MIMS (Hardcopy)". Mungkin agan yang bukan dari industri / latar belakang pendidikan farmasi asing dengan MIMS, ya wajar kok, karena penggunaan umum nya oleh para Healthcare Professional (HCP). Penggunaan MIMS sendiri umum nya untuk mengetahui informasi suatu obat.


Foto cover depan MIMS. Sumber : Dokumen pribadi.

MIMS atau Monthly Index of Medical Specialities adalah sebuah indeks berisi informasi penting tentang obat - obatan yang beredar di suatu wilayah. Pada trit ini, saya khususkan untuk buku MIMS (hardcopy), karena MIMS itu sendiri ada yang bentuk nya aplikasi handphone. Semoga tutorial ini bermanfaat ya, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai Healthcare Professional (HCP), masa ga bisa pakai MIMS hehe... Kasian client nya dong...

Oke kita mulai....

Agan pernah baca buku? Normal nya, biasa nya, kalo kita baca buku, kita kan buka nya dari halaman depan ya... Nah kalo di MIMS tidak gan, tapi kita buka dari halaman belakang... Kenapa? Untuk memudahkan pencarian obat karena indeks obat ada di halaman paling belakang MIMS.


Foto halaman belakang MIMS. Sumber : Dokumen pribadi.

Jadi misal agan pengen cari tau informasi tentang obat yang nama dagang nya atau bisa juga bahan aktif (nama generik), agan bisa cek di bagian belakang ini, informasi obat tersebut ada di halaman berapa. Contoh nya agan mau cari informasi indikasi (fungsi obat) dari ACTAPIN. Nah disini agan bisa liat kalo ACTAPIN ada di halaman 55.

Kenapa MIMS penting? Kenapa HCP harus lihat MIMS? Ya untuk mencegah medication error (salah kasih obat / informasi obat ke client). Maka nya kalo agan cari obat ke apotek, terutama apotek besar, kadang si personel outlet nya suka minta izin pamit ke dalam ruangan dulu, nah itu kadang mereka baca MIMS dulu buat memastikan aturan pakai obat nya. Disini agan bisa liat contoh nya informasi obat ACTAPIN


Foto halamam ACTAPIN. Sumber : Dokumen pribadi.

ACTAPIN
Zat aktif (C) : amlodipine besylate
Indikasi (I) : nyeri dada (angina)
Dosis (D) : diawali 5 mg setiap hari...
Pemberian (A) : bisa dengan makanan atau tanpa makanan
Dan lain sebagai nya gan

(nb : pemberian obat tidak boleh sembarangan, harus sesuai perintah dokter, dan pelayanan penebusan obat dilakukan oleh tenaga ahli kefarmasian)

Lah terus halaman depan nya MIMS ga ada guna nya gitu? Ada gan. MIMS telah didesain sedemikian rupa, sehingga tata letak nya optimal. Pada halaman depan MIMS terdapat MIMS Classification Index, disini agan bisa mencari halaman obat berdasarkan organ/bagian/sakit nya/jenis terapi nya. Jadi kalo di halaman belakang MIMS ada indeks berdasarkan nama obat / nama zat aktif, kalo di halaman depan MIMS ada indeks berdasarkan organ/bagian/sakit nya/jenis terapi nya.


Foto halaman depan MIMS. Sumber : Dokumen pribadi.

Sekian gan trit saya. Semoga bermanfaat, terutama bagi mereka yang baru masuk/ingin terjun di bidang pelayanan kefarmasian, ini tutorial cara baca MIMS ya jangan sampai ga bisa baca MIMS hehe. Kalo agan suka atau merasa bermanfaat dengan trit ini? Berikan apresiasi agan dengan memberikan komentar agan. Terima kasih.

Referensi : Pengalaman pribadi sebagai SDM di industri pelayanan kefarmasian.
babygani86
babygani86 memberi reputasi
10
13.2K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.