fadahoyAvatar border
TS
fadahoy
Nongkrong selain Mall? Perpusnas aja
Bosen  ngemall? Buat agan sista yang tinggal di Jakarta ada nih tempat asik lainnya buat nongkrong selain mall, yaitu Perpustakaan Nasional RI. Perpus mah bosen dong ketemunya buku-buku doang. Perpus mah gak boleh berisik pasti. Tenaaaaang, semua ada solusinya.
Mau berisik alias ngobrol cacacici sama temen ada lokasinya. Mau nongkrong sambil nyemil, bisa. Mau foto foto, ehem, kece loh latar belakangnya monas. Mau nonton film? Koleksi banyak.

Btw nih, lokasi Perpustakaan nasional yang belum tau ada di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta. Pertama nyampe udah excited banget. Dari depan bangunannya aja udah menaeik hati. Fyi, gedung perpusnas ini baru dan diklaim sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia
(sumber: https://properti.kompas.com/read/201...inggi-di-dunia). 


Pas masuk ke dalam, perasaan kagum makin muncul. Interiornya keren banget. Sayangnya, gak ada papan petunjuk untuk pengunjung baru. Tapi tenang, ada bapak satpam yang bisa ditanya tanya. Sedikit petunjuk untuk yang baru pertama kali berkunjung kesana. Pertama yang harus dilakukan adalah ke tempat penitipan loker karena gak boleh bawa tas ransel ke lantai atas. Cuman boleh bawa barang seperlunya. Tas silakan dimasukan ke dalam loker yang disediakan. Kedua, bikin kartu perpustakaan. Kartu anggota perpusnas, sangat disarankan untuk dibikin karena kartu ini bisa berfungsi sebagai akses untuk masuk ke ruangan dan untuk bisa meminjam koleksi tertentu.


Pada saat ke sesana, saya sempat mengunjungi beberapa lantai. Ada sekitar 24 lantai yang bisa dikunjungi. Masing-masing lantai memiliki jenis koleksi dan fungsi yang berbeda. Dari sekitar 24 lantai, ada 5 lantai yang akan direkomendasiin yaitu:

 
1.   Lantai 1 - Lobby Hall & Display
Nongkrong sambil nyemil kan? Disini nih tempatnya. Ada cafe di pojok ruangan yang ada di lantai ini, cocok buat jadi tempat makan dan minum sehabis keliling-keliling perpus. Ada kopi sampai makanan beratnya juga. Jangan melewatkan selfie dengan latar belakang rak besar isi buku-buku. 




2.   Lantai 19 – Layanan Multimedia
Buat yang pengen skripsian atau ngerjain kerjaan bisa nih disini. Free wifi, cozy place, ada juga musholla sama toiletnya . Cucok! Oh cuman gk boleh makan sama minum. Tapi minuman bisa dititip. Buat  yang butuh tempat kerja tapi gamau boros ngopi, bisa pake coworking space yang disediain juga. Syaratnya cuman bawa aja kartu perpusnya terus udah deh tinggal pilih mau ditempat yang mana. Tinggal colok listrik,buka laptop. Bakal betah banget sih ini mah





3.   Lantai 8 – Layanan Koleksi Audiovisual  
Buat yang mau nonton atau dengerin lagu-lagu bisa kesini nih. Pilihan tontonan cukup beragam, kekurangannya cuma agak kurang update sih judulnya. Buat yang mau nostalgia cocok. Jika ingin menikmati fasilitas ini, yang diperlukan itu juga sama kartu perpus. Pertama keliling dulu lihat judul tontonan yang mau dipinjem kemudian pergilah menuju resepsionis. Nanti bakal disuruh isi buku tamu dan judul tontonan yang dipilih. Kamu akan mendapat headphone. Kemudian tinggal pilih deh komputer yang digunain buat nonton. Kalo bingung pakai komputernya bisa nanya ke petugas jaga. Headphone dicolokin. Taraaa, dijamin betah. Ac nya dingin banget, jadi siapin jaket juga daripada pas nonton kedinginan.








4.   Lantai 21-22 – Layanan Koleksi Monograf Terbuka
Panggilan untuk para pecinta buku, pastinya langsung dibikin senyum-senyum liat banyak rak buku disini. Banyak ragam buku yang bisa dibaca dan disesuaikan dengan kategorinya. Sayangnya, buku gak bisa dipinjem hanya bisa dibaca di tempat. Kekurangan kedua: bukunya juga masih judul lama, yang terbaru masih sedikit. Lantai 21 dan 22 ini seperti gabungan, ada tangga penghubungnya. Oh iya, lantai 22 itu tertutup jalannya dari lift, jadi kalau ke lantai 22 bisa lewat tangga ya. Betahlah pasti yang suka baca.




5.   Lantai 24 – Layanan Koleksi Budaya Nusantara & Executive Lounge
Cocok untuk para selfie mania, kesini lah kalian untuk mencari view. Monas dari sini cakep, asli deh. Kalau mau ngobrol santai bisa ke executive loungenya ada sofa-sofa empuk buat duduk duduk nyaman. Leyeh-leyeh ngobrol ngalur ngidul gak berasa. Fto-foto dengan latar belakang monas asiknya sih sekitar jam 15.00 WIB lah biar gak berasa panas banget atau sekalian jam 09.00 atau 10.00 WIB.

 


Gimana-gimana, seru kan keliatannya gedung perpusnas ini. Pokoknya bakal betah deh ke perpusnas sekarang karena bisa eksplor tempat dan fasilitasnya pun oke. Mau sendiri atau bareng temen mah bebassss. Jangan lupa bawa kartu perpus.  Ini nih jam layanannya buat yang pengen kesana : 


yuk ah kesana emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
Diubah oleh fadahoy 15-10-2019 17:10
6
9.1K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.