coretAvatar border
TS
coret
Belajar Menanam Anggur Dari Smartphone
Kegiatan bercocok tanam merupakan salah satu hobi yang saat ini sedang saya tekuni, disela-sela kegiatan developing program yang sedang saya kerjakan, saya memutuskan untuk belajar untuk menanam anggur.



Selain karena memang di rumah ada lahan yang sayang banget kalo gak dimanfaatkan. Kenapa hobinya harus bercocok tanam ? 

Karena menurut aku, dengan mengurusi berbagai tanaman bisa membantuku untuk merefreshing otak sehingga ketika saat akan memulai bekerja terasa lebih segar.

Sebenernya niat bercocok tanam juga timbul karena sering melihat beberapa video orang menanam anggur. Sepertinya asik sekali karena menanam anggur tidak hanya sekedar menanam saja namun dibutuhkan kesabaran dan keuletan.

Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman anggur justru membutuhkan musim kemarau yang panjang antara 4 – 7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya sekitar 800 mm per tahun. 

Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman anggur. Suhu untuk tumbuh maksimal adalah 31 derajat celcius dan suhu minimumnya 23 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 75% – 80%. 

Media tanam anggur ini juga Hanya beberapa jenis tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman anggur dengan baik. Secara umum, tanah tersebut harus mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang cukup agar tanaman tidak mengalami transpirasi berlebihan. Selain itu, tanah yang digunakan harus subur dan bertekstur gembur agar terdapat asupan nutrisi dan pasokan udara yang baik. Tanah tersebut juga harus memiliki derajat keasaman (PH) yang netral, yaitu 7.

Dari hasil baca-baca beberapa artikel dan menonton beberapa video youtube akhirnya saya memutuskan untuk membeli anggur, biji anggur yang telah saya konsumsi kemudia saya kumpulkan dan saya niatkan untuk ditanam. 

Biji-Biji anggur yang sudah saya kumpulkan saya rendam sehari semalam dengan air mineral, tujuannya adalah untuk menyeleksi biji yang layak untuk di proses ke tahap selanjutnya, biji yang layak untuk digunakan adalah biji anggur yang tenggelam, setelah melalui tahapan pertama sekarang biji-biji anggur tersebut sedang dalam tahap penyemaian dengan menggunakan media tisu yang dilembabkan dan diletakan dalam wadah tertutup.



Hingga hari ini, biji anggur yang saya semai baru berusia 3 hari. Sambil terus dipantau kelembapan tisunya saya juga terus memperhatikan apakah sudah ada cikal bakal biji tersebut tumbuh.

Sambil terus menunggu hingga 13 hari, saya terus memperbanyak menonton video tentang budi daya anggur. Walaupun hanya menonton dan belajar melalui smartphone tapi niat ku untuk belajar tidak pernah putus.

Apalagi kalo nontonnya pake smartphone yang memiliki layar yang besar seperti Smartphone Honor 8X. Honor 8X punya layar yang besar 6.5 inch dengan resolusi 1080p HD buat nonton video bikin bosan atau stress hilang seketika. Nonton acara YouTube, netflix, viu dan Hooq favorit di Honor 8X sangat memanjakan mata dengan layar nya yang besar. Aspek rasio 19.5:9 yang dimiliki Honor 8X juga memberikan pengalaman cinematic yang lebih baik plus 85% NTSC color gamut.

Mau tau informasi lebih lanjut tentang Honor  [url=https://www.S E N S O R/id/][b][color=#ff3333]8X Indonesia[/color][/b][/url] ini mampir aja ya ke situs resmi mereka, dan selain itu juga bisa nambah informasi dengan bergabung dengan [url=https://club.S E N S O R/id/index][b][color=#ff3333]Forum Club Honor Indonesia[/color][/b][/url]
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
13.3K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
HONOR
HONOR
icon
297Thread184Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.