arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
5 Alasan Mengapa Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju


Bagi negara berkembang seperti Indonesia, sudah pasti punya cita-cita untuk menjadi negara maju. Sayangnya transformasi dari negara berkembang menjadi negara maju bukanlah sebuah perkara mudah. Bahkan sedikit sekali negara yang pernah mengalaminya.

Para pemimpin di negeri ini sudah sejak lama menginginkan Indonesia menjadi negara maju. Namun realita yang ada masih jauh dari harapan. Bahkan boleh dibilang sulit bagi Indonesia untuk bisa menjadi negara maju. Berikut adalah 5 alasan utama mengapa Indonesia sulit menjadi negara maju.

Keuangan negara yang terbatas



Sumber : Bisnis.com


Indonesia bukanlah negara kaya raya yang memiliki keuangan berlimpah. Bahkan uang negara banyak yang habis hanya untuk menggaji para pegawai negeri. Untuk dapat membangun infrastruktur saja pemerintah harus berutang ke sana kemari. Tentunya hal ini sangat menghambat bagi Indonesia untuk dapat tumbuh menjadi negara yang maju. Bakal kesulitan bagi Indonesia untuk melakukan riset dan pembangunan karena dananya secuil.

Rakyat tidak kooperatif


Sumber : Semarangpos.com


Boleh dibilang salah satu alasan terbatasnya keuangan Indonesia disebabkan oleh rakyatnya yang tidak kooperatif. Paling utama adalah minimnya kesadaran rakyat Indonesia dalam membayar pajak. Hal ini membuat pemerintah selalu kesulitan dalam memenuhi target pajak.

Selain itu ada juga sejumlah kalangan masyarakat yang tidak pro pembangunan dengan menolak sejumlah proyek infrastruktur pemerintah. Bahkan ada juga sebagian yang meraup keuntungan sebesar-besarnya dalam negosiasi lahan dengan pemerintah. Hal ini menyebabkan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat.

Manajemen pemerintahan yang tidak efektif dan efesien


Sumber : Mediaindonesia.com


Salah satu hal yang paling bikin jengkel di negeri ini adalah adalah biroksasinya yang ribetnya minta ampun. Hal ini membuat sejumlah investor berpikir dua kali untuk berinvestasi di Indonesia. Kalau ingin Indonesia lebih maju tentunya pemerintah harus membenahi hal-hal semacam ini.

Masalah lainnya yang sering muncul adalah tidak efektifnya sejumlah program yang diselenggarakan pemerintah. Contohnya otonomi daerah yang sudah didengungkan sejak awal reformasi, sampai sekarang masih belum berjalan maksimal. Buktinya pembangunan di negeri ini masih belum merata seperti yang diharapkan.

Maraknya aksi korupsi


Sumber : Inibalikpapan.com


Korupsi di negeri ini benar-benar sudah bikin miris. Contohnya saja beberapa bulan belakangan ini dimana banyak para pejabat pemerintah yang terkena operasi tangkap tangan KPK. Bahkan ada kota yang hampir seluruh anggota DPRDnya terjerat kasus korupsi (tidak perlu sebut merek emoticon-Big Grin). Kalau ini tidak segera diperbaiki, bisa-bisa korupsi akan semakin menjadi budaya di Indonesia.

Masih banyak rakyat yang berpikiran sempit


Sumber : Beritagar.id


Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa di Indonesia ini masih banyak rakyat yang berpikiran sempit. Jiwa visioner masih belum tumbuh dalam diri rakyat Indonesia. Saat Amerika sudah bisa menyelidiki objek-objek diantariksa, orang Indonesia masih sibuk menyelidiki ajaran siapa yang paling benar. Ujung-ujungnya rakyat Indonesia disibukan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat sama sekali.

Itulah 5 alasan yang menghambat Indonesia sulit menjadi negara yang maju. Meski sulit, bukan berarti kita harus pesimis. Butuh kerja yang super keras karena hambatan yang hadapi sangat besar.


Referensi :

https://economy.okezone.com/read/2018/08/29/20/1943104/90-anggaran-kementerian-habis-untuk-gaji-pns

https://www.merdeka.com/jakarta/kadin-sebut-birokrasi-ribet-alasan-pengusaha-sering-suap-pejabat.html

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/26/07481491/marak-korupsi-kepala-daerah-kpk-harap-adanya-penguatan-apip

https://id.beritasatu.com/home/18-tahun-berlangsung-otonomi-daerah-belum-optimal/83062

4
13.4K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.