• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • [Jalan-jalan Gan!] Majalengka Sampai Sumba, Ini Rekomendasi Momod kadalxburik

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
[Jalan-jalan Gan!] Majalengka Sampai Sumba, Ini Rekomendasi Momod kadalxburik


Halo Gan! Gimana liburan weekend kemarin? Agan jalan-jalan ke mana nih?
Buat Agan yang udah pernah baca thread ane sebelumnya tentang rekomendasi destinasi berlibur ala momod SyuKron ([Jalan-jalan Gan!] Menyelami Indonesia Timur Ala SyuKron, Momod Traveller) nih, sekarang waktunya momod kadalxburikberbagi destinasi liburan yang bakalan bikin Agan cepet-cepet ambil cuti dan packing. Cusss berangkat!

1. Terasering Panyaweuyan, Majalengka


Foto: Okezone Lifestyle

Mau menikmati pesona terasering tapi kejauhan harus ke Ubud, Bali? Jalan-jalan aja ke Terasering Panyaweuyan di Argapura, Majalengka Gan. Hamparan undakan terasering ini bukan hanya jadi tempat foto yang bagus, tapi juga kita bisa merasakan segarnya kawasan ini. Buat Agan yang tertarik datang ke sini, datang waktu sunrise atau sunset ya karena pemandangannya subhanallah banget bagusnya.

Cara ke sini:
Dari Cirebon, kita bisa sewa mobil buat ke Majalengka dan lanjut ke Argapura sekitar 1,5 jam. Rutenya adalah ke arah Sumber - Majalengka kota - Kecamatan Maja - Terminal Maja - belok kiri ke arah Curug Maja - dari situ sekitar 5 km lagi sudah akan tiba di lokasi utama Terasering Panyaweuyan.

2. Paropo, Danau Toba, Sumatera Utara


Foto: agnesiarezita.com

Danau Toba selalu menyimpan cerita. Bukan hanya budayanya, kulinernya, tapi juga beragam destinasi pilihan yang sangat kaya. Sebut aja Air Efrata dan Situmurun yang terkenal, juga desa Batak kuno Huta Siallagan, Desa Ambarita. Selain itu, yang juga unik adalah Paropo, buat Agan yang tau Ranu Kumbolo di Semeru, Paropo ini punya kontur yang sama dengan Ranu Kumbolo sehingga disebut Ranu Kumbolo-nya Sumatera loh. Di sini kita bisa camping dengan pemandangan yang memanjakan mata, di satu sisi ada pemandangan Danau Toba, di sisi lain ada hamparan perbukitan. Perfect!

Cara ke sini:
Dari Medan menuju Paropo, kita butuh waktu sekitar 3 jam. Aksesnya adalah menuju Tongging, Karo karena Paropo berada di kaki perbukitan Tongging. Dari Tongging, kita butuh waktu sekitar 10 menit menyusuri jalan sempit tepi danau untuk sampai ke Desa Paropo. Btw, saat lewat Tongging kita bisa sekalian mampir ke Air Terjun Sipiso-piso yang terkenal banget itu Gan.

3. Kodi, Sumba Barat


Foto: perjalanandhika.blogspot.com

Lagi main ke Sumba? Harus ke Kodi, Sumba Barat Daya GanSist! Mulai besok, 30 Januari 2019 sampai 9 Maret 2019 akan berlangsung rangkaian acara Pasola Kodi. Pasola adalah tradisi budaya yang hanya ada satu-satunya di Pulau Sumba, NTT GanSist. Ohya, buat Agan yang belum tau, pasola adalah permainan saling melempar lembing kayu dari atas kuda pacu. Bukan hanya uniknya atraksi budaya, tapi Kodi juga punya pantai paling cantik di Sumba. Salah satunya adalah Pantai Mandorak yang disebut sebagai surga tersembunyi yang dikelilingi tebing. Dengan air laut jernih berwarna toska, pantai pasir putih yang bisa dikatakan kecil ini punya pesona yang nggak ada duanya.

Cara ke sini:
Untuk menjelajah Sumba Bara Daya, kita bisa menyewa kendaraan untuk mengeksplor berbagai destinasi wisata. Ohya tipsnya, kalau Agan pengen merasakan Sumba ala Afrika, datang di musim kemarau ya yakni dari Mei-Juli. Selain lanskap Sumba yang kecoklatan, langit pun cerah sehingga kita bisa menyaksikan indahnya sunrise, sunset, dan juga milky way tanpa terhalang awan mendung.

4. Puncak Watu Jengger, Mojokerto


Foto: newchillout.com

Mojokerto bukan hanya punya Trowulan yang kaya akan sejarah Kerajaan Majaphit. Namun juga alternatif wisata alam, salah satunya adalah Puncak Watu Jengger yang bisa dinikmati bahkan untuk pendaki pemula. Lokasinya yang dikelilingi hutan membuat udara terasa asri, bahkan di sini kita juga bisa camping di atas ketinggian 1100 mdpl. Untuk jalurnya pun tidak curam, hanya butuh kurang lebih 1,5 jam dari pos pendakian sampai ke puncaknya. Sampai di puncaknya, pemandangannya emang cantik banget dan tempat ini emang jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman-teman.

Cara ke sini:
Kita bisa menyewa kendaraan dari Mojokerto. Dari arah Kec. Trowulan (Candi Tikus), kita menuju Jatirejo-Wanasalam. Dari situ ada persimpangan menuju Desa Lebak, ikuti arah terus hingga ke Desa Nawangan dan nggak jauh akan sampai ke area parkir Bukit Watu Jengger.

5. Kambaniru, Sumba Timur


Foto: indonesiakaya.com

Masih dari Tanah Sumba, kali ini kita beralih ke Sumba Timur yang dikenal dengan semboyannya “Matawai Amahu Pada Njara Hamu” yang memiliki arti mata air yang jernih dan padang rumput kuda yang hijau. Meski Sumba terkenal dengan "kering" di musim kemarau, tapi ada sumber mata air yakni Bendungan Kambaniru yang terkenal dengan keindahannya yang membelah perbukitan. Bukan sekadar bendungan, Kambaniru adalah yang terbesar di Sumba Timur di mana kita juga bisa memancing ikan. Dengan kombinasi udara yang sejuk, suara aliran air, indahnya pemandangan, pasti Agan betah banget nongkrong di sini.

Cara ke sini:
Dari ibu kota Waingapu, karena tidak ada angkutan umum kita bisa memakai jasa ojek atau menyewa kendaraan di Waingapu ( sewa mobil sekitar Rp400ribu per hari dan sewa motor sekitar Rp100ribu-Rp150ribu per hari). Lokasi bendungan ini cukup dekat dari kota, yakni sekitar 10km aja. Dengan sewa kendaraan, kita jadi bisa mengeksplor keindahaan Sumba Timur yang lainnya.

Cantik-cantik semuanya ya Gan? Indonesia emang kaya dan kita lah yang harus menjaga kekayaan negara tercinta ini. Jangan mengotori dan bahkan merusak kekayaan alam yang ada di Nusantara ini ya Gan. Supaya anak cucu kita juga bisa menikmati indahnya alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Hayo siapa yang nggak ngiler buat datang dan menyelam di salah satu tempat yang udah ane sebutin di atas? Buat Agan yang pengen tau banyak rekomendasi dari para suhu Forum Traveller KASKUS, makanya main ke forumnya GanSist! Follow juga Instagram @travellerkaskus dan Twitter @TravellerKaskus buat tanya-tanya langsung ya!

Diubah oleh KASKUS.HQ 29-01-2019 06:11
6
4.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.