arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Bukan Malaysia, Inilah Negara yang Paling Mirip dengan Indonesia
Selama ini orang-orang Indonesia mengenal Malaysia sebagai negara yang serumpun dengan Indonesia. Hal tersebut karena Malaysia memiliki banyak persamaan dan memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Indonesia.

Meski sering disebut serumpun dengan Indonesia, Malaysia bukanlah negara yang paling mirip dengan Indonesia. Dilihat dari berbagai aspek, negara yang paling mirip dengan Indonesia adalah Filipina. Berikut sejumlah persamaan antara Indonesia dengan Filipina.

Ras


Sumber : Retireinasia.com


Secara fisik orang Filipina sangat mirip dengan orang Indonesia ataupun Malaysia. Hal tersebut karena Filipina dan Indonesia memiliki rumpun ras yang sama, yaitu ras Melayu. Jadi bagi orang Indonesia yang berkunjung ke Filipina, jangan harap kita akan dianggap sebagai turis. Palingan kita dianggap sebagai warga Filipina dan bakal diajak ngobrol pakai bahasa mereka emoticon-Big Grin.

Bentuk negara


Sumber : Motionarray.com


Sama seperti Indonesia, Filipina merupakan sebuah negara kesatuan. Jadi di sana memiliki pemerintahan pusat yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam mengatur negara. Sementara pemerintah daerah hanya menerapkan kebijakan yang telah dirancang oleh pemerintah pusat. Berbeda dengan Negara Malaysia yang berbentuk federasi. Bagi negara federasi, pemerintahan terbentuk dari beberapa negara bagian yang bekerjasama dan membentuk kesatuan. Setiap negara bagian berhak menentukan arah kebijakannya.

Bentuk pemerintahan


Sumber : Manilarules.com


Tidak hanya memiliki bentuk negara yang sama, Filipina dan Indonesia juga memiliki bentuk pemerintahan yang sama. Pemerintahan Filipina dan Indonesia sama-sama menganut sistem presidensial. Pada sistem presidensial, kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dari kekuasaan legislatif. Selain itu presiden secara bersamaan menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Kondisi Geografis


Sumber : Mapsofworld.com


Filipina merupakan negara yang terdiri atas gugus pulau-pulau yang terbentang dilepas pantai Indochina. Hal tersebut sama persis dengan Indonesia yang juga berwujud kepulauan. Hanya saja Indonesia lebih luas dan memiliki pulau yang lebih banyak dibandingkan Filipina.

Perekonomian


Sumber : Skyscrapercity.com


Filipina menerapkan sistem ekonomi campuran sama seperti Indonesia. Dilihat dari tingkat perekonomian, kondisi Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Contohnya dalam hal pendapatan per kapita. Berdasarkan data dari Bank Dunia tahun 2017, Indonesia memiliki pendapatan per kapita 3.846 USD. Sedangkan Filipina memiliki pendapatan per kapita 2.989 USD.

Permasalahan dalam negeri


Sumber : Rappler.com


Permasalahan dalam negeri yang dihadapi Filipina dan Indonesia nyaris sama. Kedua negara sama-sama memiliki sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan terorisme, korupsi, narkoba, dan kemiskinan.

Itulah sejumlah persamaan antara Indonesia dengan Filipina. Ada yang ingin menambahkan?


Referensi :

https://data.worldbank.org/indicator/NY.GDP.PCAP.CD

https://sp.beritasatu.com/home/90-orang-miskin-di-asean-tinggal-di-filipina-dan-indonesia/121515





anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
27
40.1K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.