urabanAvatar border
TS
uraban
Ikan Tembakul, Si Lincah Nan Anggun

source pic: https://www.imgrumweb.com/post/Bkx0kzYFRbM


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan terletak di daerah khatulistiwa. Negara Indonesia dikaruniai Tuhan laut yang sangat luas. Bahkan 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia adalah lautan. Luas daratan dan lautan negara Indonesia membentang dari Sabang sampai ke Merauke. Posisi yang strategis dan kekayaan alam yang melimpah menjadikan Indonesia mempunyai potensi kekayaan laut yang sangat besar, baik dari sisi sumber daya ikan, mineral, minyak maupun energi. Menjadi negara maritim, Indonesia memiliki banyak sekali pulau-pulau, laut, serta garis pantai yang panjang bahkan flora dan fauna terutama spesies ikannya. Hal ini diperkuat dengan banyak sekali temuan-temuan spesies baru di perairan sekitar kepulauan di Indonesia.


Berbicara tentang spesies ikan, ada hal menarik yang ingin TS bahas kali ini. Weekend merupakan waktu dimana TS bisa mengajak anak-anak untuk menikmati wisata lokal di sekitar tempat tinggal TS. Yang paling utama adalah bermain pasir di pantai. Ada satu pertanyaan dari salah satu anak yang membuat TS jadi penasaran. Yaitu tentang hewan yang ditemukannya saat sedang bermain di pinggir pantai. Hewan ini mirip seperti kodok/katak tapi mempunyai ekor dan tangan/kaki. Hal yang sangat jarang diketahui atau diajarkan saat anak TS sekolah mengenai salah satu hewan laut ini. Mencoba untuk mencari tahu apa nama sebenarnya dari hewan ini, karena yang TS tahu hewan ini sering disebut Ikan Kodok di daerah tempat tinggal TS.


Di Indonesia, salah satu penghuni Hutan Magrove atau Muara Sungai ini sering diberi nama Ikan Tembakul. Menurut Wikipedia, ikan ini memiliki banyak sebutan nama, mulai dari ikan gelodok, gabus laut, belacak atau bahasa asingnya "mudskipper". Ikan ini suka sekali dengan daerah berlumpur atau perairan dangkal. Ikan ini juga bisa kita temukan di dekat pohon-pohon mangrove saat air laut mulai surut. Penyebaran spesies ikan ini ada di seluruh daerah beriklim tropis maupun sub-tropis. Walaupun bertubuh kecil tetapi mempunyai banyak keahlian yang jarang dimiliki oleh spesies ikan lainnya. Hewan ini selain jago berlari di lumpur atau daratan, juga mampu bertahan hidup lama di daratan. Hampir 90% hidupnya tinggal di daratan. Hewan ini juga pandai memanjat pohon, terutama di akar-akar pohon mangrove. Melompat adalah keahlian utama yang dimiliki hewan ini. Saat ini ada sekitar 35 spesies yang teridentifikasi di perairan Indonesia. Hewan ini tergolong mahluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Bahkan dalam kondisi lingkungan kotor sekalipun. Mitos yang berkembang saat ini adalah ikan tembakul bisa di konsumsi dan sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional terutama untuk ibu hamil maupun obat sehat lelaki. Jepang dan Tiongkok merupakan negara yang paling banyak menggunakan ikan ini sebagai konsumsi. Tingkat populasi hewan ini sangat pesat sekali. Bahkan sudah sampai ke negara-negara pesisir di Benua Afrika.


Berikut TS lampirkan hasil jepretan waktu sedang habiskan weekend bareng keluarga. Sambil menyelam minum air hehe yo piknik yo nggolek bahan thread. wkwkwk. Cekidot!!!

Spoiler for Ikan Kodok:


Demikian ulasan thread TS yang belum begitu sempurna, apabila gansis ada yang punya pengalaman yang sama monggo share aja biar TS taruh di pejwan. Terimakasih.


Sumber : Wikipedia dan Pengalaman TS

emoticon-Motret


Diubah oleh uraban 22-01-2019 09:42
tien212700
tien212700 memberi reputasi
10
15.1K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.