sekottkAvatar border
TS
sekottk
Gimana Sih Caranya Belajar Membaca Cepat?
Apa sih itu membaca cepat, trus apa juga manfaatnya kalo kita bisa membaca secara cepat? Kalo kata salah satu pejabat dulu, membaca cepat buat apa? Eh salah ding, itu internet cepat.


Jadi membaca cepat itu intinya adalah kecakapan saat ente membaca atau memahami sebuah teks, dimana mengutamakan kecepatan, namun juga mendapatkan pemahaman setidaknya 70% lah minimal. Lantas apa saja sih tujuan dan manfaatnya? Tentu tujuannya untuk mengenali ide pokok dan gagasan yang ada secara cepat, dimana manfaatnya akan mempercepat dan mempersingkat waktu yang kita butuhkan untuk menggali informasi tersebut. Nah terus gimana sih caranya kalo kita mau mulai belajar untuk membaca cepat? Yuk langsung aja deh liat ulasan singkat di bawah ini.



Secara garis besarnya sih ya, untuk belajar membaca cepat maka ada aspek atau teknik dasar yang harus diperhatikan dan juga dilatih secara berkala dan rutin. Hal tersebut yaitu menangkap dan mengenali kata, yang kemudian jika bisa ditambah lagi dengan mempercepat gerakan mata. Coba deh ente baca teks di bawah ini:

“Pdaa tenkik mengkanap dan meaenngli ktaa, muansia sebennarya melimiki kmaemupan ynag laur baisa dlaam mngeenlai sbeuah ktaa dlaam tkes. Mnasuia mmpau mnegneal sbeauh ktaa mekspiun uutran hruufyna tdiak braetraun, slaema huurf prteama dan trahekir tteap aatu tdiak dbuiah.”


Pada saat ente membaca teks diatas, maka ente tidak akan begitu kesulitan untuk membacanya meskipun urutan hurufnya acak dan tidak beraturan. Ya meskipun mungkin dengan kecepatan yang berbeda dibandingkan biasanya, tapi ente tetap bisa membacanya bukan? Nih untuk teks yang aslinya

“Pada teknik menangkap dan mengenali kata, manusia sebenarnya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali sebuah kata dalam teks. Manusia mampu mengenal sebuah kata meskipun urutan hurufnya tidak beraturan, selama huruf pertama dan terakhir tetap atau tidak diubah. “


Jadi prinsip inilah yang menjadi acuan kita untuk melatih membaca cepat. Kita akan mencoba mengenali kata demi kata dengan kecepatan tinggi sembari merangkai pemahaman dan konteks yang ada pada bacaan tersebut. Semakin ente rajin membaca buku, maka kemampuan ente akan meningkat dengan sendirinya kok. Karena semakin banyak membaca, akan semakin banyak pula kosa kata yang ente kenali, sehingga memudahkan ente untuk menjadi semakin terlatih pada teknik dasar ini. Kalo ane sih cukup suka baca buku, dan latihannya pake buku yang ane sukai yaitu buku Harry Potter. Latihan tuh kalo bisa dengan apa yang kita suka ya gan sist, biar latihan tetap terasa menyenangkan dan ga bosenin.



Jadi begitu deh gan sist, cara singkatnya untuk belajar membaca cepat. Semoga bermanfaat ya. Dan sampai jumpa lagi pada thread berikutnya.


Quote:





Tetap Semangat, Tetap Bernafas, dan YNWA






Quote:

Diubah oleh sekottk 24-01-2019 06:42
tipattahu71
tipattahu71 memberi reputasi
10
5.7K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.