aldysadi
TS
aldysadi 
Panggil Aku, "Duku Komering"!


Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh...

Hello, GanSis....

I am Aldys, and You? emoticon-Kiss (S)

Quote:


Panggil Aku, "Duku Komering"
-----------------------------------



Duku Palembang?

Gaes, kalian tahu duku? Ayolah, 2019, masih tak tahu duku! atau diantara kalian, ada yang sangat suka makan duku?

Bagi pecinta duku di luar Sumatera Selatan, pasti tahu betapa tersohornya nama duku palembang.

Duku palembang sangat diburu oleh para pemborong buah duku dari berbagai kota besar di Indonesia.

Beberapa tahun silam, bahkan sempat terjadi kelangkaan buah duku di dalam provinsi gara-gara pemborong sudah memborong habis duku-duku yang baru panen, langsung dari kebunnya untuk dibawa ke kota masing-masing.

Tak cuma pemborong, para duku lovers tak ketinggalan untuk ikut berburu duku palembang manakala musim duku tiba bahkan tak sedikit yang langsung tancap gas ke kebun duku milik petani demi memuaskan hasrat di lidah mereka.

Kegilaan ini tak lepas dari kualitas dan cita rasa buah duku yang mereka sebut, duku palembang!.

Tak cukup sampai di sana, Gaes! TS pernah mendengar kabarnya bahwa menurut para pedagang duku di beberapa kota besar, di luar Palembang, masuknya duku dari Palembang ke pasar mereka akan berpengaruh pada harga duku di pasaran.

Misalnya, di bulan januari, duku palembang belum panen sehingga duku yang beredar di pasaran pulau jawa hanya duku-duku lokal dengan harga jual 15 ribu/kg.

Namun, memasuki februari akhir, duku Palembang panen raya sehingga masuk ke pasaran pulau jawa. Harga duku di pasaran pun turun menjadi 10 ribu/kg.

Dengan kata lain, Duku palembang memiliki pengaruh yang kuat dalam menentukan harga di pasaran?

Hal ini mungkin saja terjadi jika duku dipanen dalam jumlah besar. Ibaratnya, semakin berlimpah hasilnya, semakin murah harganya.


Siapa Si "Duku Komering"?

Spoiler for Duku Komering:

Kembali ke judul thread ini. GanSis yang tinggal di luar Sumsel, apakah kalian pernah mendengar atau tahu dengan duku komering?

Apa kalian juga tahu apa perbedaan duku komering dengan duku palembang?

Jawabannya adalah duku yang orang-orang kenal dengan nama duku palembang itu, tak lain dan tak bukan adalah duku komering!.

Ya, nama sebenarnya dari duku palembang adalah duku komering. Duku palembang sebenarnya tidak ada. Entah bagaimana duku komering diubahnamanya menjadi duku palembang.


Tujuan Pembuatan Thread Ini

Spoiler for duku:

Setiap perbuatan pasti memiliki maksud dan tujuan, begitu pula dengan thread Aldys ini. Thread ini hanya salah satu dari sekian banyak artikel yang membahas kesalahpahaman akan nama duku komering.

Namun, tentu saja, thread ini dikemas dalam kemasanyang berbeda. Baiklah, berikut al jelaskan tujuan thread ini :

1. Memperkenalkan Identitas Asli Duku Komering

Tujuan Aldys yang pertama ialah untuk memperkenalkan identitas asli dari buah duku komering.

Jika ditanya apa gunanya? Jawabannya sangat sederhana, yaitu untuk menghentikan kesalahpahaman dan menyampaikan kebenaran agar orang-orang di luar Palembang tak bingung lagi, wkwk.

Ya, pasti bingung. Misalnya, GanSis berkunjung ke Palembang di musim duku dan bertanya, "Al, dimana perkebunan duku? Ayo, ajak aku ke sana! Aku mau beli untuk oleh-oleh".

Aldys katakan, Gaes. Di Palembang, tidak ada perkebunan duku!.

Spoiler for ilustrasi:

Duku berkualitas yang selama ini kalian kenal berasal dari Palembang sesungguhnya berasal dari beberapa perkebunan yang berada di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Nama duku komering disematkan bukan tanpa alasan. Berdasarkan nama tempat kelahirannyalah, ia dinamakan duku komering atau sering disebut juga dengan duku ogan.


2. Bentuk Penghargaan kepada Para Petani Duku Komering

Selain alasan di atas, alasan yang kedua ialah sebagai bentuk penghargaan kepada para petani duku komering karena merekalah yang bekerja keras.

Duku komering yang kualitasnya telah diakui secara luas adalah buah duku yang dipanen dari pohon-pohon duku yang berasal dari peninggalan (warisan) nenek moyang mereka.

Pohon-pohon duku tersebut dijaga berikut dengan lelaku khusus agar buah duku yang dihasilkan tetap manis dan terbaik, seperti yang bisa kita nikmati hingga saat ini.


Pendapat Orang Palembang Mengenai Nama Duku Komering

Spoiler for ilustrasi:

GanSis yang tinggal di luar Sumsel, seperti di kota Jakarta, Bandung, Depok, Bogor, Medan, dll kebanyakan lebih familiar dengan nama duku palembang daripada duku komering.

Mungkin GanSis sering melihat beberapa penjual duku di sana yang menjajakan dagangannya dengan menyertakanp tulisan, "Duku Palembang", "Duku Asli Palembang" atau "Duku komering Asli Palembang".

Ya, intinya, nama Palembang selalu dikaitkan dengan duku asal OKU Raya tersebut.

Kenapa duku komering malah disebut duku palembang?

Entahlah! Mungkin, sebagai ibu kota provinsi Sumatera Selatan, nama Palembang lebih dikenal daripada OKU, OKUT ataupun OKUS yang merupakan Kabupaten di Sumatera Selatan.

Kuat dugaan, nama "duku palembang" dicetuskan oleh pemborong yang berasal dari luar Sumsel agar lebih mudah disebut dan tak susah menjelaskan dimana letak daerah yang disebut komering sehingga nama "duku palembang" lebih populer di telinga orang luar sumsel sampai saat ini.

Saking populernya, pedagang di pinggir jalan daerah Ogan Komering malah latah menuliskan "Duku Palembang" pada buah dagangannya, miris!.

Lucunya, kami yang tinggal di Palembang tidak pernah menyebut duku asal Ogan Komering dengan sebutan duku palembang bahkan tak pernah pula mengaku-ngaku duku komering berasal dari Palembang, justru kami menyebutnya duku komering sesuai asalnya.


Mengapa Duku Komering Begitu Istimewa?

Spoiler for ilustrasi:

Menurut saya dan ribuan bahkan jutaan penduduk Indonesia yang pernah mencicipi duku komering, pasti sependapat bahwa duku terbaik dan terenak di Indonesia adalah duku komering, wkwk.

Duku komering memiliki cita rasa yang manis dan khas. Ciri duku komering asliadalah ukuran buahnya besar-besar (bukan kecil-kecil), memiliki kulit buah yang tipis, daging buahnya bening (tidak putih susu), rasanya manis dan nyaris tanpa biji. Walaupun ada biji, bijinya tidak sebesar biji duku pada umumnya.


Penyalahgunaan Nama "Duku Palembang" dan "Duku Komering"

Spoiler for ilustrasi:

Kualitas duku komering sangat termashyur dan sudah diakui secara luas di Indonesia. Tak heran, ketika duku komering masuk pasaran suatu daerah, duku tersebut akan segera ludes diserbu pembeli.

Oleh pedagang-pedagang nakal, baik dalam wilayah sumsel maupun luar, duku komering dioplos dengan duku-duku asal daerah lain sehingga ada yang manis, ada yang asam; ada yang berbiji kecil, ada yang berbiji besar; ada yang berkulit tipis, ada yang tebal; ada yang daging buahnya bening, ada pula yang putih susu!.

Setelah dioplos, duku dilabeli, "Duku Komering" oleh pedagang di wilayah Sumsel dan "Duku Palembang" oleh pedagang di luar Sumsel.

Itu masih mending, yang lebih parah lagi, sama sekali tidak ada duku komeringnya, tapi diberi nama duku palembang/duku komering.

Banyak pula pembeli di luar sumsel sana yang salah kaprah. Mereka mengira duku yang dijual oleh pedagang adalah duku palembang (yang bernama asli duku komering karena duku palembang selalu diartikan sebagai duku komering sehingga duku palembang = duku komering).

Padahal, duku tersebut bukanlah duku komering melainkan duku dari kota dan kabupaten lainnya yang juga berasal dari provinsi Sumsel, tapi cita rasa dan kekhasannya berbeda dengan duku komering.

Sering, orang-orang dari luar sumsel yang pernah main ke OKU Raya, mengetes para pedagang duku yang melabeli "Duku Palembang" pada dagangannya di kota mereka dengan menanyakan asal-usul buah dagangannya.

Rata-rata, para pedagang menjawab ngawurdengan mengatakan bahwa duku yang mereka jual dibeli langsung dari perkebunan duku di Palembang atau asli dari Palembang. Hah??? Ngakak guling-guling, wkwk.

Begitu lah, Gaes! Pedagang luaran malah banyak yang tak tahu asal muasal duku yang mereka jual.

Quote:

Quote:

Quote:
Diubah oleh aldysadi 24-01-2019 05:58
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
14
10.2K
126
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.