gta007Avatar border
TS
gta007
Mengapa Cloud Computing Diperlukan?
Cloud Computing, mungkin agan sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Namun, apa itu Cloud Computing atau komputasi awan ini? Istilah Cloud Computing sendiri adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Pada teknologi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server Internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun perangkat lunak yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server.



Dalam waktu belakangan ini, beberapa pihak yang berkepentingan di dalam dunia bisnis telah menyadari bagaimana Cloud Computing sangatlah penting untuk diterapkan kepada lingkungan pekerjaan pada masa kini. Cara kerja yang fleksibel adalah faktor utama mengapa Cloud Computing dilakukan. Bahkan dalam hasil survei menyebutkan bahwa 54% dari eksekutif tersebut mengharapkan Cloud Computing dapat meningkatkan produktivitas serta kepuasan dari karyawan mereka. Namun, bagaimana cara Cloud Computing dapat meningkatkan produktivitas karyawan bahkan dalam kurun waktu hanya 2 tahun saja?


Ada 2 faktor yang berperan penting di sini. Yang pertama adalah Cloud Computing yang semakin berkembang pada beberapa waktu terakhir. Pada beberapa tahun sebelumnya, Cloud Computing masih dalam tahap trial yang membuatnya terlihat menarik untuk para top management adalah bagaimana Cloud Computing dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.  Sedangkan faktor keduanya adalah, perekonomian. Walaupun perekonomian pada saat ini terbilang lebih baik dari 2 tahun lalu namun kebutuhan untuk tetap menurunkan biaya perusahaan sangatlah penting.


Teknologi komputasi berbasis Cloud semua data berada dan disimpan di server Internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna, semuanya berada di komputer server. Dengan kata lain, perusahaan tidak perlu investasi server berbentuk fisik, kita tidak perlu memelihara perangkat server sehingga adanya penurunan biaya pengeluaran perusahaan.


Walaupun begitu, ada pula risiko yang menjadi tantangan tersendiri dari penggunaan Cloud Computing, yakni adanya risiko kehilangan data yang masih menjadi perhatian utama dan harus ditingkatkan dari sisi keamanan komputasi awan.Meskipun begitu, dari hasil survei tersebut juga dikatakan bahwa para responden menunjukkan kekhawatiran akan pencurian kekayaan intelektual yang terjadi di tahun 2012 menunjukkan presentase hingga 78% yang menurun menjadi 50% saja. Sedangkan untuk kekhawatiran akan adanya kehilangan data dan risiko kebocoran privasi juga menurun dari 83% menjadi hanya 53% saja.


Hal ini menunjukkan ada perubahan yang cukup signifikan yang dilakukan para pengelola jasa Cloud Computing yang dapat meyakinkan para pengguna bahwa data mereka aman terlindungi dan tidak akan terjadi pelanggaran. Namun, agan harus tetap mempelajari sistem kontrak dari Cloud service yang akan agan gunakan. Pastikan setiap proses yang ada dapat agan ketahui. Jangan sampai mendapatkan biaya yang sangat murah, namun tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis agan.



THANKS udah mampir di threat ane gan sis emoticon-Ultah



Spoiler for sumur:






6
12.4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.