red1302Avatar border
TS
red1302
Budaya Beberes Setelah Makan, Bisakah Diterapkan di Indonesia?

Membereskan makanan setelah kita makan dirumah merupakan hal yang sudah biasa dan lumrah kita lakukan setiap harinya. Kita pastinya selalu diajarkan oleh ayah dan ibu kita untuk membereskan makanan setelah kita memakan makanan tersebut dan kalau bisa sekalian mencuci piring kotornya.

Tapi apakah kebiasaan ini tetap akan kita lakukan jika kita sedang berada di luar rumah? Contohnya saat kita sedang makan di pusat perbelanjaan atau mall. Apakah kita akan tetap mengingat budaya beberes makanan setelah kita makan? Pada kenyataannya ada lebih banyak orang yang mengabaikan sisa makanan mereka di meja ketimbang membereskannya walaupun hanya sekadar membuang sampahnya atau menumpuk piring ditengah.

Kebanyakan orang berfikir jika kita makan di restoran maka sudah ada orang yang akan membereskan makanan kita sehingga kita tidak perlu lagi membereskan makanan tersebut dan parahnya lagi ada orang yang menanggap bahwa jika kita membereskan makanan maka pegawai disana tidak akan bekerja karena pekerjaannya sudah kita laksanakan.

Padahal hal tersebut sangatlah salah karena ane sendiri punya teman seorang pegawai di salah satu restoran fast food dan setelah ane ngomongin masalah ini dia langsung ngebantah bahwa tugas dia ga cuma ngeberesin makanan doang dan ternyata kalau kita membereskan makanan kita sendiri itu udah sangat membantu banget loh buat mereka dan pastinya kita tau dong kalo membantu orang yang kesusahan itu bagus?

Sekarang pertanyaannya, bisa ga sih budaya beberes makanan setelah makan diterapkan di Indonesia? Menurut pendapat ane pribadi jelas bisa. Dengan catatan kita harus memulai dari diri kita sendiri dulu baru nantinya kita ajarkan ke orang lain dan terutama kita harus ajarkan ke anak kecil agar mereka menjadi terbiasa melakukan hal positif ini. Kita harus menjadi contoh buat orang lain bahwa beberes setelah makan itu merupakan hal yang memang harus kita lakukan dan sebaiknya menjadi kebiasaan bagi kita.

Jadi ayo kita mulai dari sekarang budaya beberes ini agar generasi selanjutnya bisa meniru apa yang kita lakuin dan tentunya kebiasaan-kebiasaan ini akan terus ada hingga kedepannya. Sekian thread dari ane kalau kalian suka bisa kasi cendol emoticon-Toast dan jangan lupa di rate 5 jugaemoticon-Rate 5 Star.

Quote:

nona212
nona212 memberi reputasi
15
13.2K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.