• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Rekomendasi Buku: Pulang (karangan Leila S. Chudori)| Drama, Sejarah G30S/PKI

faster10Avatar border
TS
faster10
Rekomendasi Buku: Pulang (karangan Leila S. Chudori)| Drama, Sejarah G30S/PKI
Quote:




Buku Pulang pertama kali ane baca sekitaran tahun 2016. Pada awalnya, ane sedang mencari rekomendasi buku bacaan bagus di Google ketika akhirnya ane membaca sebuah resensi buku Pulang ini. Ketika melihat tema dari buku ini, sejurus kemudian ane langsung memutuskan untuk membelinya. Buku ini, selain merupakan buku mahakarya Lelila S. Chudori yang sangat luar biasa, memiliki tema yang cukup sensitif dimata orang Indonesia. Sepanjang cerita, banyak sekali disinggung kasus-kasus besar bersejarah sepeti Gerakan 30 September 1965, Gerakan Mahasiswa Sorbonne di Prancis 1968, dan Peristiwa Kerusuhan untuk menjatuhkan Presiden Soeharto Pada Mei 1998. Buku ini sangat cocok bagi agan sista pecinta sejarah dan konspirasi tingkat tinggi yang dibalut oleh tragisnya drama keluarga para korban. 

Tak henti-hentinya ane memberikan pujian kepada penullisnya yang sangat luarbiasa menyusun cerita ini. Terlihat sekali bahwa penulis sangat memperhatikan detail-detail disetiap kejadian yang ada dalam buku ini. Diperlukan kesabaran dan banyak sekali referensi, wawancara, dan sumber-sumber yang kredibel agar setiap kejadian yang digambarkan di dalamnya dapat dijelaskan serealistis mungkin. 

Dalam membangun karakter yang ada di dalam buku ini, Leila S. Chudori benar-benar mengambarkannya cukup detail sehingga pembaca dapat ikut larut dalam konflik setiap tokoh yang ada. Dimas Suryo dengan kerinduannya atas Indonesia, Vivienne Deveraux yang dengan sabar meladeni sikap Dimas dan selalu mendukungnya, Lintang Utara yang keras kepala juga konflik internalnya dengan sang ayah, dan lain sebagainya. Semua dibangun bertahap sehingga pembaca dapat mengerti setiap sifat yang muncul dari setiap tokoh.

Di dalam buku ini pula, diceritakan beberapa tokoh yang pernah menjadi tahanan politik seperti penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer dan beberapa tokoh lainnya yang di dunia nyata merupakan tokoh yang benar-benar ada. Peristiwanya pun merupakan peristiwa yang nyata sehingga kita dapat menggambarkan sendiri kejadian itu dengan pengetahuan kita yang didapatkan di sekolah selama ini.

Tak dapat dipungkiri, ini merupakan salah satu buku terbaik yang pernah ane baca selama ini. Namun kita harus selalu ingat, di dalam buku ini terdapat konten-konten dewasa sehingga dibutuhkan kebijaksanaan ketika membacanya.


Akhir kata, Terimakasih! Adios Amigo
Diubah oleh faster10 24-01-2019 13:42
2
867
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.