bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
kenapa Pilih Mahal Saat Ada Yang Murah


Hy agan semua,semoga sehat selalu.

Banyak segi yang harus di tinjau agar bisa mengklasifikasikan barang itu murah atau mahal bagi seseorang,bagi agan kaskuser yang banyak duit,barang mahal bagi mereka adalah murah bagi agan-agan.Namun secara umum,barang murah adalah barang dengan jumlah biaya perolehan yang kecil sedangkan mahal adalah barang dengan biaya perolehan yang lebih besar.

Di dalam kehidupan kita,banyak sekali keberadaan barang murah dan barang mahal,baik itu barang elektronik seperti smartphone,barang fashion seperti tas dan masih banyak lagi.

Namun pernah kah kita menyadari bahwa disana banyak orang yang lebih memilih barang mahal saat disana ada barang yang relativ lebih murah dengan spesifikasi yang bisa di bilang sama.

Quote:


1. Brand

Spoiler for Brand:


Quote:


Beberapa perusahaan melakukan branding atau melakukan pemopuleran merek sebagai tujuan marketing.Beberapa brand populer di kalangan konsumen dengan sebutan brand berkualitas,brand ternama,brand yang mewah dan lain sebagainya.
Saat sebuah brand telah berhasil meraih tingkat kepopuleran tinggi di kalangan konsumen,maka konsumen akan merogoh kocek sekalipun mahal tanpa harus pikir panjang,karena apa?karena brand.
kita contohkan brand iPhone,mereka telah berhasil melakukan branding dengan baik dan saat mereka merilis sebuah produk,produk tersebut akan tetap laku keras walau mahal sekalipun dan walau di luar sana ada pilihan lain yang lebih murah dengan tingkat kemampuan yang sama.Semua karena brand.

2. Purna Jual

Spoiler for Purna Jual:


Quote:


Banyak orang yang lebih memilih barang mahal karena layanan purna jual yang bagus,baik itu layanan customer service yang memuaskan,layanan service yang baik saat barang rusak dan harga barang yang tidak terlalu jatuh saat kita ingin menjualnya kembali.

Quote:


contohnya adalah brand mobil Toyota,Honda dan beberapa merek lainnya yang menyediakan layanan purna jual yang baik,tak hanya itu,keperluan akan aksesoris dan suku cadang juga melimpah di pasaran.


Bagi sebagian orang lebih memilih barang mahal ketimbang barang murah walau spesifikasi sama,karena layanan purna jual yang bagus.


3. Status Sosial

Spoiler for Status Sosial:


Quote:


Bagi sebagian orang(yang berkantong tebal mungkin),Barang seperti poin no.1 (brand) akan dibeli walau dengan harga selangit sekalipun.Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan status sosial di kalangannya.

Seperti beberapa orang yang rela menggelontorkan dana milyaran untuk sebuah tas Gucci.Walaupun diluar sana banyak tas yang jauh lebih murah dengan material yang baik namun tak dapat memberi pengaruh pada status sosialnya.


4. Terjebak Dalam Ekosistem

Spoiler for Terjebak Dalam Ekosistem:


Quote:


Terjebak dalam ekosistem,mungkin berlebihan ya?tapi begitulah adanya,jika kamu telah masuk ke dalam sebuah ekosistem dan kamu dibuat nyaman dan serba mudah maka percayalah,sangat sulit untuk keluar.

Salah satu brand yang berhasil membuat ekosistem dengan sangat brilian adalah Apple.

Quote:


Ya,begitulah,kalau sudah dibuat nyaman siapa yang mau beralih kelain hati,susah pastinya.

Karena faktor ekosistem-lah yang membuat sebagian orang mau membeli produk tersebut walau mahal sekalipun dan,bahkan di luar sana banyak produk serupa yang jauh lebih murah.



Demikian beberapa faktor yang membuat banyak orang lebih memilih barang mahal di saat ada produk serupa yang jauh lebih murah.Ya,walaupun banyak faktor-faktor lain seperti mampu,kualitas,kepuasan,dan pengalaman yang luar biasa,namun kita anggap poin ini sudah ter-cover sama poin di atas.

Di luar sana banyak sekali barang murah nan bagus,semua pilihan kembali lagi ke tangan agan-agan sekalian.



Sumber Gambar     : Google.com

Sumber Referensi  : Sumber 1  Sumber 2












7
8.3K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.