surayrusAvatar border
TS
surayrus
Ingin Merapikan Gigi? Pakai Behel atau Clear Aligner Ya?
Halo GanSis!


Siapa sih yang ga ingin punya gigi putih dan rapi? Pasti Agan Sista juga memimpikan itu kan? Mungkin banyak dari Agan Sista yang akan melakukan berbagai macam cara agar memiliki gigi yang rapi, misalnya dengan menggunakan behel atau Clear Aligner.

Kalian pasti udah tau kan apa itu behel? Yap. Kawat besi yang digunakan untuk merapihkan gigi GanSIs, misalnya tonggos, berputar, miring ke depan, gigi jarang, atau menyilang. Kalau Clear Aligner Agan Sista udah pada tau belum? Clear Aligner memiliki fungsi yang sama dengan behel, yaitu untuk merapihkan gigi. Namun bedanya, Clear Aligner terbuat dari bahan plastik dan memiliki bentuk yang berbeda GanSis.

Untuk tau lebih banyak tentang perbedaan Behel dan Clear Aligner, langsung aja kita bahas GanSis!




Behel



Behel atau kawat gigi terdiri dari bracket logam yang ditempel pada gigi dan dikaitkan menggunakan karet antar bracketnya. GanSis bisa memilih warna bracket dan karet sesuai keinginan GanSis. Penggunaan behel biasanya berlangsung rata-rata 2 tahun, tapi ini tergantung sama kondisi gigi GanSis ya, apakah tingkat berantakannya ringan atau parah. Untuk menjaga kebersihan kawat gigi, GanSis harus senantiasa rajin menyikat gigi GanSis ya, GanSis juga bisa menggunakan flossing atau waterpick agar jauh lebih bersih. Penggunaan kawat gigi juga mengharuskan kita kontrol ke klinik gigi sebulan sekali untuk mengganti karetnya.



Clear Aligner



Clear Aligner terbuat dari plastik bening untuk merapikan gigi. Pertama-tama gigi GanSis akan di x-ray terlebih dahulu, lalu akan dibuatkan simulasi perubahan gigi dari kondisi sekarang hingga rapi menggunakan sebuah software. Pada simulasi tersebut bisa diketahui lama penggunaan Clear Aligner. Kemudian akan dibuatlah beberapa cetakan gigi berdasarkan hasil simulasi tersebut. Clear Aligner harus digunakan setiap saat dan setiap hari kecuali ketika sedang makan dan menggosok gigi. Lama penggunaan Clear Aligner tergantung dari kondisi gigi GanSis, tapi biasanya tidak selama jika menggunakan kawat gigi. Untuk merawat Clear Aligner bisa dilakukan penyikatan dan merendamnya dengan air. Penggunaan Clear Aligner juga akan mengurangi waktu GanSis untuk kontrol ke klinik gigi, karena GanSis tinggal mengganti cetakannya secara bertahap sesuai dengan hasil simulasi diawal.




Kurang lebih itu dia GanSis perbedaan antara Behel dan Clear Aligner.
Berdasarkan penjelasan diatas kira-kira GanSis lebih pro menggunakan apa nih?
Behel atau Clear Aligner?



Sumber :
Clear Aligner
Behel vs. Clear Aligner
5
26.3K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.