silents.Avatar border
TS
silents.
Jelang Imlek, Ribuan Lampion Hiasi Kota Solo
SOLO, KOMPAS.com - Ribuan lampion menghiasi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan kawasan Pasar Gede, di Solo, Jawa Tengah. Lampion-lampion identik dengan warna merah itu dipasang untuk menyambut tahun baru Imlek 2570/2019.

Lampion tersebut dipasang oleh 'Panitia Bersama Imlek' yang diketuai oleh Sumartono Hadinoto.

Rencananya, lampion yang dipasang di atas Jalan Jenderal Sudirman dan kawasan Pasar Gede akan dinyalakan pada 27 Januari 2019.

Lampion itu terpasang menyaru tirai berjajar di atas Jembatan Kali Pepe, di langit-langit Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan RE Martadinata, dan mirip jaring laba-laba di tugu jam depan Pasar Gede.

Di kawasan itu juga terdapat 12 lampion shio, neon boks 12 shio, lampion shio Babi, lampion dewa rejeki, dan lampion punokawan. Lampion-lampion itu akan menyala hingga 28 Februari 2019 atau berlangsung satu bulan.

"Ada sekitar 5.000 lampion yang dipasang di sana. Kita juga sudah koordinasi dengan PLN untuk menyalakan lampion-lampion itu," kata Martono, panggilan Sumartono Hadinoto, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/1/2019).

Tahun baru Imlek 2570/2019 jatuh pada 5 Februari 2019 dengan Shio Babi Tanah. Perayaan Imlek 2019 mengambil tema "Persatuan dalam Keragaman".

Lampion Imlek 2019 terpasang di berbagai titik di kawasan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/1/2019).
Tema tersebut diambil dengan tujuan bahwa Imlek, bukan hanya dari organisasi Tionghoa, tetapi sudah diperluas dengan mengajak semua komunitas yang merayakan Imlek.

"Juga berdampak ekonomis bagi masyarakat Solo dan menjadi branding sekaligus mendatangkan wisatawan ke Solo. Di mana Solo sebagai kota majemuk dan mencerminkan Kebhinnekaan," ujar dia.

Perayaan Imlek di Solo akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain donor darah, lomba jurnalistik Imlek, Garebeg Sudiro, Imlek Festival, lomba karaoke Mandarin, kirab Liong dan Barongsai, Solo Imlek Fair, dan perayaan Imlek bersama Pemkot Surakarta.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Ari Wibowo menyampaikan, karena Jalan Jenderal Sudirman masih dalam perbaikan, maka lampion shio yang biasanya terpasang di kawasan itu akan dipindahkan ke halaman Balai Kota.

"Karena masih perbaikan (Jalan Jensud) kemungkinan lampion-lampion shio akan dipindah dan dipasang di Balai Kota," kata Ari.

Sementara, untuk mengantisipasi banyaknya warga yang berswafoto di kawasan Jalan Jenderal Sudirman maupun Pasar Gede, pihaknya akan menerjunkan personel untuk membantu pelayanan pengaturan dan pengendalian lalu lintas (P3L).

Supaya, warga tetap aman dari lalu lalang kendaraan di kawasan itu.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/19/19551961/jelang-imlek-ribuan-lampion-hiasi-kota-solo

Nah, klo imlek kan ada angpaonya. Dijamin, nggak akan ada umat kampret yg protes seperti kasus "tanda salib" meskipun kali ini adalah tahun babi. Halal browww wahahahaha


3
2.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.