allucard1Avatar border
TS
allucard1
Ambruknya Toko Ritel Bukan karena Serbuan ES E N S O Rmerce


Pelaku industri eS E N S O Rmerce belum banyak menyentuh pasar ritel. Oleh karena itu ambruknya toko-toko retail saat ini bukan karena serbuan dari bisnis eS E N S O Rmerce.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adinegara menyebutkan, sektor bisnis retail kini memang terus mengalami kemunduran. Dia menghitung, sejauh ini ada sekitar 5 retailer yang telah memberhentikan kegiatan usaha di Indonesia.

"Ada 7-Eleven (Sevel), Matahari Pasaraya Blok M dan Manggarai, Lotus, Debenhams, dan GAP. Sementara yang mengurangi gerai ada Hero Group dan MAP," papar dia kepada Liputan6.com, Selasa (15/1/2019).

Arus penutupan usaha dalam industri ritel ini bakal terus berlanjut pada 2019, selama konsumsi rumah tangga dan daya beli melemah.

"Akan berlanjut gelombang penutupan retail selama konsumsi rumah tangga dan daya beli melemah. Kondisi makro ini mulai pulih tapi sangat lambat," terangnya.

Di sisi lain, Bhima tak sepakat bila kendurnya sektor retail ini dikarenakan masyarakat telah beralih pijakan ke perdagangan online. Sebab, sambungnya, masih sedikit sekali pelaku industri ritel yang memperdagangkan barangnya di pasar online.

"Kalau ada yang bilang karena shifting ke eS E N S O Rmerce itu tidak pas. Porsi eS E N S O Rmerce baru kecil, sekitar 1-2 persen dari total ritel," tegasnya.

"Barang yang dijual di eS E N S O Rmerce 70 persen lebih adalah fashion. Sementara yang dijual di supermarket adalah Fast Moving Consumer Good (FMCG). Jadi market-nya pun berbeda," dia menambahkan.

[URL]https://m.liputan6.com/bisnis/read/3871585/ambruknya-toko-ritel-bukan-karena-serbuan-eS E N S O Rmerce[/URL]
Diubah oleh kaskus.infoforum 16-01-2019 11:34
4
52.4K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.