• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Recommended! Inilah 3 Novel Terbaik Karya Risa Saraswati Versi Ane

mukamukaos
TS
mukamukaos
Recommended! Inilah 3 Novel Terbaik Karya Risa Saraswati Versi Ane




 


Helaw Kaskuser!
 
Siapa, sih, yang tidak tahu Risa Saraswati? Yang kerap nongkrongin Youtube dan penggemar acara ‘Mr. Tukul Jalan-Jalan’ pasti tahu siapa orang ini. Perempuan kelahiran 24 Februari 1985 lalu ini merupakan seorang penulis yang sudah menelurkan belasan buku. Bahkan beberapa di antaranya masuk dalam jajaran novel best-seller.
 
Mayoritas, buku-bukunya beraliran horor. Sesuai dengan kemampuan dia yang mampu berhubungan dengan ‘dunia lain’. Selain menulis, Risa juga merupakan vokalis band ‘Sarasvati’. Dia pun merambah dunia Youtube dengan nama channel ‘Jurnalrisa’ yang diikuti lebih dari 1 juta pengguna.
 
Kembali ke buku karya Risa. Hanya beberapa yang ane beli. Pertama, karena suka. Kedua, sebelum membeli, ane biasanya cari review sebanyak-banyaknya sampai bisa memutuskan. Makanya ane tidak beli semua karyanya meski suka dengan gaya penulisannya.
 
Nah, dari beberapa buku yang ada, berikut adalah 3 novel terbaik karya Risa Saraswativersi ane. Buat yang belum baca tenang saja, karena postingan ini tidak mengandung spoiler. Yuk skidipap!




 
Hendrick




 
Mendapat rating sebesar 4.38 di situs Goodreads membuat novel Hendrick menduduki peringkat pertama di antara banyak novel karangan Risa. Dan perlu diakui, ane setuju. Penuturan yang runut, sebab-akibat yang jelas, serta cara penyampaian yang mengena adalah kelebihan novel yang menjadikan drama sebagai kekuatan utama.
 
Novel ini bercerita tentang Hendrick yang berjuang menghadapi Ibunya yang depresi pasca suaminya meninggal. Diceritakan bahwa Hendrick dahulu memiliki kehidupan yang membahagiakan. Dikelilingi orang-orang baik juga keluarga penuh perhatian. Namun semua berubah saat sang ayah meninggal akibat serangan jantung. Kehidupan Hendrick mendadak berubah 180 derajat. Kebahagiaan mulai terasa semu. Setiap hari hanya rasa sakit tiap mendengar dan melihat kelakuan ibunya yang bahkan menganggapnya sebagai penyebab kematian sang ayah. Padahal Hendrick hanya bocah berusia 8 tahun! Namun Hendrick tetap bertahan, demi Ibunda tercinta.
 
Sedih.

BACA JUGA: Review Hendrick, Si Kuat Yang Hebat


 
Hans




 
Menduduki peringkat kedua dengan rating tertinggi di Goodreads untuk semua novel karangan Risa. Hans mendapat rating sebesar 4.30 dari pembaca. Sedikit info, Hans adalah salah satu karakter ‘sahabat’ Risa. Ada 5 jumlahnya. Hans adalah teman dekat Hendrick. Kisahnya masih serupa: sedih.
 
Berbeda dengan kisah ke empat sahabatnya yang cenderung sederhana, novel Hans hadir dengan banyak nama di dalamnya. Novel yang menceritakan kisah hidup seorang anak Belanda campuran bernama Hans ini sangat mengaduk emosi pembaca.
 
Pertama, kita akan diceritakan siapa sebenarnya asal-usul orangtua Hans, terutama Ibunya yang ternyata bukan murni keturunan Belanda. Cerita berlanjut ketika Ibunya dimusuhi oleh sahabatnya sendiri, bahkan warga Belanda yang saat itu tinggal di lingkungan sekitarnya. Konflik semakin meruncing kala Ibunda Hans dituduh membunuh dan akhirnya Hans yang belum mengerti apa-apa harus terpisah dari orangtuanya. Hans bersama Neneknya yang bernama Rosemary berkelana dari satu kota ke kota lain untuk mencari tempat yang aman. Perjalanan inilah yang membuat ane terenyuh.
 
Yang ane suka, nama-nama yang jumlahnya tidak sedikit itu ternyata saling berkaitan sehingga membuat cerita meruncing ke arah yang tidak terduga.

Keren.

BACA JUGA: Review Jujur Ane Tentang 'Hans'


 
Ivanna




 
Di Goodreads, buku ini mendapat rating 4.29. Beberapa pengulas mengatakan kalau buku ini ‘datar’. Ane tidak melarang. Namanya juga selera. Tapi bagi ane, Ivanna bisa dikategorikan salah satu novel karya Risa yang bisa masuk jajaran top 5. Masih dengan gaya penulisan yang sama, novel ini cukup berhasil menggiring emosi pembaca.
 
Ivanna sendiri sudah muncul di buku-buku Risa sebelumnya. Kini, sosok hantu yang digambarkan jahat tersebut diberi kesempatan dibuatkan buku solo. Sama seperti dua buku di atas, Ivanna juga memiliki kisah miris.
 
Buku ini bercerita tentang Ivanna, perempuan cantik dan baik hati keturunan Belanda yang cinta budaya Hindia-Belanda (Indonesia). Karena kecintaannya ini, dia dan keluarganya dipandang sebelah mata serta dikucilkan oleh warga Belanda lain. Puncaknya adalah ketika Ivanna memiliki adik yang diberi nama Dimas. Nama yang sangat Indonesia. Nama yang membuat Dimas menjadi bahan ejekkan banyak orang Belanda di lingkungannya. Suatu hari, Dimas jatuh cinta pada anak jenderal. Sayang, kisah asmaranya berakhir tragis karena Dimas dibunuh. Dari sini, Ivanna yang tadinya perempuan manis, berubah 180 derajat menjadi sosok lain. Orang yang tidak dikenal demi membalas dendamnya.
 
Membaca novel ini membuat ane terus berpikir, “Apa salah keluarga Ivanna?” Dimana hati orang-orang? Dijual? Huft…

BACA JUGA : Review Ivanna : Kisah Di Balik Hantu Peneror Risa Saraswati



 


Yak! Itu tadi 3 novel terbaik Risa Saraswati versi ane. Sekedar memberitahu, ane bukan hamba rating. Tetapi ane kerap mencari banyak review dari banyak sumber sebelum memutuskan untuk membeli sebuah novel. Salah satunya, ya, dari Goodreads karena menurut ane penilaiannya masih jujur. Selebihnya karena insting. Dan syukurlah sebagian besar novel yang ane beli bisa memuaskan dan tidak bikin rugi karena telah membeli. Hehe. emoticon-Big Grin

 
Jadi, apa novel Risa Saraswati favorit Agan dan Sista?


 

Artikel oleh Mukamukaos

Foto Dokumen Pribadi






Diubah oleh mukamukaos 30-01-2019 05:02
doctorkelinci
doctorkelinci memberi reputasi
4
16.5K
56
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.