apppleAvatar border
TS
appple
Siap-siap, Tilang Elektronik Akan Berlaku di Seluruh Indonesia

CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA



Tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) baru diberlakukan di beberapa wilayah, seperti DKI Jakarta, Semarang, Jawa Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan. Rencana jangka panjang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, mengatakan, salah satu bentuk proses yaitu mendata seluruh kendaraan yang ada di Indonesia melalui sistem yang diberinama Electronic Registration and Identification (ERI).

"Jakarta itu menjadi kota pertama yang menerapkan tilang elektronik. Ke depan sudah pasti akan berlaku di seluruh Indonesia, demi menjaga ketertiban berlalu lintas," ujar Refdi di gedung NTMCPolri, Kamis (1/17/2019).

Refdi melanjutkan, di Jakarta sendiri penerapan tilang elektronik tergolong sukses. Banyak pelanggar lalu lintas yang terekam kamera ketika melanggar rambu lalu lintas di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.
"Apalagi jika semua kendaraan bermotor dengan pelat selain Jakarta sudah bisa dbaikang secara elektronik, jumlah pelanggaran dan tentunya kecelakaan lalu lintas akan semakin kecil," kata Refdi.


Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sendiri sudah mengajukan bantuan dana kepada Pemprov DKI Jakarta, untuk keperluan penambahan kamera CCTV, karena akan memperluas penerapan tilang elektronik. Sekarang ini baru diterapkan di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.

Sumur

Diubah oleh kaskus.infoforum 18-01-2019 10:04
4
9.7K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.