goahraesaAvatar border
TS
goahraesa
Amien Rais: Yang Menonjol Itu Hampir Tak Ada Peran Ma'ruf

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 00:01 WIB
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...a-peran-maruf?
Politikus senior PAN Amien Rais menyoroti peran Ma'ruf Amin di debat capres perdana 2019, Kamis (17/1). (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais berkomentar soal pelaksanaan debat capres perdana 2019.

Ia menyoroti soal peran calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin dalam debat yang berlangsung selama 120 menit tersebut.

"Saya lihat memang ada yang menonjol, yang menonjol itu hampir tak ada peran kiai Ma'ruf Amin, saya melihat seperti itu," kata Amien di Hotel Bidakara, usai debat Kamis (17/1) malam.

Selama debat Ma'ruf memang tidak dominan. Pasangannya, Joko Widodo lebih aktif menjawab pertanyaan moderator. Catatan CNNIndonesia.com, selama dua jam debat, Ma'ruf hanya enam kali menjawab pertanyaan. 

Sementara itu, untuk pasangan nomor urut 02, Amien menilai Prabowo sangat santun selama debat berlangsung. Hal itu menurut Amien karena Prabowo tak pernah mau menyerang balik atas segala pernyataan kubu Jokowi-Ma'ruf.

"Pak Prabowo terlalu santun, sama sekali tak mau nyerang balik," ujarnya.



Amien juga mengomentari momen adu argumen antara Prabowo dan Jokowi terkait pemberantasan korupsi.

Pada sesi itu Jokowi-Prabowo memang punya perbedaan pendapat. Jokowi menekankan pentingnya sistem yang transparan dan berdasarkan prinsip kompetensi untuk mencegah korupsi di kalangan pejabat dan ASN. Sementara Prabowo menekankan pentingnya pejabat mendapat gaji tingggi.

Amien mengajak masyarakat untuk tak percaya dengan pernyataan Jokowi. Dia beralasan Jokowi merupakan petugas partai.

"Pak Jokowi itu petugas partai, jadi buat apa kita percaya sama dia, sehingga semua koruptor asal dari PDIP pasti lolos, karena dilindungi, mana ada PDIP masuk ke KPK, semua masuk safety box itu," tuturnya.
1
5.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.