• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wujud 25 Tahun Berkarya, NTRL Bikin Film Dokumenter dan Album Baru

partaioliang
TS
partaioliang
Wujud 25 Tahun Berkarya, NTRL Bikin Film Dokumenter dan Album Baru
Agan dan Sista generasi 90an dan 2000an pasti kenal dengan band beraliran punk rock yang satu ini. Lagu – lagu seperti Wa...lah, Terbang Tenggelam, Cinta Gila, Sorry, Pertempuran Hati, dan Garuda di Dadakumengantarkan Netral/NTRL menjadi band punk rock yang disegani di tanah air. Apalagi lagu Garuda di Dadaku, lagu yang menjadi theme song wajib suporter ketika mendukung timnas sepakbola Indonesia berlaga. Lagu bernuansa nasionalis ini seolah – olah menjadi pemacu semangat pemain timnas.


Band yang dulunya bernama “Netral” ini sekarang telah memasuki usia ke 25 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah band yang konsisten dengan alunan musik punk. Selama 25 tahun berkarya, Netral/NTRL telah menghasilkan 14 Album dengan 160 lagu. Sampai 25 tahun ini, NTRL konsisten dengan 3 personel, dimana ada Eno (drum), Coki (gitar), dan Om Bagus (bas) menjadi personel NTRL yang masih komit bersama Netral/NTRL semenjak band ini dibentuk.

Selasa, 15 Januari 2019, TS sempat ngobrol bareng dengan Om Bagus, Bang Eno, dan Bang Coki disela – sela promo album XXV dan film dokumenter NTRL di kantor KASKUS. Dalam acara ini NTRL juga mengundang Netralizer yang telah membeli Boxset NTRLuntuk hadir dalam promo dan nobar film dokumenter NTRL.


Kenapa NTRL memilih film dokumenter di usia 25 tahun ini?

 “kebetulan kita ada kesempatan dan kerjasama dengan Erix Soekamti dan Anak Negri Production, yang bersedia bikin dan punya konsep yang matang terus kita sambut dengan konsep yang matang juga. Kenapanya ya karena momennya udah pas, dan karena Erix juga punya konsep untuk dibikin dalam bentuk fisik, dimana kita juga support bentuk fisik”

Untuk pengerjaannya seperti apa?

“Ini kebut sih pengerjaannya, kita mulai ngumpulin bahan itu Oktober tahun lalu, untungnya juga dari tim Erix ngebantu juga kontak personil lama. Di project ini kita juga gak dikasih tau sama timnya Erix detailnya seperti apa, tapi pas udah jadi kita sempat nonton dulu, karena kita sama Erix udah satu visi jadi editnya juga gak terlalu banyak”


Ini album ke 14 NTRL dengan single pertama “Zero Toleransi”, ini lagunya tentang bercerita tentang apa?

“Karena sekarang ini kita ngerasa toleransi tu agak berkurang ya khususnya di kota – kota besar apalagi di situasi politik kayak gini, dan ini kita cuman nyatet apa yang terjadi disekitar kita atau gambaran situasi sekarang ini, gak dikurangin dan gak dilebihin emang begitu kejadiannya”

Lirik lagu ini kan cukup kritis, ada rasa takut bakalan ditanggapi negatif gak lirik yang kritis seperti ini?

“Gak sih, lirik ini lebih ke bahasa kiasan aja sih sebenarnya, pertama dengar mungkin terdengar kasar, tapi kalau dibawa ke kondisi sekarang, mungkin kenyataannya emang gitu”

Album baru ini terdiri dari 7 lagu baru dan 19 lagu lama yang diaransemen ulang, itu proses pengerjaannya gimana?

“Kita proses tu, rekamannya aja kita tu ampe 4 bulan, tapi setahun sebelumnya kita udah latihan dan melakukan pemilihan lagu, total sekitar 2 tahun lah, dan di album ini juga ada melibatkan beberapa musisi lain untuk ngisi di album ini”

Nah itu dia sedikit cuplikan obrolan Ane ama NTRL Gan. Ternyata dibalik karya – karyanya yang garang, ketiga personil ini cukup enak dan friendly banget buat diajak ngobrol Gan.


O iyah buat Agan dan Sista yang suka ama NTRL kudu beli boxset NTRL di Beli Album Fisik. Kalian bakalan dapat 2 CD album XXV, DVD film Dokumenter NTRL, T-shirt yang cuman ada di boxset, dan sertifikat kepemilikan. Dijamin kalian bakalan tau semua tentang NTRL setelah beli boxset ini.

Segitu dulu ya Gan...


Support musik Indonesia dengan beli album fisik

emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio

Diubah oleh partaioliang 16-01-2019 11:09
7
5.7K
54
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.